CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Rss

Jika kamu tahu apa saja PTN favorit SBMPTN 2021, apakah Sobat Pintar akan memilihnya di SBMPTN 2022? Well, jawabannya bisa iya bisa tidak. Boleh jadi kamu memilih universitas negeri yang peluang masuknya besar, tetapi jurusannya B saja. Bukan tak mungkin pula bila kamu kekeh memilih universitas yang peluang lolosnya tipis demi memperjuangkan masuk kuliah di jurusan impianmu. It's your call,...

30

Seringkali siswa SMA atau SMK yang hendak melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi mengalami kebingungan dalam memilih bidang studi/jurusan kuliah. Mereka biasanya beralasan belum mengetahui secara mendalam tentang bakat dan minatnya. Ketika ingin melanjutkan untuk belajar ke jenjang ke perguruan tinggi, siswa SMA atau SMK ini menemukan bahwa ternyata tidak mudah memilih studi/jurusan...

00

Pendaftaran KIP Kuliah 2022 dimulai sejak awal pekan ini, tepatnya 2 Februari 2022. Sobat Pintar tentu sudah tahu, Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) adalah bagian dari upaya pemerintah membantu pelajar yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Bagaimana seretnya perekonomian belakangan ini, sebagian dari Sobat Pintar juga mungkin...

70

Tahu apa saja jurusan Soshum terfavorit di SNMPTN 2021 itu penting kalau kamu mau masuk kuliah tahun ini melalui jalur SNMPTN, Sobat Pintar. Pilihan jurusan kuliah emang kudu cocok sama bakat, minat, dan kemampuanmu. Tetapi kalau peluang masuknya tipis, mau enggak mau kita jadi overthinking, dong. Iya ga, sih? Wait, sebelum kejauhan, udah pada tau dong, arti Saintek dan Soshum? Kalau dari...

10

Teori belajar konstruktivisme pasti sudah bukan hal yang asing lagi di telinga Guru Pintar. Piaget adalah psikolog pertama yang dikenal menggunakan filsafat konstruktivisme dalam proses belajar. Piaget menjelaskan bagaimana proses pengetahuan seseorang dalam teori perkembangan intelektualnya. Siswa adalah objek utama dalam pembelajaran di sekolah. Kesuksesan siswa dalam belajar adalah tanggung...

00

Jurusan untuk yang suka matematika itu apa saja, sih? Sobat Pintar yang suka itungan biasanya tertarik pada jurusan-jurusan kuliah yang berhubungan dengan angka. Eitts, disclaimer dulu. Itungan dalam konteks jurusan kuliah berarti ilmu berhitung ya, Sobat. Kalau kamu ketemu orang yang suka ilmu berhitung dan kebetulan dia juga "suka itungan," well, itu lain cerita, sih. Oke, kembali ke jurusan...

10

Menjadi guru yang produktif bukan berarti Guru Pintar harus melakukan banyak hal. Produktif tidak selalu dihubungkan dengan kemampuan menghasilkan uang saja, melainkan kemampuan menghasilkan karya baik sesuai dengan bidang yang dikuasainya ataupun di luar bidang tersebut. Jadi, jangan mau ya menjadi guru yang sebatas mengajar saja! Pengertian guru produktif adalah seorang guru kreatif yang...

00

Pembelajaran di era kenormalan baru atau sekarang bukan bahkan disebut better normal banyak menghadapi berbagai tantangan. Flipped Classroom didengung-dengungkan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang sangat sesuai dengan era kenormalan baru ini. Pada hakikatnya konsep dasar belajar adalah tentang bagaimana menciptakan pengalaman bermakna bagi siswa supaya dapat menimba ilmu....

00

Jakarta: Pengumuman pemenang beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id 2021 akan diumumkan hari ini, Sabtu, 22 Januari 2022. Pengumuman dapat disaksikan secara daring melalui live streaming di Medcom.id dan kanal YouTube Medcom.id. Acara OSC Awards 2021 tersebut akan berlangsung mulai pukul 13.00 hingga 17.30 WIB. Selain itu daftar pemenang juga akan diunggah...

00

Hai Sobat Pintar!, Kali ini kita akan bahas tentang materi kimia yang ada di kelas 10 nih Sobat, yaitu model-model atom. Bagaimana sih modelnya ? Apakah sama seperti model majalah ? atau model busana ? daripada penasaran, yuk kita bahas aja yaaa.. Berkatian dengan teori atom, Berikut ini model atom berdasarkan perkembangan model atom nih Sobat! Model Atom Dalton Ilustrasi Model Atom Dalton...

40

Pekerjaan menjanjikan di 2025 itu kira-kira apa saja, sih? Lebih tepatnya, bagaimana prospek kerja 5 tahun mendatang ketika kamu lulus kuliah nanti? Sobat Pintar sadar nggak sih, kalau beragam pekerjaan yang kamu jumpai hari ini mungkin takkan ada lagi setelah kamu lulus kuliah? Coba tanya sama Mama Papa, ketika beliau masuk kuliah dulu, apakah sudah ada YouTuber atau influencer? Enggak ada,...

60

Akhirnya banyak sekolah saat ini sudah memberlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) atau juga dikenal dengan Pertemuan Tatap Muka terbatas atau PTMT. Pembelajaran tatap muka adalah proses belajar yang dilakukan secara langsung/face to face antara siswa dan guru di sekolah. Sedangkan PTM terbatas adalah pembelajaran tatap muka yang dilakukan di sekolah dengan batasan-batasan tertentu seperti...

00

Manajemen Bisnis Pariwisata bisa menjadi salah satu alternatif buat kalian yang bercita-cita kuliah di jurusan pariwisata. Tapi apa sih, yang membedakan Jurusan Manajemen Bisnis Pariwisata dari jurusan pariwisata yang lain? Apakah kamu bakalan cocok kuliah di jurusan ini? Yuk, sini kepoin bareng-bareng.   Manajemen Usaha di Bidang Pariwisata Photo by Kukuh Napaki on Unsplash Sobat Pintar...

20

Kebutuhan peserta didik atau siswa di kelas dalam belajar sangat beragam. Begitu pula dengan potensi siswa. Supaya setiap siswa memiliki pengalaman belajar yang bermakna, Guru Pintar harus mampu membuat pemetaan kebutuhan dan karakteristik setiap siswa di kelas. Hal ini sangat berguna bagi Guru Pintar untuk menentukan rancangan proses pembelajaran yang paling sesuai bagi siswa di kelas. ...

00

Tes masuk Akpol itu ada berapa tahapan, sih? Kalau Sobat Pintar berencana mengikuti pendaftaran Akademi Kepolisian 2022, ada berbagai persiapan yang harus kamu perhatikan. Salah satunya, kamu perlu tahu ada berapa kali tes Akpol 2022 yang harus dilalui agar kamu punya persiapan yang memadai sebelumnya. Eitts, tahu berapa jumlah tahapan tes Akpol saja enggak cukup, Sobat Pintar. Apa saja yang...

00

Burnout  adalah salah satu gejala resiko berbahaya pada psikologi seseorang, khususnya pada mereka yang bekerja dengan pelanggan. Fenomena burnout dapat menyerang siapa saja dan profesi apa saja termasuk profesi guru. Burnout dapat didefinisikan sebagai kondisi kelelahan emosional, fisik, dan mental karena stres berlebihan dan berkepanjangan. Kondisi ini membuat orang yang mengalaminya...

00

Disiplin merupakan suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dan serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan atau ketertiban. Tujuan menegakkan kedisiplinan di sekolah adalah untuk menciptakan keamanan dan lingkungan belajar yang nyaman terutama di kelas. Jika Guru Pintar tidak mampu menerapkan kedisiplinan dengan baik, maka...

00

Cara memilih prodi di SNMPTN 2022 itu bagaimana, sih? Apakah diperlukan strategi khusus untuk memilih program studi SNMPTN? Terus, apakah SNMPTN bisa lintas jurusan? Ada banyak pertanyaan seputar pemilihan jurusan SNMPTN 2022 yang bakal dibahas tuntas kali ini. Sini merapat, mungkin pertanyaanmu bakalan menemukan jodohnya, eh bukan, jawabannya.   Tips Memilih Jurusan SNMPTN Photo by...

70

Halo, Sobat Pintar! Tentunya, Sobat sudah tidak asing dengan burung berwana flamboyan diatas. Yups, burung flamingo! Salah satu kelompok aves berkaki panjang yang hidup berkelompok, banyak ditemukan di belahan bumi timur yang habitatnya terdiri dari danau dangkal yang besar dan laguna, serta melambangkan percintaan yang langgeng. Azeekkk.. Tapi Sobat Pintar tau nggak, sih, fakta unik perkawinan...

00

Guru Pintar pasti sudah tidak asing lagi dengan mind mapping. Metode mind mapping adalah salah satu media pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih cepat. Demikian pula untuk guru, mind mapping dapat  membantu menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang simple, namun tetap mudah untuk dipahami. Pengertian Mind Mapping Foto dari Freepik.com Dalam bahasa...

00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog