APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Rss

Rumus bangun ruang ada banyak macamnya. Beda permukaan bangunnya, beda pula rumus yang digunakan untuk menghitung volumenya. Padahal terkadang membayangkan bentuknya aja udah sulit! Iya ga, Sobat Pintar? Baca juga: Rumus Luas Prisma Segitiga - Cara Hitung dan Penjelasan Lengkap Coba deh, sekarang kamu bayangkan sedang berada di sebuah acara perayaan ulang tahun. Kira-kira ada bangun apa saja...

50

Pestisida adalah bahan kimia yang umum di gunakan untuk mengendalikan atau membunuh hama. Di rumah ada sepetak kebun, Sobat Pintar? Kalau ada lahan atau pot di rumah untuk bertanam sayuran, buah-buahan, bahkan tanaman hias, pestisida biasanya digunakan untuk melindungi tanaman-tanaman tersebut dari hama dan penyakit. Meskipun bermanfaat, sayangnya pestisida juga punya dampak negatif. Bahkan...

10

Polimerisasi terjadi ketika monomer atau molekul-molekul kecil bergabung membentuk polimer atau molekul besar. Nah, apa yang dimaksud dengan polimer atau molekul yang besar itu? Yuk, Sobat Pintar, kali ini kita belajar semua hal tentang polimer! Baca juga: Mengenal Apa Itu Sifat Kimia, Perbedaan dan Contohnya   Pengertian Polimer Photo by Venti Views on Unsplash Polimer adalah struktur...

00

Bahasa cinta setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang mengungkapkan rasa sayangnya dengan bilang I love you. Sebentara buat sebagian orang yang lain, ungkapan verbal yang cheesy seperti itu... enggak banget, deh! Bagi mereka, cara menunjukkan rasa sayang adalah melalui tindakan. Mama, misalnya, sering menelpon untuk memastikan kita baik-baik saja. Papa selalu bawa makanan ringan setiap pulang...

00

Meringkas teks umumnya diperlukan untuk tujuan efisiensi waktu. Ketika harus membaca tentang penyebab gempa bumi atau perkembangan budaya Bali, misalnya, kita perlu meluangkan waktu yang tak sedikit agar dapat memahami seluruh penjelasan yang disampaikan. Kalau sekadar membaca untuk mengisi waktu sih, ga apa-apa, Sobat Pintar. Beda cerita kalau kamu kuliah dan harus membaca sekian jurnal...

20

Cerita hikayat pernah viral pada masanya, tepatnya ketika kesultanan Melayu sedang berjaya. Kisahnya pun bermacam-macam. Ada hikayat yang bercerita tentang kepahlawanan, cinta, petualangan, sampai mitologi. Nah, kamu sudah pernah membaca cerita hikayat atau belum, Sobat Pintar? Kira-kira hikayat itu mirip dengan cerpen ga, sih? Biar enggak penasaran, simak penjelasan berikut ya! Baca juga: 10...

10

Kemampuan literasi peserta didik menjadi salah satu fokus pengembangan Kurikulum Merdeka. Menurut KBBI, literasi adalah kemampuan membaca dan menulis. Jika demikian, bukankah kita sudah mengedepankan literasi selama mengajar, Guru Pintar? Lantas kenapa literasi masih menjadi pokok bahasan dalam Kurikulum Merdeka? Jangan-jangan kita punya pemahaman yang berbeda mengenai literasi? Kalau begitu,...

10

Apa fungsi teks tanggapan? Bagaimana cara menyusun teks tanggapan? Eiitts! Sebentar, deh. Kamu sudah tau belum sih, Sobat Pintar, apa itu teks tanggapan? Baca juga: 8 Contoh Teks Argumentasi, Pahami Struktur serta Jenisnya Kamu pasti pernah mendengar atau melihat seseorang memberikan penilaian terhadap benda atau objek yang ada di sekitarnya. Penilaian tersebut bisa jadi sama ataupun berbeda....

10

Kampus Merdeka sebenarnya enggak mewajibkan magang. Justru program ini memberi kita kebebasan untuk memilih kegiatan yang dirasa sesuai dengan passion masing-masing. Namun dari sekian pilihan kegiatan yang ada, magang terbilang lebih unggul karena beberapa alasan, Sobat Pintar. Baca juga: Magang Kampus Merdeka di Aku Pintar Dengan mengikuti program magang, kita punya kesempatan untuk...

00

Percakapan dalam bahasa Inggris, membayangkannya saja, bisa bikin kita merasa terintimidasi. Padahal kan, kita belajar bahasa asing biar bisa berdialog dengan orang lain di tempat-tempat umum, ga sih? Apalagi, bahasa Inggris sudah menjadi alat komunikasi global yang vital. Namun kamu masih suka canggung atau bingung dalam percakapan bahasa Inggris? Tenang, Sobat Pintar. Kamu enggak sendiri. ...

30

Jurusan yang banyak peluang kerjanya itu ada bermacam-macam, tetapi mungkin cuma Kimia yang fleksibilitasnya di atas rata-rata. Keterampilan yang diperoleh dari jurusan ini seolah menyiapkanmu untuk cepat beradaptasi dengan bidang pekerjaan yang baru. Isn't it cool, Sobat Pintar? Baca juga: Lulus Kuliah Teknik Sipil Kerja Apa? Ini Bocoran Prospek Kerja dan Gaji Sarjana Teknik Eiitts, ternyata...

30

Seleksi Mandiri 2024 menjadi fokus kita berikutnya setelah UTBK selesai. Enggak menunggu pengumuman SNBT, nih? Ga apa-apa dong, Sobat Pintar! Bukan berarti kita pesimis dengan hasil SNBT. Anggap saja iseng-iseng berhadiah, ya ga? Nah, the million dollar question-nya adalah: kamu mau ikutan Seleksi Mandiri 2024 itu di PTN atau PTS? Baca juga: Bobot Penilaian UTBK 2024, Pahami Biar Ga...

140

Soal Matematika kelas 6 biasa dicari menjelang ujian alih-alih digunakan sebagai latihan harian. Matematika sendiri merupakan mata pelajaran wajib yang sering dianggap sebagai pelajaran yang abstrak, sulit, dan kurang relevan. Padahal, konsep dan prinsip matematika banyak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Baca juga: Rumus Simpangan Baku Data Tunggal dan Kelompok, Contoh Soal dan...

20

Diferensiasi sosial membagi masyarakat ke dalam kelompok-kelompok yang berbeda berdasarkan karakteristik tertentu. Diferensiasi tersebut bisa berupa pendapatan, pekerjaan, pendidikan, dan lain sebagainya. Pendapatan, misalnya, berbeda antara satu orang dengan lainnya. Orang dengan pendapatan lebih tinggi cenderung diasosiasikan dengan pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus, dan sebaliknya. ...

00

Sistem penilaian UTBK enggak sama seperti cara penilaian ujian biasa di sekolah yang pernah kita ikuti. Kamu ingat ga, Sobat Pintar, udah berapa kali mengikuti ujian selama sekolah? Biasanya nilai dihitung dari berapa jumlah soal yang dijawab dengan benar, kan? Nah, cara penilaian UTBK enggak cuma begitu! Terus gimana dong, skor penilaian untuk UTBK? Sebelum pelaksanaannya selesai, kamu wajib...

20

Universitas yang menyediakan beasiswa tahfidz sekarang tuh banyak banget loh, Sobat Pintar! Kalau kamu hafiz Qur'an, beasiswa tahfiz itu sayang banget kalau disia-siakan! Eitts, jadi ini beasiswa tahfidz atau hafiz, sih? Jangan bingung, Sobat. Kata tahfidz berasal dari bahasa Arab, yang berarti menghafal. Menurut KBBI, tahfiz sendiri berarti hafalan. Sementara hafidz adalah orang penghafal Al...

00

Perubahan kimia adalah proses transformasi zat yang kita pelajari dalam ilmu kimia. Zat-zat yang mengalami proses perubahan tersebut masing-masing memiliki karakteristik yang membedakannya antara satu dengan yang lain. Dalam ilmu kimia, karakteristik tersebut dikenal juga dengan sifat zat, yang terdiri dari sifat fisika dan kimia. Apa bedanya dan seperti apa contohnya? Yuk, kita pelajari,...

00

Tes psikotes bisa dibilang sebagai satu-satunya tes yang unik. Jamaknya, sebuah tes bertujuan untuk menguji kemampuan peserta tes. Itulah mengapa setiap butir soal tes memiliki jawaban benar. Namun tidak demikian dengan tes psikotes. Dalam psikotes, tidak ada jawaban benar dan salah yang bersifat mutlak. Tidak ada peserta tes yang gagal atau berhasil mengikuti psikotes. Hasil psikotes hanya...

00

Kalimat argumentasi yang disusun dengan baik akan menghasilkan teks argumentasi yang baik pula. Kamu pasti tahu kan, Sobat Pintar, kalau kalimat argumentasi itu berisi pendapat? Pertanyaannya, apakah teks argumentasi itu teks yang berisi pendapat? Ehm... Jujurly, enggak bisa dibilang sesederhana itu, Sobat. Biar lebih paham tentang teks argumentasi, sebaik kamu memahami doi, yuk baca...

00

FOMO adalah bahasa gaul yang muncul sekitar awal tahun 2000-an. Kata ini pasti sudah sering berseliweran di medsosmu kan, Sobat Pintar? Namun pernah ga sih, kamu bertanya-tanya pada diri sendiri, sebenarnya kamu termasuk FOMO, ga? Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Insecure yang Dapat Dilakukan Sekarang Juga   Pengertian FOMO Photo by sebastiaan stam on Unsplash FOMO itu singkatan loh,...

00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog