APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Peta Belajar Bersama


Sobat Pintar, ayo kita cermati Peta Belajar bersama Fisika untuk bab keempat!


Yuk, mulai belajar bersama!

Konsep Gerak Lurus


Tahukah Sobat Pintar, Apa Itu Gerak Lurus ?


Dalam kehidupan sehari-hari kalian sering melakukan gerak lurus loh. Well gerak lurus adalah gerak suatu objek yang lintasannya berupa garis lurus. Benda dikatakan bergerak jika mengalami perpindahan dan menempuh jarak tertentu. Sobat Pintar, jarak dan perpindahan merupakan hal yang berbeda. Jarak merupakan besaran skalar dari seberapa jauh suatu benda telah melakukan perjalanan tanpa memperhatikan arah. Sedangkan perpindahan adalah besaran vektor seberapa jauh suatu benda telah berubah posisi, yang berarti seberapa jauh itu yang dihitung dari mana ia memulai.

Perhatikan gambar berikut!


 

Roni berlari dari A ke B, kemudian berbalik ke arah C. Jarak yang ditempuh oleh Roni adalah panjang lintasan dari A ke B, yakni 15 m, kemudian ditambah dari B ke C, yakni 5 m sehingga jarak total yang ditempuh adalah 20 m. Jarak yang dimaksud di sini adalah panjang lintasan yang dilalui Roni dan tidak bergantung ke mana arah Roni berlari.

Bagaimana dengan perpindahannya? Perpindahan Roni adalah dari A ke C.

Mengapa demikian? Seperti yang telah dipelajari sebelumnya, perpindahan merupakan besaran vektor sehingga perpindahan Roni hanya dilihat dari perubahan kedudukannya. Pertama di posisi A, kemudian berubah kedudukan akhirnya di C. Besarnya perpindahan Roni adalah 10 m dan arahnya dari A ke C.

Gerak lurus dibagi menjadi dua

  • Gerak Lurus Beraturan (GLB)
  • Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Gerak Lurus Beraturan

Sobat Pintar, mari kita lanjut ke topik berikutnya..
 

Gerak Lurus Beraturan (GLB) adalah salah satu jenis gerak dalam fisika yang lintasannya berupa garis lurus dan kecepatan pergerakannya tetap (konstan). Karena memiliki kecepatan yang tetap, maka dalam Gerak Lurus Beraturan (GLB) tidak terjadi perubahan kecepatan, baik itu percepatan atau perlambatan. Dengan kata lain percepatan sama dengan nol (a = 0).

Berdasarkan konsep ini, maka kita dapat mengetahui hukum yang berlaku pada benda selama terjadinya Gerak Lurus Beraturan (GLB), yaitu Hukum Newton 1. Benda akan tetap diam atau bergerak lurus beraturan jika resultan (penjumlahan) gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol.

Nah perlu diketahui bahwa biasanya Gerak Lurus Beraturan (GLB) hanya terjadi dalam kurun waktu tertentu sebelum akhirnya terjadi perubahan kecepatan (percepatan atau perlambatan) baik itu akibat pengaruh dari gaya lain atau pun karena kemampuan pergerakan benda itu sendiri.

Gerak Lurus Beraturan (GLB) mempunyai 3 ciri utama, yaitu :

  • Lintasannya berupa garis lurus
  • Kecepatannya konstan (tetap sama)
  • Percepatan sama dengan nol


 

Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Sobat Pintar sebelumnya sudah mengetahui besaran - besaran fisika penting dalam Gerak Lurus Beraturan, sekarang mari kita bahas rumus dari Gerak Lurus Beraturan.

Sesuai dengan besaran – besaran yang mempengaruhinya, berikut adalah rumus untuk Gerak Lurus Beraturan (GLB)
v = s / t
s = v x t
t = s / v

Keterangan :
v = kecepatan (m/s)
s = jarak (m)
t = waktu (s)

Berikut ini merupakan grafik kecepatan terhadap waktu


Grafik 1. Grafik v terhadap t
 


 

Latihan 1

Kerjakan soal di bawah ini dengan benar!

Ambar mengendarai sepeda motor dengan kecepatan 45 km/jam. Jarak yang ditempuh Ambar selama 1 menit adalah ….
 

A. 250 m

B. 500 m

C. 750 m

D. 900 m

E. 950 m

Kerjakan soal di bawah ini dengan benar!

Seekor semut bergerak dari titik A menuju titik B pada seperti terlihat pada gambar berikut!


Jika r = 2 m, dan lama perjalanan semut adalah 10 sekon. Berapakah kecepatan rata-rata semut?
 

A. 0,2 m/s

B. 0,2 akar 2 m/s

C. 0,3 akar 2 m/s

D. 0,4 m/s

E. 0,5 m/s

Latihan 3

Kerjakan soal di bawah ini dengan benar!

Sebuah partikel bergerak dari titik A menuju titik B kemudian menuju titik C pada sumbu koordinat seperti gambar di bawah. Berapakah perpindahan dan jarak tempuh partikel dari A hingga C ?

 

A. 12 m dan 4 m

B. 4 m dan 12 m

C. 14 m dan -4 m

D. -4 m dan 14 m

E. -14 m dan -4 m

Latihan 4

Kerjakan soal di bawah ini dengan benar!

Aura diminta berlari di lapangan sepak bola. Dari titik pojok lapangan sekolah dia berlari ke Timur hingga sejauh 80 m dalam waktu 25 sekon. Kemudian melanjutkan ke arah utara hingga sejauh 60 m dalam waktu 15 sekon. Berapakah kecepatan rata-rata Aura ?

A. 2,5 m/s

B. 3,5 m/s

C. 4,5 m/s

D. 5,5 m/s

E. 6,5 m/s

Latihan 5

Kerjakan soal di bawah ini dengan benar!

Sebuah benda bergerak dengan mengikuti persamaan x = t2  + 2t – 2. Diketahui x adalah perpindahan yang ditempuh benda (dalam meter) dan t adalah waktu tempuh (sekon). Berapakah kecepatan rata-rata pada saat t = 1 s dan t = 2 s ?

A. 5 m/s

B. 10 m/s

C. 15 m/s

D. 20 m/s

E. 25 m/s

Pengertian Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)



 

Tahukah Sobat Pintar, Apa Itu Gerak Lurus Berubah Beraturan?

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) adalah salah satu gerak dalam fisika yang lintasannya berupa garis lurus yang kecepatannya berubah secara konstan terhadap waktu sehingga menimbulkan adanya perubahan kecepatan (percepatan atau perlambatan) yang tetap. 

Jika perubahan kecepatannya negatif (kecepatan benda menurun) maka disebut dengan perlambatan (a = -), sedangkan jika perubahan kecepatan positif (kecepatannya meningkat) maka disebut dengan percepatan (a = +).

Ciri – Ciri Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

  • Terjadi pada lintasan berupa garis lurus atau masih dapat dianggap sebagai lintasan yang lurus.
  • Perubahan kecepatan benda tetap atau konstan
  • Memiliki kecepatan awal, jika keadaan awalnya dalam posisi diam maka kecepatan awal sama dengan 0.
  • Dipengaruhi oleh ketinggian.

Besaran Fisika dalam Gerak Lurus Berubah Beraturan

Sobat Pintar, sekarang kita belajar yuk terkait besaran-besaran dalam gerak lurus berubah beraturan!

Kecepatan (v)

Kecepatan adalah salah satu besaran dalam fisika yang menunjukkan seberapa cepat sebuah benda berpindah dari suatu tempat ke tempat lainnya. Satuan internasional yang digunakan untuk kecepatan adalah meter per sekon (m/s). Simbol dari kecepatan adalah v (huruf kecil).

Jarak (s)

Jarak adalah salah satu besaran dalam fisika yang menunjukkan seberapa jauh suatu benda berubah posisi dalam lintasan tertentu. Satuan Internasional (SI) untuk jarak adalah meter (m). Hasil dari Jarak dapat diperoleh dari perkalian kecepatan dengan waktu tempuh.

Sobat Pintar, “jarak” itu berbeda dengan “perpindahan”loh!
Jarak adalah angka yang menunjukkan seberapa jauh suatu benda berubah posisi dengan mengkur lintasan yang dilaluinya. Sedangkan perpindahan adalah angka yang menunjukkan seberapa jauh suatu benda berubah posisi dengan mengabaikan panjang lintasan yang dilaluinya.

Contohnya, Sebuah mobil balap melaju dari titik start, mengelilingi 1 lintasan yang panjangnya 2 kilometer, kemudian berhenti kembali di titik start pada posisi yang sama sebelum ia mulai melintas. “Jarak” yang dilalui mobil itu adalah 2 km, sedangkan perpindahannya adalah 0 (karena dia memulai dan berhenti pada lokasi yang sama).

Waktu tempuh (t)

Waktu tempuh adalah waktu yang dibutuhkan oleh suatu benda untuk berpindah dari suatu posisi ke posisi yang lain dalam kecepatan tertentu. Satuan Internasional untuk waktu tempuh adalah sekon (s). Waktu tempuh dapat diperoleh dari hasil pembagian jarak dengan kecepatan.
 

Macam-Macam Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Secara umum Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) terbagi menjadi 2 macam yaitu :

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dipercepat
GLBB dipercepat adalah gerak lurus berubah beraturan yang kecepatannya semakin meningkat seiring berjalannya waktu, sehingga terjadi percepatan yang konstan (a = +)

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) diperlambat
GLBB diperlambat adalah gerak lurus berubah beraturan yang kecepatannya semakin menurun seiring berjalannya waktu, sehingga terjadi perlambatan yang konstan (a = -)

Nah Sobat Pintar, setelah ini kita akan membahas penerapan GLBB. Yuk Simak materi selanjutnya....
 

Penerapan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Sobat Pintar, terdapat beberapa penerapan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) adalah :

a. Gerak Jatuh Bebas


 

Pada Gerak Jatuh Bebas (GJB), pergerakan benda hanya dipengaruhi oleh gaya gravitasi dan gaya gesek dengan udara. Gerak jatuh bebas merupakan gerakan yang terjadi tanpa adanya kecepatan awal pada benda (kecepatan awal sama dengan nol).

Contohnya adalah ketika buah jatuh ke tanah dari pohonnya. Kecepatan yang terjadi pada gerak jatuh bebas terus berubah dan bertambah tergantung dari ketinggiannya. Selama terjadinya GJB, pergerakan benda akan dipengaruhi oleh dua gaya utama, yaitu gaya gravitasi yang membuat kecepatannya bertambah dan gaya gesek dengan udara yang menghambat penambahan kecepatan, dalam hal ini gaya gravitasi arahnya selalu berlawanan dengan gaya gesekan benda.

b. Gerak Vertikal Ke Bawah

Nah kalau, Gerak Vertikal ke Bawah ini pergerakan benda dimulai dengan kecepatan awal dan lintasan pergerakan benda adalah vertikal ke bawah. Pada gerak vertikal ke bawah, kecepatan benda semakin lama akan semakin cepat sehingga terjadi percepatan pada benda. Percepatan ini dipengaruhi oleh gaya gravitasi sehingga nilai percepatannya sama dengan nilai percepatan gravitasi (a = g).

Gerak Vertikal ke Bawah harus memiliki kecepatan awal, apabila benda tersebut tidak memiliki kecepatan awal atau jatuh dengan sendirinya maka gerakan yang terjadi adalah Gerak Jatuh Bebas (GJB). Contoh gerak vertikal ke bawah adalah ketika kita melempar batu dari ketinggian tertentu.


 

c. Gerak Vertikal Ke Atas


 

Sobat Pintar, Gerak Vertikal ke Atas adalah salah satu bentuk Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Pada gerak vertikal ke atas, semakin lama kecepatan benda akan semakin berkurang karena ditolak oleh gaya gravitasi, sehingga pada saat mencapai ketinggian tertentu benda tersebut akan berhenti dan jatuh kembali ke tanah. Nah Sobat, gerakan saat jatuhnya benda ke tanah ini disebut dengan Gerak Jatuh Bebas. Karena perubahan kecepatannya dipengaruhi oleh gaya gravitasi, maka percepatan yang dipakai pada gerak vertikal ke atas adalah percepatan gravitasi itu sendiri, tetapi nilainya negatif karena gaya gravitasi membuat benda akan semakin lambat (perlambatan).

Contoh dari gerak vertikal ke atas adalah ketika kita melemparkan batu ke atas. Gerakan batu sebelum menyentuh titik ketinggian tertinggi yang dapat dicapainya disebut dengan Gerak Vertikal ke Atas.
 

Percepatan dan Perlambatan

Sobat Pintar dalam GLBB pasti akan dipelajari percepatan dan perlambatan. Yuk simak penjelasan kakak berikut!

Percepatan dan Perlambatan (a)

Percepatan adalah perubahan kecepatan yang terjadi pada benda karena pengaruh gaya yang bekerja pada benda atau karena keadaan benda. Satuan Internasional untuk kecepatan adalah m/s² . Simbol yang digunakan untuk melambangkan percepatan adalah “a”.

Jika perubahan kecepatannya negatif (kecepatan benda menurun) maka disebut dengan perlambatan (a = -), sedangkan jika perubahan kecepatan positif (kecepatannya meningkat) maka disebut dengan percepatan (a = +).

Rumus GLBB adalah :
v = v0 + a.t
s = v0.t + 1/2a.t2
v2 = v02 + 2a.s

Keterangan:
v = kecepatan akhir (m/s)
v0 = kecepatan awal (m/s)
a = percepatan / perlambatan (m/s2)
t = waktu (s)
s = jarak (m)

Note :
Jika terjadi percepatan (kecepatan meningkat) maka tanda yang dipakai adalah tanda positif (sesuai dengan gambar di atas), Tetapi jika terjadi perlambatan (kecepatan menurun) maka tanda positif (+) di atas diubah menjadi tanda negatif (-)

Berikut ini merupakan tiga macam grafik pada GLBB


 

Gambar (1) Menunjukkan grafik hubungan percepatan dan selang waktu
Gambar (2) Menunjukkan grafik GLBB hubungan kecepatan dan waktu
Gambar (3) Menunjukkan grafik GLBB hubungan perpindahan dan selang waktu

Latihan 1

Kerjakan soal di bawah  ini dengan benar!

Sebuah benda bergerak dengan percepatan 8 m/s2. Jika kecepatan awal benda 6 m/s, tentukan kecepatan benda setelah menempuh jarak 4 m!
 

A. 10 m/s

B. 15 m/s

C. 20 m/s

D. 25 m/s

E. 30 m/s

Latihan 2

Kerjakan soal di bawah  ini dengan benar!

Dari gambar berikut, tentukan jarak tempuh dari A-B


 

A. 3 meter

B. 5 meter

C. 7 meter

D. 9 meter

E. 10 meter

Latihan 3

Kerjakan soal di bawah  ini dengan benar!

Adit mengendarai mobil Ferrari yang pada mulanya diam kemudian kelajuan mobil bertambah menjadi 20 m/s setelah 10 sekon. Berapakah percepatan mobil Adit?

A. 2 m/s2

B. 4 m/s2

C. 6 m/s2

D. 8 m/s2

E. 10 m/s2

Latihan 4

Kerjakan soal di bawah  ini dengan benar!

Terdapat mobil Lamborghini bergerak dipercepat dari keadaan diam. Jika percepatan mobil 40 m/s2, Berapakah kecepatan mobil tersebut setelah 5 sekon ?

A. 50 m/s

B. 75 m/s

C. 100 m/s

D. 150 m/s

E. 200 m/s

Latihan 5

Kerjakan soal di bawah  ini dengan benar!

Sebuah pesawat terbang dipercepat dari kecepatan 20 m/s menjadi 60 m/s dalam waktu 10 sekon. Berapakah jarak yang ditempuh pesawat dalam waktu tersebut?

A. 100 meter

B. 200 meter

C. 300 meter

D. 400 meter

E. 500 meter

redesain-navbar Portlet