APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurnal Mengajar Guru

Membuat catatan mengajar bermanfaat secara pribadi bagi guru.

Photo by David Iskander on Unsplash

Jurnal harian guru menjadi bagian dari catatan penting Guru Pintar atau tidak? Dalam buku jurnal harian, kita merekam kegiatan belajar mengajar di kelas. Dari jurnal harian guru, kita mendapatkan bahan untuk refleksi diri, mempelajari pola perilaku siswa, mengidentifikasi kebutuhan siswa, mengevaluasi strategi pembelajaran, bahkan menilai pembelajaran yang telah berlangsung selama ini.

Meskipun Kurikulum Merdeka tidak mengharuskan jurnal kegiatan harian guru, kita sendiri dapat memetik manfaat dari catatan buku jurnal harian. Bila Guru Pintar telah terbiasa membuat jurnal mengajar guru di K13, tak ada salahnya melanjutkan menulis jurnal harian guru di Kurikulum Merdeka. Lagipula, jurnal tersebut toh masih akan dibutuhkan untuk keperluan administrasi guru, kan?

 

Format Jurnal Pembelajaran

jurnal mengajar guru daring
Photo by Jodie Cook on Unsplash

Karena tidak menjadi keharusan di Kurikulum Merdeka, sebenarnya tidak ada format yang mengikat dalam menyusun jurnal mengajar guru. Kita bisa mengacu pada format jurnal pembelajaran yang telah kita gunakan sebelumnya. Berikut contoh jurnal mengajar guru K13.

Hari/Tanggal: Senin, 7 Februari 2023

Kelas: VII.A

Mata Pelajaran: Matematika

Topik: Bilangan Pecahan

Jam Pelajaran: 07.30-09.00 WIB

Kegiatan Pembelajaran

1. Awal pembelajaran

Melakukan pembukaan dengan memberikan salam, memeriksa kesiapan siswa, dan memberikan pengantar mengenai topik pembelajaran hari ini.

2. Penjelasan materi

Memberikan penjelasan mengenai bilangan pecahan, jenis-jenis pecahan, bentuk pecahan, dan sifat-sifat pecahan.

3. Pemberian contoh

Memberikan contoh dalam penghitungan dan penggunaan bilangan pecahan.

4. Latihan soal

Memberikan latihan soal dan mengamati siswa dalam menjawab soal, serta memberikan bimbingan dan penyimpangan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi.

5. Evaluasi

Melakukan evaluasi terhadap pemahaman siswa dengan memberikan beberapa soal evaluasi dan mengoreksi jawaban siswa.

6. Akhir pembelajaran

Memberikan kesimpulan dan rangkuman materi, serta memberikan pekerjaan rumah sebagai tugas yang harus diselesaikan siswa di rumah.

Refleksi Pembelajaran

1. Siswa masih kesulitan memahami materi tentang penggunaan pecahan sebagai bilangan desimal.

2. Perlu menambahkan latihan soal untuk memperkuat pemahaman siswa tentang penggunaan pecahan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Penggunaan media pembelajaran, seperti video atau gambar, dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik.

4. Perlu meningkatkan keaktivan siswa dalam pembelajaran dengan memberikan lebih banyak kesempatan untuk berpartisipasi dan bertanya.

Sekali lagi, Guru Pintar, format jurnal pembelajaran di atas tidak menjadi suatu keharusan di dalam Kurikulum Merdeka – kecuali bila kita harus mengikuti ketentuan administrasi dinas. Pada dasarnya, jurnal guru mengajar bermanfaat bagi kita sendiri untuk memantau kemajuan siswa dan memperbaiki strategi mengajar yang digunakan.

 

Contoh Jurnal Kelas

contoh jurnal mengajar guru
Photo by Alexandra Fuller on Unsplash

Apakah Guru Pintar pernah menyusun jurnal mengajar guru daring? Ada berbagai penyesuaian mengajar yang kita lakukan sewaktu melaksanakan pembelajaran daring. Membaca-baca lagi catatan tentang pembelajaran daring kala itu, kita dapat merefleksikan apa-apa saja yang dapat kita perbaiki di kemudian hari.

Terlepas dari keperluan administrasi kedinasan, jurnal guru mengajar semestinya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Lagipula, bukankah memang itu merupakan salah satu tujuan jurnal kegiatan harian guru?

Nah, tanpa format yang mengikat, kita bisa menyusun jurnal harian guru sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing, Guru Pintar. Berikut salah satu contoh jurnal harian guru.

Hari/Tanggal: Kamis, 3 November 2023

Kelas: X.IPS.1

Mata Pelajaran: Sejarah

Topik: Perkembangan Kebudayaan Masyarakat Indonesia pada Zaman Prasejarah

Jam Pelajaran: 10.30-12.00 WIB

Kegiatan Pembelajaran

1. Pembukaan

Melakukan pembukaan dengan menyapa siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

2. Penjelasan materi

Memberikan penjelasan mengenai perkembangan kebudayaan masyarakat Indonesia pada zaman prasejarah, termasuk teknologi dan kehidupan sosial.

3. Diskusi kelompok

Meminta siswa untuk terbagi ke dalam kelompok dan melakukan diskusi kelompok tentang topik yang telah dibahas.

4. Presentasi kelompok

Meminta setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok.

5. Debat

Mengadakan debat antarkelompok tentang perkembangan kebudayaan masyarakat Indonesia pada zaman prasejarah.

6. Evaluasi

Melakukan evaluasi terhadap pemahaman siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan evaluasi dan mengoreksi jawaban siswa.

7. Penutup

Melakukan penutup dengan memberikan kesimpulan dan rangkuman materi, serta memberikan pekerjaan rumah sebagai tugas yang harus diselesaikan siswa di rumah.

Refleksi Pembelajaran

1. Pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan kreativitas dalam pembelajaran, terutama dengan diskusi kelompok dan debat.

2. Perlu memberikan arahan yang jelas dan spesifik pada siswa tentang topik yang akan dibahas dan evaluasi yang akan dilakukan.

3. Perlu memberikan lebih banyak bahan bacaan atau referensi tentang perkembangan kebudayaan masyarakat Indonesia pada zaman prasejarah.

4. Perlu memberikan penguatan pada siswa dalam pengembangan kemampuan presentasi dan debat, karena siswa cenderung kurang percaya diri dalam hal ini.

Selama tak ada ketentuan administratif yang mengikat, contoh jurnal kelas di atas bisa digunakan sebagai model pencatatan refleksi harian. Guru Pintar memiliki model atau contoh jurnal pembelajaran yang lain? Boleh juga menggunakan format penulisan yang lain selama jurnal tersebut berfungsi sebagaimana mestinya.

Jurnal mengajar guru memang idealnya diperlukan sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan dalam melakukan tindakan perbaikan terhadap kinerja guru. Jurnal mengajar guru juga digunakan sebagai sumber data bagi para peneliti dan pengambil kebijakan dalam bidang pendidikan. Namun bagi kita, jurnal harian guru lebih merupakan catatan pribadi tentang rencana pembelajaran, evaluasi pembelajaran, interaksi dengan siswa, masalah yang timbul selama kegiatan belajar mengajar, serta refleksi pengalaman mengajar dan upaya untuk meningkatkan pembelajaran siswa di kemudian hari.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog