redesain-navbar Portlet

Blog

RSS

Perencanaan Wilayah dan Kota adalah salah satu jurusan kuliah yang wajib banget dikepoin sama anak IPA dan IPS. Why oh why? Jadi begini, Sobat Pintar. Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, atau yang biasa disingkat PWK, sebenarnya ada di rumpun Saintek. Pastinya, anak IPA boleh banget masuk kuliah di jurusan ini. Nah, di sinilah serunya, Sobat. Jurusan PWK juga menerima calon mahasiswa yang...

60

Semua guru pasti ingin semua siswa aktif dan kreatif karena pada hakikatnya Pendidikan itu tidak hanya mengenai angka-angka. Belajar adalah suatu proses aktif siswa dalam membangun pengetahuannya, bukan proses pasif yang hanya mendengarkan ceramah guru saja. Jika pembelajaran tidak memberikan kesempatan pada siswa untuk berperan aktif, maka pembelajaran tersebut dapat dikatakan bertentangan...

00

Analytical exposition adalah salah satu jenis teks yang berfungsi menginformasikan kepada pembaca tentang bahasan yang berkaitan dengan fenomena atau isu yang ada. Kita langsung aja yuk, sekarang ke pembahasan lengkapnya di bawah ini, Sobat Pintar! Pengertian Analytical Exposition  Photo by Lukas on Pexels Apa sih analytical exposition itu? Analytical exposition adalah salah satu jenis...

50

Ice breaking saat pembelajaran daring? Kenapa tidak! Saat sekolah dilaksanakan secara online, banyak siswa mengeluh bosan jika hanya mendengarkan gurunya berceramah dari awal pelajaran hingga kelas selesai. Untuk membangkitkan gairah siswa saat belajar Guru pintar harus memberikan kegiatan ice breaking. Ide ice breaking online yang menarik dapat Guru pintar dapatkan dari mana saja, misalnya...

00

Soft skill sering diartikan sebagai keterampilan interpersonal yang sangat dibutuhkan saat berinteraksi dengan orang lain seperti komunikasi, leadership, networking, public speaking, negosiasi, persuasi, dan lain sebagainya. Selain itu soft skill juga mencakup keterampilan intrapersonal. Keterampilan intrapersonal merujuk pada kemampuan seseorang untuk mengatur dirinya sendiri seperti kesadaran...

00

Percaya atau tidak, ternyata kini kuliah di di luar negeri justru lebih murah dibandingkan dengan kuliah di negara sendiri. Predikat lulusan universitas luar negeri akan lebih memudahkanmu untuk mencari pekerjaan, tak hanya di negara sendiri tetapi juga di mancanegara. Tidak bisa dipungkiri bahwa CV lulusan luar negeri lebih menarik untuk dilirik oleh HRD di perusahaan. Inilah mengapa banyak...

180

Ada nggak, universitas yang menjamin langsung kerja bagi lulusannya? Kecuali ikatan dinas, jawabannya tentu tidak. Tapi alumni dari beberapa universitas selama ini memiliki reputasi yang baik di dunia kerja, sehingga adik-adik tingkat dari almamater yang sama memiliki peluang lebih besar untuk memasuki pasar kerja. Siapa adik-adik tingkat ini? Ya, kita-kita inilah, Sobat Pintar. Kalau begitu,...

90

Perencanaan Pembelajaran adalah hal pertama yang harus Guru pintar siapkan sebelum proses belajar mengajar berlangsung. Persiapan guru sebelum mengajar salah satunya adalah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dibuat berdasarkan silabus untuk menjadi pedoman...

00

Jika dibandingkan dengan jurusan-jurusan populer yang lain, seperti Teknik Sipil atau Manajemen, Jurusan Geofisika tak dijumpai di hampir setiap universitas. Dengan kata lain, tak banyak universitas yang ada Jurusan Geofisika di Indonesia. Padahal kita membutuhkan ahli-ahli Geofisika agar tahu lebih banyak lagi tentang bumi yang kita diami selama ini.   Bumi, dan Segala yang Ada di Dalamnya ...

50

Guru merupakan elemen penting dalam keberhasilan Pendidikan. Oleh karena itu, untuk menjadi seorang guru wajib memenuhi kualifikasi yang wajib dimiliki oleh seorang guru. Dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen pasal 10, yang diatur kemudian dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan...

00

Siapa nih, yang bercita-cita kuliah Jurusan Desain Grafis? Ketika yang lain pengin jadi dokter atau pilot, memang ada yang pengin jadi Sarjana Desain. Bukan berarti salah satu lebih baik ketimbang yang lain ya, Sobat. Selain soal pilihan, sebagian kita memang punya bakat, kemampuan, dan passion di bidang desain. Kalau udah gitu, sayang banget dong, jika sampai disia-siakan. Iya, nggak? Tapi...

80

Salah satu keluhan yang sering dilontarkan siswa saat belajar di kelas daring adalah rasa bosan yang mendera selama pembelajaran di kelas. Menumbuhkan minat belajar siswa menjadi tantangan yang harus ditaklukkan. Rasa bosan atau jenuh memang tidak hanya terjadi saat pembelajaran daring saja, saat pembelajaran luring atau tatap muka pun murid kerap memperlihatkan rasa jenuhnya saat belajar. Hal...

10

Ekonomi dan studi pembangunan adalah bidang yang sangat vital, terutama bagi negara berkembang seperti Indonesia. Siapa sih yang tak tahu Ibu Menkeu kita saat ini? Beliau, Ibu Sri Mulyani, adalah alumnus Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Indonesia. Jurusan yang juga dikenal dengan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan ini memang menawarkan prospek yang moncer. Jangan dikira hanya Sobat...

30

Dalam Bahasa Jawa, guru merupakan singkatan dari digugu lan ditiru. Guru sebagai orang yang digugu  dan ditiru memiliki maksud bahwa seorang guru adalah orang yang dapat dipercaya dan dapat dijadikan teladan setiap sikap dan tindak tanduknya. Guru Pintar pasti sudah mengetahui bahwa seorang guru tidak hanya bertanggung jawab untuk mengajar mata pelajaran saja, lebih dari itu guru harus...

00

Berdasarkan laporan PISA yang dirilis pada tahun 2018, skor membaca Indonesia ada di peringkat 72 dari 77 negara. Skor matematika Indonesia ada di peringkat 72 dari 78 negara. Sedangkan skor sains ada di peringkat 70 dari 78 negara. Jika dibandingkan hasil tes PISA pada tahun 2015, skor PISA Indonesia tahun 2018 mengalami penurunan di semua bidang. Saat itu,  skor membaca Indonesia ada di...

00

Pembelajaran jarak jauh masih harus tetap dilakukan meskipun wacana  pembelajaran tatap muka sudah mulai digaungkan. Sayangnya, karena kasus penularan virus corona yang semakin bertambah saja, para siswa dan guru tidak punya pilihan selain bertatap muka secara maya. Distance learning atau pembelajaran jarak jauh adalah pembelajaran yang harus dilakukan tanpa harus bertatap muka secara...

00

Kalau masuk SMA jurusan IPS, pilihan kuliahnya bisa di jurusan apa saja, sih? Nah, pertanyaan kayak gini suka nongol di kepala nggak, Sobat? Buat Sobat Pintar kelas IX yang lagi galau mau masuk IPA atau IPS, juga Sobat Pintar yang sampai overthinking saat harus memilih jurusan kuliah di rumpun Soshum, wajib banget nih, kepo sama lima jurusan kuliah IPS yang banyak diminati berikut ini.   ...

90

Percaya diri adalah salah satu sifat penting yang wajib Guru pintar miliki. Seorang guru adalah figur yang menjadi pusat perhatian semua siswanya. Guru pintar harus tampil prima memberikan teladan sekaligus rasa aman dan nyaman pada siswa. Supaya dapat menjalankan tugasnya dengan optimal, maka Guru pintar wajib memiliki kesehatan fisik, mental dan memiliki kepercayaan diri. Seorang guru yang...

00

Salah satu dampak nyata dari Revolusi Industri di Inggris yang terjadi sekian tahun silam adalah keberadaan mesin dan perannya dalam kehidupan kita sehari-hari di masa kini. Contoh sederhananya, siapa sih yang enggak pakai mobil atau motor saat ini? Pesawat, kapal, hingga barang-barang elektronik yang ada di rumah juga termasuk mesin. Itulah sebabnya, ilmu tentang mesin adalah salah satu bidang...

50

Boomers lebih mengenalnya sebagai Jurusan Administrasi Negara. Kita beda, dong. Kalau versi kita, jurusan ini dikenal sebagai Jurusan Administrasi Publik. Enggak, enggak gitu kok, Sobat. Bukan berarti ada segmentasi soal nama jurusan ini. Hanya saja, jurusan ini memang mengalami pembaruan nama di sebagian kampus, menjadi Jurusan Administrasi Publik. Kalau ada kampus lain yang tetap menyebutnya...

20

CssBlog

metablog-web Portlet