redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Karakteristik Negara Maju

Sobat Pintar, kita akan mempelajari tentang negara maju!

Negara merupakan suatu bentuk wilayah berdasarkan segi administratif atau pengaturan pemerintahan. Menurut tingkat perkembangannya, negara-negara di dunia dikelompokkan menjadi dua kelompok besar, yaitu kelompok negara-negara maju dan kelompok negaranegara berkembang.

Pembagian antara kedua kelompok negara tersebut disebabkan oleh perbedaan karakteristik wilayah dari segi:

  1. lingkungan fisik, meliputi litosfer, atmosfer, dan biosfer;
  2. kondisi sosial ekonomi penduduk dan tingkat perkembangannya;
  3. variasi wilayah dalam sistem perekonomiannya.

Ketiga faktor di atas menyebabkan perbedaan bentuk lahan, iklim, air, sumber daya alam dan manusia, serta perbedaan aktivitas manusia. Setiap wilayah dikembangkan sesuai dengan karakteristik yang ada sehingga setiap wilayah mempunyai fungsinya masing-masing.

Di dalam tata kehidupan, fungsi wilayah dapat dibagi menjadi tiga bagian pokok, yaitu

  1. fungsi ekonomi berperan melayani kebutuhan ekonomi penduduk;
  2. fungsi sosial, berperan melayani kebutuhan sosial masyarakat;
  3. fungsi politik, berperan untuk pertahanan dan keamanan negara.

Ketiga fungsi itu menjadi satu kesatuan yang saling mengisi satu sama lain. Konsep di atas memberi penjelasan bagaimana terjadi perbedaan dan persamaan wilayah sehingga terdapat kelompok negara-negara maju dan kelompok negara-negara berkembang. Jumlah negara maju dan berkembang dapat berubah disebabkan oleh dinamika perkembangan yang terjadi pada negara masing-masing.

Ciri-ciri negara maju, antara lain;

  1. modal besar,
  2. penguasaan teknologi tinggi dan canggih,
  3. kualitas sumber daya manusia tinggi,
  4. pemasaran mencakup dalam dan luar negeri,
  5. produktivitas dan daya saing tinggi,
  6. pendapatan per kapita tinggi.

Masalah yang dihadapi negara maju tidak serumit di negara berkembang. Masalah utama yang dihadapi negara maju adalah kekurangan bahan mentah, meliputi minyak bumi, batu bara, dan lain-lain

Latihan 1

Ciri-ciri negara : 

  1. Angka kelahiran rendah
  2. Angka harapan hidup tinggi
  3. Pendapatan per kapita tinggi
  4. Pengetahuan rendah
  5. Penguasaan teknologi terbatas

Ciri-ciri negara maju ditunjukkan nomor….

A. 1, 2 dan 3

B. 1, 2 dan 5

C. 1, 4 dan 5

D. 2, 3 dan 4

E. 3, 4 dan 5

Latihan 2

Negara-negara maju di dunia kebanyakan menempati kawasan ….

A. Asia dan Afrika

B. Afrika dan Eropa

C. Eropa dan Amerika Utara

D. Amerika dan Asia

E. Amerika selatan dan Eropa

Latihan 3

Negara di Asia yang termasuk kategori negara maju adalah….

A. Indonesia dan Malaysia

B. Jepang dan Singapura

C. Thailand dan Myanmar

D. Filipina dan Laos

E. Indonesia dan Jepang

Latihan 4

Perhatikan hal-hal berikut!

  1. Iklim sedang
  2. Tenaga terampil banyak tersedia
  3. Tenaga unskilled banyak
  4. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
  5. Kualitas pendidikan tinggi
  6. Sumber daya alam memadai

Dari pernyataan di atas, hal-hal yang menyebabkan negara-negara Eropa Barat tergolong negara maju adalah nomor….

A. 1, 2, 3 dan 4

B. 1, 2, 4 dan 5

C. 1, 3, 4 dan 6

D. 2, 4, 5 dan 6

E. 3, 4, 5 dan 6

Latihan 5

Negara yang bukan anggota CGI adalah….

A. Jepang

B. Jerman

C. Belanda

D. Australia

E. Italia

Karakteristik Negara Maju

Sobat Pintar, berikut ini merupakan contoh negara maju!

Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah sebuah negara republik konstitusional federal yang terdiri dari lima puluh negara bagian dan sebuah distrik federal. Negara ini terletak di bagian tengah Amerika Utara, yang menjadi lokasi dari empat puluh delapan negara bagian yang saling bersebelahan, beserta distrik ibu kota Washington, D.C..

Amerika Serikat diapit oleh Samudra Pasifik dan Atlantik di sebelah barat dan timur, berbatasan dengan Kanada di sebelah utara, dan Meksiko di sebelah selatan. Dua negara bagian lainnya, yaitu Alaska dan Hawaii, terletak terpisah dari dataran utama Amerika Serikat. Amerika Serikat menjadi negara industri yang maju di dunia.

Alasan Amerika Serikat termasuk negara maju adalah;

  1. kekuatan modal cukup besar,
  2. kaya bahan mentah dan bahan tambang,
  3. kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah tinggi,
  4. sistem perhubungan yang baik,
  5. organisasi yang teratur,
  6. melaksanakan sistem kartel,
  7. pendapatan per kapita penduduk tinggi.

Jepang

Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Tiongkok Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

Jepang merupakan negara industri termaju di Asia, bahkan terbesar kedua setelah Amerika Serikat. Hal ini berkaitan dengan kemajuan pembangunan ekonomi yang sangat pesat di negara ini. Jepang tergolong pada kategori ”negara industri Asia”.

Jepang mendapat julukan sebagai ”Macan Asia” karena kemajuan ekonomi yang sangat pesat. Industri Jepang didominasi industri elektronika dan otomotif. Barang-barang produksi Jepang sudah dikenal di dunia internasional karena kualitasnya.

Alasan Jepang termasuk negara maju adalah;

  1. memiliki tenaga ahli yang cukup banyak,
  2. kegiatan industri berlangsung 24 jam (secara bergantian),
  3. dikerjakan dengan ilmu dan teknologi modern,
  4. modal besar,
  5. penduduknya suka bekerja keras dan disiplin,
  6. melaksanakan politik dumping.

Jerman

Republik Federal Jerman adalah negara berbentuk federasi di Eropa Barat. Negara ini memiliki posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa maupun di dunia.

Dengan luas 357.021 kilometer persegi (kira-kira dua setengah kali pulau Jawa) dan penduduk sekitar 82 juta jiwa, negara dengan 16 negara bagian ini menjadi anggota kunci organisasi Uni Eropa (penduduk terbanyak), penghubung transportasi barang dan jasa antarnegara sekawasan, serta menjadi negara dengan penduduk imigran ketiga terbesar di dunia.

Industri Jerman sangat maju karena banyak sumber tenaga barang tambang dan transportasi yang potensial. Jerman merupakan negara perdagangan terbesar di dunia. Sektor industrinya menyumbang 35% pendapatan nasionalnya. Ekspornya berupa barang-barang elektronika, mesin-mesin, dan mobil.

Australia

Australia, resminya Persemakmuran Australia, adalah sebuah negara di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania, dan berbagai pulau kecil di Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik. Negara-negara yang bertetangga dengannya adalah Indonesia, Timor Leste, dan Papua Nugini di utara; Kepulauan Solomon, Vanuatu, dan Kaledonia Baru di timur-laut; dan Selandia Baru di tenggara.

Perindustrian di Australia semula kurang berkembang, disebabkan adanya white policy. Setelah diadakan pembenahan-pembenahan, Australia mengalami perkembangan pesat dalam bidang industri.

Alasan Australia maju sebagai berikut;

  1. Memberi subsidi bagi industri dalam negeri.
  2. Larangan impor terhadap barang tertentu.
  3. Melaksanakan impor yang amat tinggi.

Karakteristik Negara Berkembang

Sobat Pintar, selanjutnya yang akan kita diskusikan ialah tentang Negara Berkembang!

Negara berkembang tergabung dalam kelompok negara Selatan-Selatan, terdiri atas sebagian besar negara di Asia (kecuali Jepang dan Korea Selatan), Afrika, dan Amerika Latin.

Ciri-ciri negara berkembang, antara lain;

  1. kurangnya tenaga ahli maupun tenaga terampil,
  2. modal kecil berasal dari pinjaman,
  3. rendahnya ilmu pengetahuan dan teknologi,
  4. pemasaran terbatas hanya dalam negeri,
  5. produktivitas dan daya saing rendah,
  6. belum memadainya sarana dan infrastruktur,
  7. masih dalam tahap pembangunan.

Masalah yang dihadapi negara berkembang, yaitu timbulnya kemiskinan. Rendahnya produktivitas dan ketidakadilan dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi dan sosial yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Karakteristik Negara Berkembang

Afrika Selatan

Afrika Selatan adalah sebuah negara di Afrika bagian selatan yang bertetangga dengan Namibia, Botswana dan Zimbabwe di utara, Mozambik dan Swaziland di timur laut. Keseluruhan negara Lesotho terletak di pedalaman Afrika Selatan.

Pada masa dahulu, pemerintahan negara ini dikecam karena politik 'apartheid'nya tetapi sekarang Afrika Selatan adalah sebuah negara demokratis dengan penduduk kulit putih terbesar di benua Afrika.

Afrika Selatan juga merupakan negara dengan berbagai macam bangsa dan mempunyai 11 bahasa resmi. Negara ini juga terkenal sebagai produsen berlian, emas dan platinum yang utama di dunia.

Kegiatan industri di Republik Afrika Selatan tergolong maju di Benua Afrika. Hal ini didukung dari modal dasar, yaitu hasil penjualan kekayaan mineral atau hasil tambangnya, seperti emas, yang merupakan komoditas ekspor. Selain itu, kegiatan pertanian juga memegang peranan penting. Pusat industrinya berada di Johannesburg dan Cape Town. Namun demikian, penduduk Republik Afrika Selatan masih banyak yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Brazil

Republik Federasi Brasil atau Republik Federal Brasil (bahasa Portugis: República Federativa do Brasil, bahasa Inggris: Federative Republic of Brazil, bahasa Latin: Respublica Foederativa Brasiliae) adalah negara paling besar dan paling banyak penduduknya di Amerika Selatan.

Negara tersebut merupakan negara paling timur di Benua Amerika dan berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik. Nama Brasil diambil dari nama kayu brasil, sejenis kayu lokal. Brasil merupakan tempat pertanian ekstensif dan hutan hujan tropis. Sebagai bekas koloni Portugal, bahasa resmi Brasil adalah bahasa Portugis. Selain itu, Brasil juga sebagai penghasil kopi terbesar di dunia.

Sektor industri di negara Brasil berkembang dengan pesat dan berperan serta dalam menambah devisa negara. Dua per tiga kawasan industrinya terdapat di daerah Belo Horizonte dan Rio de Janeiro. Namun demikian, sebagian besar penduduk negara Brasil tinggal di daerah pedesaan dengan tingkat penghasilan belum memuaskan. Kemiskinan dan kekurangan gizi masih dialami oleh negara Brazil, terutama yang tinggal di daerah pedalaman bagian tenggara.

India

Republik India adalah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, dengan populasi lebih dari satu miliar jiwa, dan adalah negara terbesar ketujuh berdasarkan ukuran wilayah geografis. Jumlah penduduk India tumbuh pesat sejak pertengahan 1980-an.

Ekonomi India adalah terbesar keempat di dunia dalam PDB, diukur dari segi paritas daya beli (PPP), dan salah satu pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. India, negara dengan sistem demokrasi liberal terbesar di dunia, juga telah muncul sebagai kekuatan regional yang penting, memiliki kekuatan militer terbesar, dan memiliki kemampuan senjata nuklir.

Negara India merupakan negara agraris. Sektor pertanian menyerap banyak tenaga kerja sebab 80% penduduknya bekerja di bidang pertanian. Namun demikian, kegiatan industri mulai digalakkan berpusat di Bombay, Calcutta, dan Madras.

Cina

Republik Rakyat Tiongkok adalah sebuah negara yang terletak di Asia Timur yang beribukota di Beijing Negara ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia (sekitar 1,35 miliar jiwa) dan luas wilayah 9,69 juta kilometer persegi, menjadikannya negara ke-4 terbesar di dunia. Negara ini didirikan pada tahun 1949 setelah berakhirnya Perang Saudara Tiongkok, dan sejak saat itu dipimpin oleh sebuah partai tunggal, yaitu Partai Komunis Tiongkok (PKT).

Sekalipun seringkali dilihat sebagai negara komunis, kebanyakan ekonomi republik ini telah diswastakan sejak tahun 1980-an. Walau bagaimanapun, pemerintah masih mengawasi ekonominya secara politik terutama dengan perusahaan-perusahaan milik pemerintah dan sektor perbankan. Secara politik, ia masih tetap menjadi pemerintahan satu partai.

Negara Cina merupakan negara terbesar ketiga setelah Kanada dan Rusia. Perekonomian negeri ini didukung oleh sektor pertanian. Kegiatan industri negara ini berkembang dengan pesat dan menambah devisa negara. Hasil utamanya adalah peleburan bijih besi sebagai bahan baku industri. Industri mesin, motor, dan lokomotif merupakan komoditi ekonomi yang utama.

Latihan 1

Negara-negara berkembang sebagian besar berada di wilayah….

A. Asia, Afrika dan Australia

B. Afrika, Australia dan Amerika

C. Australia, Afrika dan Eropa

D. Afrika, Asia dan Amerika Selatan

E. Afrika, Asia dan Amerika Utara

Latihan 2

Indonesia sampai saat ini masih digolongkan sebagai negara berkembang, hal ini disebabkan ….

A. sumber daya alam yang dimiliki tidak memadai

B. sumber daya alam penyebarannya tidak merata

C. sumber daya manusia yang masih rendah

D. sumber daya manusia tinggi tapi kekurangan modal

E. sumber daya alam melimpah tapi belum diolah

Latihan 3

Negara berkembang dicirikan oleh aktivitas penduduknya dalam bidang….

A. pertanian

B. industri

C. perdagangan

D. pendidikan

E. ketenagakerjaan

Latihan 4

Berikut ini adalah negara-negara dengan pendapatan perkapita rendah, kecuali….

A. Srilanka

B. Indonesia

C. Cina

D. Hongkong

E. Ghana

Latihan 5

Ciri-ciri negara sedang berkembang yaitu diantaranya….

A. beban ketergantungan rendah

B. mayoritas penduduk bekerja di sektor industri

C. ketergantungan terhadap produksi pertanian dan ekspor barang-barang primer

D. kualitas tenaga kerja tinggi

E. tingkat pendapatan tinggi

Peta Belajar Bersama

Sobat, ini nih, ada Peta Belajar Bersama Geografi di Bab keempat!

Yuk, mulai belajar bersama kita!

redesain-navbar Portlet