CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Rss

Jenis beasiswa kuliah itu ada bermacam-macam, Sobat Pintar. Bukan, kita bukan lagi ngebahas tentang KIP Kuliah atau Beasiswa Djarum. Bahkan mungkin kamu sudah familier dengan jauh lebih banyak nama-nama beasiswa yang lain. Kita lagi ngomongin jenis-jenis beasiswa untuk kuliah ditinjau dari pihak penyedianya, cakupan pembiayaannya, sampai bentuknya. Nah, gimana tuh? Apakah bentuknya trapesium...

20

Seorang guru harus mempunyai sifat penyabar. Jika seseorang ditanya mengapa menyukai seorang guru yang mengajarnya di sekolah, selain karena mengajar dengan menyenangkan adalah karena kesabarannya. Sikap sabar dari seorang guru akan membuat siswa yang diajarnya merasa nyaman dalam belajar. Hal ini membuat siswa dapat lebih mudah memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru dan akan memberikan...

00

Kelas 12 SMA, nih! Di satu sisi, bangga juga menjadi senior di sekolah (penting ga, siy). Di sisi lain, kita lebih kayak terkaget-kaget udah kelas 12 SMA aja. Maunya masih gabut aja, tetapi nggak mungkin, kan. Entar bakalan ada ujian sekolah, ujian praktik buat Sobat yang ada di SMK, dan... UTBK! Memang semua itu masih semester depan, tapi percaya deh. Enggak kerasa aja entar tiba-tiba jadwal...

40

Tahun Ajaran 2022/2023 sudah mulai berjalan nih, Sobat Pintar. Sudah tau belum, bakal ngapain saja selama tahun ajaran ini? Misalnya, ujian apa saja yang akan dihadapi kelas 12 2022 dan 2023? Apa yang harus dilakukan di kelas 12? Nah, biar kamu punya "blue print" kegiatan belajar selama satu tahun ke depan, yuk lihat timeline anak kelas 12 di bawah ini. Baca juga: 5 Trik Belajar Cerdas   ...

20

Guru Pintar pasti pernah menjumpai beberapa siswa yang suka mengobrol saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Apalagi jika mereka asyik mengobrol sambil bersenda gurau, tentu saja akan mengganggu proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Setiap guru pasti menginginkan semua siswanya fokus dan konsentrasi saat belajar. Mereka mengikuti proses pembelajaran dengan tertib dan penuh kedisiplinan. Akan...

30

Tau gak sih sobat, sekitar empat hingga tujuh kali dalam setahun, bumi, bulan, dan matahari berbaris tepat yang kita kenal sebagai fenomena gerhana.  Orbit bulan mengelilingi bumi relatif miring terhadap orbit bumi mengelilingi matahari.  Kemiringan ini adalah penyebab fenomena gerhana terjadi hanya sesekali, bukan setiap bulan. Ada dua jenis gerhana, gerhana bulan dan matahari....

60

Kuliah di Banten, Sobat Pintar? Provinsi ini berada di sisi paling barat Pulau Jawa. Dahulunya Banten pernah menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat, tetapi kini telah berdiri sendiri sebagai sebuah provinsi dengan ibu kota di Serang. Mungkin kamu lebih familier dengan nama-nama seperti Tangerang atau Badui, tetapi bagaimana dengan kampus swasta di Serang Banten, Sobat Pintar? Ada berapa kampus...

10

Membangun kepercayaan diri anak adalah salah satu tujuan yang harus dicapai saat pembelajaran. Apakah siswa-siswi Guru Pintar termasuk anak-anak yang percaya diri di kelas? Anak yang percaya diri pada saat belajar akan merasa bahagia dan dapat menjadi lebih produktif. Membangun kepercayaan diri siswa dapat dilakukan kapanpun. Pada saat pembelajaran maupun di luar kegiatan pembelajaran. ...

00

Mengapa mengetahui minat dan bakat anak perlu dilakukan sedini mungkin? Mengenali bakat anak harus dilakukan sedini mungkin supaya orang tua dan juga guru dapat memberikan arahan pendidikan yang sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Bagaimana cara mengetahui bakat dan minat anak? Apakah anak yang selalu mendapatkan nilai tinggi pada pelajaran menggambar sudah pasti memiliki bakat...

10

Laju perkembangan teknologi menjadikan akses dunia virtual, khususnya metaverse, menjadi tren baru di masyarakat. Sejak kehadirannya di akhir tahun 2021, mendaki gunung Semeru sambil berbaring dengan headset terpasang di telinga bukan menjadi hal yang mustahil untuk terjadi di metaverse. Rapat pertemuan organisasi sampai bertemu dengan sahabat yang berbeda negara juga menjadi tidak ada batasan....

00

Memilih jurusan kuliah bagi siswa-siswi yang akan lulus jenjang SMA, SMK, MA, atau MAK bukanlah perkara mudah. Hal inilah yang menjadi alasan Guru Pintar harus turun tangan memberikan bimbingan dan pendampingan kepada mereka supaya dapat memilih jurusan kuliah yang tepat. Jangan sampai siswa-siswi yang sudah memiliki potensi luar biasa ini mengalami kegagalan di masa depan hanya karena salah...

00

Kuliah di Tegal, tapi masih bingung dengan kampusnya, Sobat Pintar? Jangan, dong. Baik Kota maupun Kabupaten Tegal punya sederet kampus terbaik yang bisa menjadi tempat kuliah. Mulai dari Universitas Negeri Semarang hingga Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Kementrian Perhubungan, semuanya ada di Tegal. Bagaimana dengan kampus swastanya? Enggak kalah kerennya, Sobat. Kalau...

00

Kampus swasta di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, itu apa saja? Penting banget nih, buat Sobat Pintar yang bakal kuliah di kota ini. Tau ngga sih, memilih tempat kuliah terbaik itu sama pentingnya dengan memilih jurusan kuliah. Ada berbagai barometer yang bisa kamu gunakan untuk memilih tempat kuliah, salah satunya akreditasi institusi yang menjadi kewenangan dari Badan Akreditasi...

00

Kampus swasta di Sulawesi itu apa saja, Sobat Pintar? Kalian yang berencana kuliah di Sulawesi pasti punya sederet referensi kampus, nih. Namun bagaimana dengan Sobat yang baru familier dengan perguruan tinggi swasta di Sulawesi Selatan saja, misalnya? Ingat loh, masih ada kampus-kampus swasta lain di berbagai provinsi di Pulau Sulawesi. Eitts, tenang. Enggak perlu panik, Sobat Pintar. Enggak...

10

Setiap siswa itu unik dengan segala potensi yang dimilikinya. Setiap siswa pasti terlahir dengan bakat dan potensinya masing-masing. Sebagai seorang guru, Guru Pintar harus mampu membuka jalan seluas-luasnya bagi siswa supaya dapat meningkatkan prestasi berdasarkan potensi yang mereka miliki. Oleh karena itu, Guru Pintar harus jeli dan lebih peka agar bisa membantu memaksimalkan potensi anak...

00

Halo, Sobat Pintar! Sobat Pintar pernah lihat Ibu kalian menakar beras menggunakan cangkir untuk memasak nasi? Tahukah kalian, kalau beberapa Ibu rumah tangga sering kali menggunakan cangkir untuk menakar beras yang akan dimasak. Misalkan nih, satu cangkir gelas ternyata hampir sama dengan ¼ kg beras. Jadi, bisa kita perkirakan bahwa 4 cangkir gelas beratnya mendekati 1 kg beras. Ternyata...

10

Kampus swasta di Kalimantan yang paling difavoritkan itu apa aja, sih? Nah, pertanyaan ini mungkin pernah, atau bahkan sering, ditanyakan oleh Sobat Pintar yang berpikir untuk kuliah di Kalimantan. Biar enggak kelamaan overthinking, skuy lihat sederet perguruan tinggi swasta di Kalimantan yang sudah mengantongi akreditasi B dari BAN PT di bawah ini. Photo by Lilly Rum on Unsplash 1....

00

Apa itu umpan balik? Di dalam KBBI ditemukan beberapa pengertian umpan balik, antara lain: 1. Hasil atau akibat yang berbalik mengenai (berguna bagi) kita sebagai rangsangan (dorongan dan sebagainya) untuk bertindak lebih lanjut. 2. Bahan yang diperoleh kembali dari penerapan sesuatu untuk unsur perbaikan dalam tindak lanjut. 3. Tanggapan langsung dari pengamatan sebagai hasil kelakuan...

00

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mengajar adalah memberi pelajaran. Sedangkan menurut Hamalik, mengajar adalah menyampaikan pengetahuan kepada anak didik, usaha mengorganisasi lingkungan sehingga menciptakan kondisi belajar bagi siswa, memberikan bimbingan belajar kepada murid, mewariskan kebudayaan kepada generasi muda, kegiatan yang bertujuan mempersiapkan siswa untuk menjadi...

00

Kuliah di Sumatera, khususnya di kampus swasta, pilihannya di mana saja, sih? Ngomongin soal pilihan kampus, seperti kampus swasta di Sumatera, bisa sangat personal, Sobat Pintar. Pilihan kampus yang cocok buat kamu belum tentu cocok pula buat orang lain, dan sebaliknya. Namun ada beberapa perguruan tinggi swasta di Sumatera yang terhitung favorit, nih. Apa saja kampus-kampus tersebut? Photo...

10

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog