APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Rss

Tambahan penghasilan guru di Indonesia yang paling dinantikan adalah tunjangan sertifikasi guru. Tetapi untuk mendapatkan tunjangan tersebut, ada jalan panjang yang harus Guru Pintar lalui terutama yang mengajar di sekolah-sekolah swasta. Dan tidak semua guru di Indonesia beruntung dan mendapatkan gaji yang besar. Tidak heran jika banyak sekali guru di Indonesia yang memiliki usaha sampingan...

00

Sudah tahu jurusan di Maranatha itu apa saja, Sobat Pintar? Atau kamu malah belum tahu bahwa ada sebuah universitas Kristen di Bandung? Ah, masa sih? Universitas Kristen di Indonesia ini sudah berdiri sejak tahun 1965, loh. Eh tapi belum terlambat kok, kalau kita masih mau sok pedekate aja sekarang.   Maranatha, Sebuah Universitas Kristen di Bandung Photo by Ryan Riggins on Unsplash ...

10

Menjadi guru profesional, seorang guru harus menguasai empat standar kompetensi guru, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Tidak sekedar menguasai saja, tetapi Guru Pintar juga harus mengamalkan standar kompetensi guru tersebut di kelas. Menjadi seorang guru yang profesional bukan kemampuan bawaan, melainkan kemampuan yang harus...

10

Halo, Sobat Pintar! Sobat Pintar sebelumnya sudah pernah belajar tentang persamaan kuadrat atau sistem persamaan kuadrat belum? Hmm, apa itu ya? Apa bedanya? Langsung simak, yuk! PENGERTIAN PERSAMAAN KUADRAT Nah, Persamaan kuadrat adalah sebuah persamaan polinomial (suku banyak) yang pangkat tertingginya 2 atau berorde 2. Salah satu contoh persamaan kuadrat seperti ini: Berbeda lagi dengan...

20

Pilihan jurusan di Universitas Trisakti itu enggak kalah dengan universitas-universitas lain di Jakarta loh, Sobat Pintar. Lagipula siapa sih, yang belum pernah mendengar Universitas Trisakti? Saking familiernya, kamu tentu bisa dengan mudah menjawab bila ditanya apakah Universitas Trisakti negeri atau swasta. Iya, ngga?   Tentang Universitas Trisakti Photo by Mimi Thian on Unsplash Iya,...

20

Pengertian Soft Skill Apa itu soft skill? Soft Skill adalah keterampilan atau kemampuan yang mencakup skill komunikasi, kecerdasan dan keterampilan sosial, hingga kemampuan bersosialisasi dengan masyarakat luas. Pentingnya meningkatkan skill bagi masa depan anak muda adalah untuk membantu mereka meraih kesuksesan seperti yang dicita-citakan. Kemampuan Soft Skill yang dimiliki oleh siswa akan...

00

Penasaran jurusan kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta itu apa aja, Sobat Pintar? Seperti yang kamu tahu, Universitas Muhammadiyah itu ada di berbagai kota. Akan tetapi, jurusan-jurusan kuliah yang ditawarkan tak selalu sama. Nah terus, apa saja tuh, jurusan atau program studi Ums (Universitas Muhammadiyah Surakarta)?   Sebuah Universitas Muhammadiyah di Pinggir Kota Solo Photo by...

10

Mengidentifikasi gaya belajar setiap siswa harus dilakukan oleh setiap guru supaya dapat merancang pembelajaran yang mampu mengakomodir semua siswa. Guru Pintar pasti memiliki siswa dengan karakteristik siswa dan juga gaya belajar yang berbeda-beda. Gaya belajar berkaitan dengan cara manusia menyerap informasi. Begitupun siswa di sekolah, ada siswa yang suka belajar dengan suasana yang tenang,...

20

Sobat, tahukah kalian apa perbedaan antara negara maju dan berkembang? Kenapa suatu negara bisa dikategorikan sebagai negara maju atau negara berkembang? Indikator apa saja yang digunakan untuk menentukan negara maju dan berkembang? Negara-negara mana saja yang termasuk negara maju atau negara berkembang? Penasaran, kan? Keep scrolling, Sobat! Pengertian Negara Maju dan Berkembang Oke,...

00

Jurusan terbaik di Universitas Sanata Dharma (USD) itu apa? Well, semua jurusan kuliah itu sebenarnya baik kok, Sobat. Yang jadi pertanyaan adalah apa jurusan yang terbaik buatmu. Nah, kalau soal jurusan terbaik, yang sesuai dengan bakat minat dan dapat mengembangkan kemampuanmu, ada cara mudah untuk mengetahuinya. Kamu tinggal gunakan Tes Penjurusan Kuliah. Di situ ada serangkaian pertanyaan...

20

Hi sobat pintar! Bagaimana nih kabarnya? Apakah kalian masih ingat dengan cara mencari FPB dan KPK? Pasti masih ingat dong , atau udah pada lupa ini ? Eits jangan khawatir, pada artikel ini kita akan sama – sama membahas mengenai cara mencari FPB dan KPK, buat kalian sudah lupa dengan cara mencari FPB dan KPK jangan lupa baca artikel ini sampai selesai ya!!!! Sebelum masuk ke pembahasan, masih...

10

Punya jurusan Unpar incaran ga, Sobat Pintar? Universitas swasta di Kota Bandung ini udah kondang di mana-mana. Tapi kalau ada yang kamu belum tau tentang Universitas Katolik Parahyangan, atau sekadar kepo, kuy sini kita ngomongin kampus yang satu ini.   Tentang Universitas Katolik Parahyangan Photo by Van Tay Media on Unsplash Iya, Unpar itu akronimnya Universitas Katolik Parahyangan,...

20

Siswa memahami pelajaran dengan baik adalah harapan semua guru. Cepat menangkap pelajaran dan mampu menghafal pelajaran sering diasumsikan sebagai hal yang sama. Padahal memahami dan menghafal adalah dua hal yang berbeda. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menghafal diartikan sebagai usaha meresapkan ke dalam pikiran agar selalu ingat. Proses ini biasanya berlangsung cepat sehingga...

00

Sobat Pintar masih ingat dengan materi eksponen atau bilangan berpangkat (perpangkatan)? Pada materi tersebut kamu belajar cara untuk menentukan hasil dari pemangkatan suatu bilangan. Jika kebalikan dari perkalian adalah pembagian, lalu kebalikan dari eksponen apa, ya? Nah, ternyata kebalikan dari eksponen adalah Logaritma. Kalau dibayangkan sepertinya sulit ya, Sobat. Eitss, sebenarnya mudah...

10

What is Suggestion? Halo, Sobat Pintar! Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang Asking and Giving Suggestion, kita bahas dulu yuk apa itu Suggestion. Menurut Kamus Bahasa Inggris Terjemahan Indonesia, arti kata suggestion adalah usul. Menurut Cambridge Dictionary, suggestion is an idea, plan, or action that is suggested or the act of suggesting it: - I don't know what to eat tonight - do...

20

Apakah jurusan di Universitas Dian Nuswantoro terbatas pada jurusan-jurusan yang terkait dengan komputer dan teknologi saja? Sobat Pintar yang tergolong tech savvy mungkin sudah tak asing dengan Universitas Dian Nuswantoro Semarang, bahkan mungkin punya jurusan incaran di universitas swasta ini. Tetapi bagaimana dengan Sobat yang lain, yang masih kepo tentang jurusan yang ada di Udinus...

40

Mengajar adalah sebuah sebuah proses penyampaian atau transfer ilmu dari seorang guru kepada siswa-siswinya. Seorang guru harus mengetahui cara menguasai kelas saat mengajar, teknik mengajar, dan berbagai variasi gaya mengajar. Gaya mengajar seorang guru di kelas merupakan cara guru untuk mempermudah siswa yang diajarnya menerima materi pelajaran yang disampaikan, sekaligus sebagai alat...

00

Hai Sobat Pintar, belajar sejarah tak lengkap rasanya jika tidak menyinggung mengenai sejarah manusia purba yang ditemukan di Indonesia ataupun di dunia. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan manusia purba? Manusia purba kerap disebut dengan “Pre-historic” atau manusia pra sejarah. Namun kemudian penggunaan sebutan pra sejarah digantikan dengan pra aksara (belum mengenal tulisan). Sesuai dengan...

00

Apa yang Sobat Pintar pikirkan setelah melihat gambar atap rumah? Nah, seperti yang Sobat Pintar lihat, kerangka atap rumah pada gambar berbentuk segitiga. Tahu nggak sih, kalau membuat kerangka atap rumah itu membutuhkan perhitungan, lho! Iya.. Kita butuh menghitung panjang dari kayu yang dibutuhkan untuk membuat kerangka sehingga berbentuk segitiga. Perhitungan yang digunakan adalah...

60

Salah satu bentuk keterampilan membaca yang harus dikuasai siswa adalah membaca pemahaman. Membaca pemahaman termasuk keterampilan yang harus diajarkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa. Oleh karena itu diperlukan metode yang tepat untuk mengajarkan siswa membaca, seperti metode KWL.  Menurut Nurhadi yang dikutip oleh Ningtiyas (2010:11), terdapat beberapa faktor yang...

00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog