APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Rss

Dalam usaha untuk memulihkan kembali pembelajaran yang disebabkan oleh pandemi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) mengeluarkan kebijakan dalam pengembangan Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini diberikan kepada satuan pendidikan sebagai opsi tambahan dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. Kebijakan Kemendikburistek terkait kurikulum...

00

Hai Sobat Pintar! Pernah tidak sobat pintar diminta oleh guru di sekolah untuk menulis karya ilmiah? Kemudian, syarat dari menulis karya ilmiah adalah dengan menggunakan ejaan yang tepat sesuai dengan EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan dalam bahasa Indonesia? Tentu pasti Sobat Pintar pernahkan mendengar itu, terutama tentang EYD! Tapi, apakah sobat pintar tahu apa sebenarnya EYD itu? Ejaan sama...

00

Sertifikat untuk SNMPTN sebenarnya tidak bersifat wajib. Namun ada kalanya sesuatu yang tak bersifat wajib, hanya pelengkap, justru menjadi satu-satunya faktor yang memperkeruh keadaan. Pernah berada dalam situasi seperti itu, Sobat Pintar? Kalau kamu sempat dongkol saat upload sertifikat SNMPTN 2022 kemarin, Sobat Pintar tentu tahu situasi yang dimaksud tadi.   Sertifikat, Tanda Bukti...

10

Penilaian atau asesmen adalah sebuah rangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar siswa yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Kegiatan penilaian dalam pembelajaran harus dirancang sedemikian rupa supaya dapat mengukur dan memberikan informasi...

00

Sobat Pintar sudah pernah belajar tentang eksponensial atau perpangkatan belum? Menurut Sobat Pintar apa sih eksponensial atau perpangkatan itu? Konsep eksponensial atau perpangkatan akan digunakan dalam mempelajari materi logaritma yang akan kita bahas sekarang. Konsep logaritma yang kita bahas mencangkup sejarah logaritma, sifat-sifat logaritma, persamaan logaritma, serta penerapannya dalam...

10

Apa Itu Descriptive Text? Pada dasarnya penjelasan descriptive text adalah teks yang bertujuan menjelaskan, menggambarkan, atau mendeskripsikan sesuatu. Sesuatu ini bentuknya bisa berupa apa saja, baik itu hewan, benda, lokasi, dan lain sebagainya. Biasanya descriptive text ditandai dengan penggunaan easy tense dan fokus pada satu objek secara spesifik. Objek tersebut kemudian dibahas kembali...

10

Sobat Pintar, pernah lihat fenomena pada di atas, nggak? Logam mudah sekali berkarat, ya? Penyepuhan logam adalah salah satu solusi untuk fenomena tersebut, dengan melapisi permukaan logam oleh logam lain melalui proses elektrolisis, contohnya pisau yang dilapisi dengan perak agar tahan karat. Elektrolisis merupakan penguraian suatu elektrolit oleh arus listrik pada sel elektrolisis. Yuk,...

00

Apa maksud dari jumlah tanggungan orang tua saat kamu mengisi salah satu kolom pendaftaran di SNMPTN 2022? Mengingat jadwal pendaftarannya sendiri akan berakhir tanggal 28 Februari nanti, Sobat Pintar yang mengikuti SNMPTN 2022 tentu sudah menemukan jawaban dari pertanyaan ini. Tapi buat kalian yang akan mendaftar di SBMPTN 2022, yuk kita ngintip apa yang bikin bestie-mu sempat bete ketika...

30

Sobat Pintar pasti sudah kenal dengan statistika, bukan? Statistika banyak dimanfaatkan untuk mengumpulkan data, baik data tunggal maupun data kelompok, dalam skala kecil atau skala besar. Statistika terbagi menjadi beberapa subbab, salah satunya adalah  ukuran letak data. Sobat Pintar sudah tahu belum ukuran letak data terbagi menjadi berapa macam, hayo? Yap! Betul sekali, Sobat!...

10

Halo, Sobat Pintar! Berdasarkan gambar tersebut, tentu yang kita bahas kali ini adalah eksperimen atau percobaan. Jika sobat pintar telah melakukan sebuah percobaan, tentu setelahnya harus melaporkannya bukan? Nah, laporan tersebut umumnya disebut sebagai teks laporan percobaan. Oleh karena itu, agar sobat pintar paham bagaimana menyusun sebuah teks laporan percobaan, yuk simak materinya...

00

Jurusan yang ada di Unnes (Universitas Negeri Semarang) itu apa saja, sih? Kalau kamu punya cita-cita kuliah di Jawa Tengah, Sobat Pintar pasti penasaran dong, apakah jurusan incaranmu ada di salah satu universitas negeri di Semarang ini?   Kuliah di Salah Satu Universitas Negeri di Semarang Photo by MD Duran on Unsplash Berkonsep green campus, kampus Unnes Sekaran menawarkan sejuknya...

30

Pengertian Pembelahan Sel Pembelahan sel adalah proses ketika sel membelah diri menjadi dua atau lebih. Pembelahan Sel merupakan cara sel untuk memperbanyak diri atau yang disebut dengan reproduksi.  Tujuan Pembelahan Sel Adanya proses pembelahan sel memiliki beberapa tujuan yaitu: Regenerasi sel-sel yang rusak dan mati Membantu proses pertumbuhan dan perkembangan Membantu proses...

10

Photo by Nataliya Vaitkevich from Pexels Pertumbuhan Ekonomi Hai sobat pintar, sebelum membahas teori-teori yang ada pada Pertumbuhan Ekonomi, baiknya kita sama-sama mengulas apa itu pengertian dari Pertumbuhan Ekonomi. Pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan kegiatan ekonomi masyarakat yang menyebabkan peningkatan jumlah produksi barang dan jasa di suatu negara...

00

Halo, Sobat Pintar! Kira-kira maksud dari gambar di atas itu apa yah?  Nah ini merupkan contoh dari gerak benda loh, yaitu kendaraan yang berjalan. Tapi, kamu sudah tau belum, gerak benda itu apa sih? Gerak adalah perpindahan atau pergeseran benda. Secara umum, benda dikatakan bergerak apabila terjadi perubahan posisi dari satu titik ke titik lain. Artinya, benda bergerak ketika posisinya...

10

What is Opinion? Halo, Sobat! Sebelum lajut ke materi pertama, Sobat Pintar perlu banget paham apa itu pendapat/opinion. Apa sih Sobat opinion itu? Menurut KBBI, opini adalah pendapat, pemikiran, atau pendirian. Sedangkan, menurut Cambridge Dictionary, “opinion is the ideas that a person or a group of people have about something or someone, which are based mainly on their feelings and beliefs,...

50

Geografi adalah jenis ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan manusia dan alam. Geografi sebagai suatu kajian ilmu juga memiliki apa yang disebut konsep geografi. Bagaimana penjelasan dan contoh konsep esensial geografi?  Menurut bahasa Inggris, geografi disebut Geography. Kata ini disampaikan Eratosthenes dalam bahasa Yunani "Geographia", pada tahun 276 - 194 M. Terbentuk dari kata...

30

Universitas yang ada di Malang itu banyak, Sobat Pintar. Sebagian tempat kuliah di Malang ini merupakan universitas negeri, sebagian lagi adalah universitas swasta. Kalau kamu berniat kuliah di kota ini, wajib banget tau nih, apa saja Universitas yang ada di Malang. Kalaupun kamu penginnya kuliah di kota lain, lihat dulu deh, satu demi satu universitas di Malang dan jurusannya di bawah ini....

30

Mengantuk adalah salah satu penyebab siswa kehilangan fokus saat belajar. Motivasi belajar yang sedang tinggi-tingginya, akan langsung sirna saat rasa kantuk melsiswa. Bagaimanakah cara menghilangkan ngantuk saat belajar? Untuk membantu siswa mengatasi rasa ngantuk saat belajar, hal penting yang harus Guru Pintar ketahui adalah penyebab ngantuk saat belajar. Dengan begitu, Guru Pintar dapat...

00

Tahu tentang kriteria penilaian SNMPTN itu penting kalau Sobat Pintar ingin mengikuti jalur seleksi masuk PTN yang satu ini. Apalagi, ada proses panjang yang harus kita siapkan di SNMPTN. Artinya, semakin awal kita tahu cara seleksi SNMPTN, harapannya semakin baik pula strategi kita agar lolos dalam jalur seleksi ini. Lantas, apa saja yang kita perlu tahu tentang sistem penilaian SNMPTN? Yuk,...

370

Kurikulum darurat merupakan kebijakan yang diambil pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meringankan kesulitan belajar selama pandemi. Kurikulum darurat ini dapat diterapkan untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD, SMP, SMA, dan juga SMK. Saat ini, kurikulum Prototipe atau disebut juga kurikulum merdeka belajar marak diperbincangkan di dunia pendidikan....

00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog