redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Aktuaria

Rumpun Ilmu Statistika
Pelajaran Terkait Statistika
astro-jurusan

Apa itu Aktuaria ?

Aktuaria adalah sebuah jurusan kuliah di perguruan tinggi pada Program Sarjana. Jurusan kuliah ini dikenal juga dengan nama Aktuaria, Ilmu Aktuaria, atau Sains Aktuaria (Actuarial Science). Secara tak resmi jurusan ini kerap disebut sebagai Matematika Asuransi, apalagi banyak universitas yang menempatkan Aktuaria sebagai bagian dari Fakultas Matematika dan IPA. Peminatan Aktuaria biasanya ditawarkan pada semester lima atau enam, meliputi Aktuaria Bencana, Aktuaria Kelautan, Aktuaria Syariah, Asuransi Umum, Dana Pensiun, dan Asuransi Jiwa. Lulusan Aktuaria bergelar Sarjana Ilmu Aktuaria (S.Aktr). Setelah lulus ujian profesi yang diselenggarakan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI), Sarjana Ilmu Aktuaria dapat menjalani profesi aktuaris.

Mengapa harus

Jurusan Aktuaria ?

  • Prospek aktuaris terbuka lebar di Indonesia
  • Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pernah mencanangkan program 1000 aktuaris lantaran tingginya kebutuhan akan profesi aktuaris di Indonesia. Saat ini diperkirakan kebutuhan tersebut baru tercukupi 50%-nya saja. Lagipula, setiap perusahaan asuransi diwajibkan memiliki setidaknya satu orang aktuaris berdasarkan Keputusan Menkeu tahun 2003. Sebagai perbandingan, sebuah perusahaan asuransi sebenarnya membutuhkan lebih dari empat atau lima orang aktuaris.

  • Peluang menjalani profesi lain di bidang keuangan
  • Setelah lulus kuliah di Jurusan Aktuaria, Sobat Pintar tidak harus mengikuti ujian dan menjadi aktuaris. Masih ada pilihan profesi lain bagi Sarjana Ilmu Aktuaria segera setelah lulus, tanpa tambahan ujian lagi, antara lain sebagai ekonom, akuntan, financial adviser, analis bisnis, analis risiko, underwriter, analis investasi, statistisi, dan lain sebagainya.

  • Minat dan kemampuan matematika
  • Kuliah Aktuaria membuatmu banyak berkutat dengan matematika, statistika, dan analisis. Jika Sobat Pintar selama ini memiliki minat pada hal-hal tersebut, kuliah Aktuaria akan terasa bagai tantangan yang seru. Apalagi untuk lulus ujian profesi, ada 10 mata uji yang harus dilalui secara bertahap. Minat yang kuat dan kemampuan yang baik akan sangat dibutuhkan selama kuliah Aktuaria.

  • Pilihan jurusan yang terbuka bagi seluruh calon mahasiswa
  • Untuk menjadi mahasiswa Aktuaria, Sobat Pintar tidak harus berasal dari kelas IPA di SMA. Jurusan ini sebenarnya terbuka bagi anak IPS maupun SMK, asalkan lulus seleksi masuk kuliahnya serta memiliki minat dan kemampuan di bidang matematika.

Apa yang dipelajari?

Aktuaria adalah ilmu tentang matematika, probabilitas, keuangan, dan statistika, yang digunakan untuk mempelajari risiko keuangan di masa yang akan datang. Ilmu matematika yang dipelajari di Jurusan Aktuaria digunakan untuk menghitung peluang dan prediksi, sekaligus menganalisis dampak dan risiko yang akan terjadi. Kalkulasi atau pengelolaan risiko di masa mendatang ini biasanya dibutuhkan untuk asuransi, jaminan sosial, dana pensiun, perbankan, investasi, jaminan sosial, dan lain-lain.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Berpikir matematis dan strategis, terutama dalam manajemen risiko keuangan
  • Kemampuan aplikatif analisis dan bernalar
  • Kemampuan pengambilan keputusan yang kreatif dan solutif
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

Matematika Diskret

icon mata kuliah

Pemrograman Linear

icon mata kuliah

MATEMATIKA KEUANGAN

icon mata kuliah

PERSAMAAN DIFERENSIAL BIASA

icon mata kuliah

Matematika Pasar Modal

icon mata kuliah

Pemodelan Matematika

icon mata kuliah

STATISTIKA MATEMATIKA

icon mata kuliah

PROSES STOKASTIK DASAR

icon mata kuliah

MAGANG PROFESI

icon mata kuliah

ANALISIS DATA

icon mata kuliah

MIKROEKONOMI

icon mata kuliah

ANALISIS DERET WAKTU

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Aktuaria

redesain-navbar Portlet