redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Statistika

Rumpun Ilmu Statistika
Pelajaran Terkait Statistika
astro-jurusan

Apa itu Statistika ?

Statistika merupakan keilmuan yang mempelajari tentang suatu proses pengolahan data. Mahasiswa jurusan ini akan belajar cara mengumpulkan data, menganalisis, hingga menyajikan dan menginterpretasikan data agar dapat dibaca serta dipahami. Data-data tersebut dapat dijadikan sebagai acuan atau informasi sebelum pengambilan keputusan.

Mengapa harus

Jurusan Statistika ?

  • Prospek pekerjaan yang luas dan menjanjikan
  • Seorang ahli statistika sangat dibutuhkan hampir di setiap perusahaan. Tidak hanya yang ada di sektor swasta, bahkan lembaga instansi pemerintahan hingga industri media pun membutuhkan lulusan jurusan ini. Oleh karena itu, sarjana statistika punya peluang kerja yang luas dan menjanjikan.

  • Keahlian yang bisa dimanfaatkan di segala bidang
  • Ilmu mengelola data yang dipelajari selama perkuliahan di jurusan ini bisa diaplikasikan ke segala bidang. Sebab dengan ilmu yang dimiliki lulusannya dapat membantu menyusun kebijakan, menentukan program, ataupun mengeluarkan produk-produk tertentu.

  • Keilmuan yang banyak dibutuhkan di dunia kerja
  • Belajar statistik mungkin terdengar menjenuhkan karena selalu berhadapan dengan angka, tetapi ilmu ini sangat dibutuhkan di dunia kerja. Sobat pintar yang sudah terbiasa berkutit dengan data tidak akan kewalahan lagi ketika bekerja nanti.

  • Pengaplikasian ilmu yang mendukung industri era digital
  • Ilmu statistika juga dapat digunakan untuk mengelola big data di industri era digital seperti sekarang ini, lho. Sobat pintar yang mengambil jurusan ini punya peluang menjadi seorang digital marketing maupun analyst data di perusahaan swasta atau start up.

Apa yang dipelajari?

Jurusan Statistika mempelajari statistika dan penerapannya di berbagai bidang, khususnya di bidang industri dan bisnis, komputasi, ekonomi finansial dan aktuaria, sosial dan kependudukan, serta lingkungan dan kesehatan. Mahasiswa jurusan akan belajar cara mengumpulkan data, menganalisis, hingga menyajikan dan menginterpretasikan data agar dapat dibaca serta dipahami.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Mahasiswa jurusan statistika mahir dalam perhitungan dan angka.
  • Mahasiswa jurusan statistika akan memiliki kemampuan dasar programming yang banyak dibutuhkan industri kerja era kini.
  • Sarjana statistika memiliki kemampuan analisa, mampu mengorganisasi, dan membaca data dengan baik.
  • Sarjana jurusan ini dituntut menjadi problem solver yang mampu mengambil kebijakan yang tepat sesuai data yang dihimpun.
  • Sarjana statistika memiliki cara berkomunikasi yang baik dalam menyampaikan informasi berdasarkan data yang diperoleh.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

METODE STATISTIKA

icon mata kuliah

Fisika Dasar

icon mata kuliah

Aljabar Linier Elementer

icon mata kuliah

KIMIA 1 (KIMIA DASAR)

icon mata kuliah

'BIOLOGI UMUM'

icon mata kuliah

Logika dan Teori Bilangan

icon mata kuliah

ALJABAR LINEAR

icon mata kuliah

MATEMATIKA KEUANGAN

icon mata kuliah

Metode Numerik

icon mata kuliah

STATISTIKA MATEMATIKA

icon mata kuliah

Metode Statistika Lanjut

icon mata kuliah

ANALISIS REAL

Daftar Alumni Penting

Menteri Komunikasi dan Informatika RI periode 2014-2019)

alumni

Rudiantara

Profesor Biostatistik, Ilmuwan

alumni

Yudi Pawitan

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Statistika

redesain-navbar Portlet