APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil)

Ada beberapa jurusan kuliah yang lebih banyak dibutuhkan untuk mengisi formasi tertentu pada rekrutmen CPNS.

Photo by just baf on Pexels

Kalo mau jadi PNS kuliah jurusan apa, ya? Kamu pernah bertanya-tanya kayak gini ga, Sobat Pintar? Menjadi PNS biasanya impian banyak orang tua buat kita, tetapi itu bukan tanpa alasan. Dengan adanya kepastian pekerjaan dan pensiun, orang tua cenderung merasa tenang dan berharap hidup kita aman dan tenteram, jauh dari PHK. Namun ada juga kok, Gen Z yang punya pemikiran kayak gitu!

 

Kenapa dan Bagaimana Menjadi PNS?

jurusan yang bisa jadi pnsjurusan yang bisa jadi pns
Photo by Adismara Putri Pradiri on Unsplash

Entah karena dorongan orang tua atau kamu sendiri yang tertarik, status PNS itu enggak kaleng-kaleng, loh. Seperti telah disebutkan di atas, stabilitas pekerjaan dan pensiun yang teratur menjanjikan penghasilan jangka panjang bahkan setelah masa kerja selesai. Buat sebagian orang, bekerja sebagai PNS itu oke banget karena tugas, penghasilan bulanan, tunjangan, asuransi kesehatan, cuti, juga pengembangan karier tinggal mengikuti peraturan yang berlaku. Menjadi PNS pun punya prestise tersendiri. Udah gitu, ada banyak pilihan jurusan untuk menjadi PNS, pula!

Pendaftaran CPNS 2023 untuk formasi pusat dan daerah pada bulan September nanti, misalnya, terdiri dari tenaga dosen, guru, kesehatan, dan teknis. Lulusan Sekolah Kedinasan dialokasikan untuk mengisi formasi daerah saja. Nah, jurusan kuliahnya, apa aja tuh? Tergantung formasi yang kamu pilih, Sobat. Syarat pendaftaran CPNS 2023 untuk formasi Ahli Pertama Pranata Peradilan di Mahkamah Agung, misalnya, adalah Sarjana Hukum, Ilmu Hukum, Hukum Islam, atau Syar'iyah (Ahwal Syakhsiyah/Jinayah/ Siyasah Syar'iyah/Muamalah).

Setelah lulus tes, kamu akan berstatus sebagai CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Kamu harus mengikuti dan lulus pelatihan prajabatan dahulu, baru berstatus sebagai PNS. Kalau begitu, berkaca pada ragam formasi di atas, apa saja jurusan Calon Pegawai Negeri Sipil yang kira-kira bakal dibutuhkan di tahun-tahun mendatang setelah kamu lulus kuliah?

 

Apa Saja Jurusan Kuliah yang Cepat jadi PNS?

jurusan kuliah yang cepat jadi pns
Photo by Amina Filkins on Pexels

Formasi guru, misalnya, biasanya diisi oleh Sarjana Pendidikan Geografi, Matematika, Bahasa Indonesia, dan lain-lain. Sedangkan formasi kesehatan mungkin bakal diisi oleh dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, dan seterusnya. Dari sini, kita dapat memperkirakan kalau kamu mau menjadi PNS kuliah jurusan apa. Berikut beberapa rekomendasi jurusan CPNS yang mungkin bakal dibutuhkan pada formasi pendaftaran CPNS di tahun-tahun yang akan datang.

1. Pendidikan dan Ilmu Murni

Seiring dengan banyaknya guru PNS yang akan purna tugas, maka dibutuhkan guru-guru baru untuk mengajar di sekolah. Kebutuhan yang sama juga berlaku untuk profesi dosen. Jurusan PNS untuk guru biasanya dari jurusan pendidikan, seperti Pendidikan Sejarah, Pendidikan Biologi, Pendidikan Seni, dan lain sebagainya. Sementara untuk dosen, jurusan kuliah yang bisa jadi PNS biasanya sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing, seperti Sastra Inggris, Seni Tari, Ekonomi Pembangunan, dan lain-lain.

2. Kesehatan

Pada formasi CPNS 2023, tenaga kesehatan yang dibutuhkan adalah apoteker, dokter, asisten penata anestesi, asisten apoteker, dokter pendidik klinis, bidan, dokter gigi, epidemiolog kesehatan, entomolog kesehatan, ortotis prostetis, fisioterapis, pembimbing kesehatan kerja, okupasi terapis, nutrisionis, dan penata anastesi. Bila sebagian profesi-profesi ini masih dibutuhkan di tahun-tahun mendatang, diperkirakan jurusan yang banyak jadi PNS adalah Kedokteran, Farmasi, Keperawatan, Kebidanan, Kedokteran Gigi, maupun Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

3. Ekonomi

Ada lagi nih, Sobat, jurusan kuliah yang banyak jadi PNS. Iya, ekonomi! Pilihannya macam-macam loh, seperti Administrasi Negara, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, atau Administrasi Publik. Orang-orang ekonomi ini dibutuhkan di hampir setiap lembaga dan kementerian untuk, misalnya, audit dana.

4. Teknik

Untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga teknis, dibukalah formasi CPNS yang biasanya diisi oleh anak-anak teknik. Kalau kamu calon mahasiswa teknik, banyak jurusan yang bisa menjadi PNS, seperti Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Planologi, dan lain-lain. Beda lembaga atau kementerian biasanya membutuhkan alumni dari jurusan teknik tertentu.

5. Sosial Politik

Yang bisa menjadi PNS itu enggak cuma anak Sains, kok. Ada banyak jurusan kuliah yang cepat jadi PNS di bidang ilmu-ilmu sosial, seperti Ilmu Komunikasi, Manajemen dan Kebijakan Publik, Ilmu Pemerintahan, Hubungan Internasional, dan masih banyak lagi.

6. Matematika dan Statistika

Alternatif jurusan yang bisa jadi PNS berikutnya adalah Matematika dan Statistika. Dua jurusan ini punya alumni yang bakal dibutuhkan oleh lembaga dan kementerian yang sedang dalam masa transformasi digital. Enggak sedikit loh, Sobat, analis data yang background­-nya dari Jurusan Matematika atau Statistika.

Formasi guru dan tenaga kesehatan pada rekrutmen CPNS 2023 mencapai hampir 80 persen karena kebijakan pemerintah saat ini adalah pada peningkatan pelayanan dasar. Agar dapat memperkirakan jurusan yang banyak jadi PNS disaat mengikuti tes CPNS nanti, kamu harus tau juga fokus pembangunan dan kebijakan pemerintah pada saat itu, Sobat.

Perlu diingat, dengan menjadi PNS, kamu harus siap dengan birokrasi yang kompleks, keterbatasan fleksibilitas kerja, dan proses perekrutan yang cukup panjang dan ketat. Menjadi PNS atau tidak, pada akhirnya keputusan itu harus dipertimbangkan dengan matang. Jika memang tekadmu sudah bulat, Sobat Pintar, pilihlah jurusan kuliah yang cepat jadi PNS, seperti yang telah disebutkan di atas.

50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog