redesain-navbar Portlet

Blog

RSS

Sempat terbersit ingin kuliah Desain Interior. Tapi ini jurusan apaan, sih? Kira-kira bakal enjoy nggak, kalau kuliah di Jurusan Desain Interior? Trus, prospek ke depannya bakal gimana? Apakah keadaan di atas mewakili kegalauanmu saat ini, Sobat? To be honest, Jurusan Desain Interior memang bukan jurusan favorit – apalagi kalau dibandingkan dengan Kedokteran atau Manajemen. Jadi, wajar saja...

100

Di antara sekian jurusan di Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Komputer adalah salah satu yang cukup difavoritkan. Eitts. Hati-hati, Sobat. Pasalnya, jurusan ini punya nama yang mirip-mirip dengan Ilmu Komputer, Sistem Informasi, maupun Teknik Informatika. Padahal – yes, you've got it! – semua itu beda! Nah, mau tau lebih banyak tentang apa itu Teknik Komputer? Apa pula perbedaan Ilmu Komputer...

20

Apa itu pendidikan vokasi? Pernahkah Sobat Pintar mempertimbangkan untuk kuliah di sekolah vokasi? Wait. What? Iya, Sobat. Pendidikan tinggi itu nggak cuma S1, lho. Artinya, pilihan kuliah kita nanti setelah lulus sekolah tak terbatas pada gelar Sarjana saja. Masih ada pendidikan vokasi atau gelar Diploma yang boleh kita pertimbangkan. Nah, ayo kenali dan cari tahu lebih banyak tentang apa itu...

90

Sobat Pintar yang bakalan masuk kuliah, udah tau cara menghitung IPK? Yang namanya IPK sering kita lihat di lowongan-lowongan kerja – contohnya, syarat IPK minimal 3,00. Tapi apa sebenarnya IPK itu? Dan bagaimana cara kita mendapatkan angka tertentu yang disebut sebagai IPK? Cari tau yuk, Sobat!   Apa Itu IPK? Di sekolah kita mendapat nilai rapor yang berkisar dari 0 sampai 100. Ada...

120

Penting bagi Guru Pintar untuk dapat mengenali dan memahami karakteristik peserta didik. Salah satu manfaat ketika Guru mengenali dan memahami karakter siswa adalah proses belajar mengajar yang berlangsung dengan lebih baik. Lantas bagaimana strategi yang dapat diterapkan untuk mengenali dan memahami karakter siswa?   1. Kenali Temperamen Siswa Pada dasarnya, bagaimana siswa memahami...

10

"Asalkan kuliah di UGM jurusan apapun, deh!" Ada yang punya cita-cita kayak gini nggak sih, Sobat? No, we're not going to discuss if it's right or wrong. Kita bahas aja deh yuk, apa saja jurusan yang ada di UGM. Abisnya, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta itu salah satu universitas tertua di Indonesia – didirikan dalam waktu kurang dari lima tahun setelah Indonesia merdeka! Saking lamanya...

120

Ada yang menarik di Jurusan Biomedik nih, Sobat Pintar. Teknik Biomedik (terkadang disebut Teknik Biomedis) terhitung sebagai jurusan kuliah yang masih baru di Indonesia – apalagi kalau dibandingkan dengan Kedokteran atau Manajemen. Lantas, apanya yang menarik tentang Jurusan Biomedik ini? Mau tau? Let's read on!   Apa Itu Teknik Biomedik? Simply put, Teknik Biomedik adalah gabungan...

40

Adakah Sobat Pintar yang ingin kuliah Sistem Informasi? Setelah mengenal dunia teknologi sejak kecil, meskipun sekedar sebagai user, wajar saja jika kita tertarik bahkan penasaran dengan Teknologi Informasi. Apalagi, lulusan Sistem Informasi emang lagi high demand sih, Sobat! Nah, nggak ada ruginya dong, kalau kita "pedekate" sama jurusan ini?   Tentang Sistem Informasi, Apa Itu? Sistem...

70

Proposal kegiatan adalah rencana yang dituliskan ke dalam sebuah rancangan kerja. Proposal kegiatan dibuat sebelum kegiatan dilaksanakan agar memperoleh sponsor acara dan izin pelaksanaan. Meskipun saat ini belum diizinkan untuk membuat kegiatan yang menimbulkan kerumuman disebabkan oleh pandemi, kita tetap harus belajar tentang bagaimana cara membuat proposal kegiatan. Jadi, ayo kita pelajari...

350

Administrasi Bisnis adalah salah satu jurusan yang diincar anak IPA, IPS, maupun Bahasa. Kok bisa? Apa yang menarik tentang Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis? Di mana kita belajar ilmu ini? Bagaimana pula prospek kerjanya? Yuk, cari tau, Sobat!   Administrasi Bisnis, Ilmu yang Penting dalam Pengelolaan Bisnis Administrasi Bisnis sering dianggap sama dengan Manajemen meskipun keduanya...

60

Tau nggak Sobat, kalau ternyata ada lho, beberapa jurusan paling sulit ditembus pada saat seleksi masuk PTN? Baik melalui SNMPTN, SBMPTN, maupun Seleksi Mandiri, jurusan-jurusan ini terhitung lebih kecil peluang lolosnya. Udah gitu, lulus dan wisudanya juga nggak gampang. Kenapa kita perlu tahu tentang jurusan kuliah tersulit? Bukan untuk nakut-nakutin, tapi agar kita punya persiapan yang...

150

Percayakah Sobat, mahir menggambar itu bukan syarat masuk Jurusan Arsitektur? Kuliah Jurusan Arsitektur itu seperti memadukan antara ilmu teknik dan seni (terutama menggambar, memang). Tapi mahir menggambar bukan satu-satunya kecakapan yang harus dikuasai mahasiswa Arsitektur. Is it a good news for you? Kalau Sobat Pintar bercita-cita menjadi seorang arsitek tapi kurang pandai menggambar,...

180

Sebenarnya ada berapa macam jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN)? Dari kakak-kakakmu (ada, nggak?), Sobat Pintar mungkin sudah pernah mendengar jalur tes masuk PTN (sekarang disebut UTBK). But did you know? Masih ada cara masuk PTN yang lain, lho! Mau tahu? Yuks, discuss satu-satu.   1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Bukan UTBK, tapi SNMPTN-lah alternatif...

130

Salah satu prospek Teknik Informatika yang cukup digemari saat ini adalah software developer. Sudahkah Sobat Pintar mengenal profesi ini? Ayo, cari tahu lebih banyak tentang prospek Jurusan Teknik Informatika, Sobat!   Software Developer, Apa Itu? Prospek kerja Informatika sebagai software developer artinya kita menciptakan, mengembangkan, dan memodifikasi program atau software...

70

Sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk belajar? Bisa nggak sih, kita menemukan waktu terbaik buat belajar supaya... (1) belajarnya nggak perlu lama-lama (yaayy!!), (2) materi yang dipelajari cepat dipahami dan tersimpan lama di otak (3)... wait! That's it! That's the most important part of studying: our brain. Did you know, Sobat? Ternyata otak kita punya iramanya sendiri (ehm... bukan salsa...

400

Prospek kerja Teknik Industri yang luas menjadi salah satu alasan kenapa jurusan ini sangat diminati di jenjang pendidikan tinggi. Bagaimana tidak, peluang kerja Teknik Industri mencakup bidang manufaktur, manajemen industri, serta tekno ekonomi dan sistem industri. Teknik Industri sendiri merupakan salah satu jurusan teknik interdisipliner. Maka tak perlu heran bila Sarjana Teknik dari...

100

Kenapa kita perlu tahu jurusan favorit di UGM? Did you know, Sobat? Semakin banyak peminat suatu jurusan, semakin ketat persaingan lolos SBMPTN di jurusan tersebut. Apalagi di universitas negeri sekaliber UGM, tentu lebih berat lagi perjuangan lolos SBMPTN-nya. Tambahan pula, UGM merupakan universitas negeri dengan jumlah pendaftar atau peminat terbanyak pada SBMPTN 2020 (62.507 orang). Nah,...

100

Butuh berapa nilai UTBK untuk masuk PTN? Pernahkah Sobat Pintar bertanya-tanya tentang berapa nilai UTBK yang dibutuhkan agar kita lolos SBMPTN? Jika Sobat salah satu pejuang SBMPTN tahun depan, bahkan dua atau tiga tahun lagi, kepo sama nilai UTBK yang telah berlalu itu wajar banget, lho. Pasalnya, kita menggunakan nilai UTBK sebelumnya sebagai acuan atau tolok ukur untuk membuat target nilai...

110

Sudah tahukah Sobat Pintar, berapa kira-kira nilai UTBK untuk masuk PTN tahun depan? It's almost impossible to predict, indeed. Pasalnya, skor terbaik UTBK akan ditentukan oleh setiap peserta ujian. Nilai UTBK tertinggi pada 2020/2021 belum tentu menjadi yang terbaik pada 2021/2022. Meskipun begitu, kita masih bisa nyontek rata-rata skor UTBK 2020 untuk menetapkan target skor persiapan kita...

270

Berhubung skor UTBK 2020 tertinggi diraih oleh Jurusan Kedokteran, kira-kira ada nggak sih, alternatif kuliah di Fakultas Kedokteran swasta? Bukannya kecil hati nggak lolos SBMPTN, tapi boleh dong bersiap dengan plan A, plan B, sampai plan Z kalau perlu. Dan nggak tanggung-tanggung, Sobat. Biarpun plan-nya adalah Kedokteran swasta, kita harus bisa membidik Kedokteran swasta terbaik! Nah, di...

70

CssBlog

metablog-web Portlet