APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Peta Belajar Bersama

Sobat, ini nih ada Peta Belajar Bersama IPS di BAB Ketiga


Yuk, mulai belajar bersama !

PENGERTIAN PELAKU EKONOMI


Sumber: Serupa.id

Hayy.. sobat pintar ! Zaman sekarang makin banyak nih para wirausaha dimana-dimana nah di dalam wirausaha terdapat 2 pihak, yaitu pelaku ekonomi dan pembeli. Nah, pelaku ekonomi Menurut Cambridge Dictionary, Pelaku ekonomi adalah seseorang, perusahaan, atau organisasi yang memiliki pengaruh terhadap motif ekonomi dengan memproduksi, membeli, atau menjual. 
Ada 4 (empat) pelaku ekonomi, yaitu rumah tangga keluarga/konsumen, rumah tangga perusahaan/produsen, rumah tangga pemerintah, dan rumah tangga luar negeri. Keempat pelaku tersebut berperan penting dalam menggerakkan perekonomian negara sesuai dengan peran masing-masing. Kelompok masyarakat yang melakukan kegiatan konsumsi terhadap barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup diri sendiri maupun keluarga dinamakan Rumah Tangga Konsumen (RTK)

Pihak yang melakukan kegiatan produksi yaitu kegiatan untuk menghasilkan barang dan jasa guna memenuhi kepentingan orang lain dinamakan Rumah Tangga Produsen (RTP). Selain pihak yang menghasilkan dan mengkonsumsi barang dan jasa, ada pihak yang bertugas untuk mengatur, mengendalikan, serta mengadakan kontrol terhadap jalannya roda perekonomian, yang disebut Rumah Tangga Pemerintah.
 

PERAN PELAKU EKONOMI


Sumber: Jojonomic.com 

Peran pelaku ekonomi dalam perekonomian yaitu sebagai berikut ;
1. Peran Rumah Tangga Keluarga/Rumah Tangga Konsumen (RTK)
Rumah tangga konsumen adalah kelompok masyarakat yang melakukan kegiatan konsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Rumah tangga konsumen membutuhkan barang dan jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga perusahaan. Jadi, barang dan jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga perusahaan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga konsumen. Rumah tangga konsumen memiliki dua peran, yaitu sebagai konsumen dan sebagai penyedia faktor produksi, yang meliputi penyediaan lahan, tenaga kerja, modal, dan keahlian.

Rumah tangga keluarga/konsumen menjalankan peran yang pertama, yaitu sebagai konsumen, dengan cara mengonsumsi barang dan jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga produsen. Barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen dijual kepada konsumen. Konsumen membayar barang dan jasa tersebut dengan uang dari hasil penggunaan faktor produksi yang mereka pinjamkan ke rumah tangga perusahaan. 

Peran yang kedua dari rumah tangga konsumen adalah sebagai penyedia faktor produksi bagi rumah tangga produsen. Penawaran faktor produksi terjadi di pasar input atau pasar faktor produksi. Salah satu contoh pasar input  adalah pasar tenaga kerja. Tenaga kerja merupakan salah satu faktor produksi yang penting bagi setiap perusahaan.

2. Peran Rumah Tangga Perusahaan/Rumah Tangga Produsen (RTP)
Rumah tangga perusahaan atau biasa disebut sebagai produsen merupakan pelaku ekonomi yang berperan sebagai penyedia barang dan jasa bagi konsumen. Peran pertama dari rumah tangga perusahaan adalah memproduksi barang/jasa. Barang/jasa yang dihasilkan perusahaan kemudian ditawarkan kepada konsumen atau pembeli. 

Hubungan Rumah Tangga Produsen (RTP) dengan Rumah Tangga Konsumen (RTK) di pasar output atau pasar barang. RTP memberikan barang/jasa pada konsumen, kemudian sebagai imbalannya RTK memberikan sejumlah uang kepada RTP. Dua garis panah di bagian bawah menunjukkan hubungan RTP dan RTK di pasar faktor produksi. RTK berperan sebagai penyedia faktor produksi, sedangkan RTP berperan sebagai pengguna faktor produksi. RTP memberikan imbalan atas faktor produksi yang diberikan oleh RTK. Imbalan ini  berupa sewa, upah/gaji, bunga, dan keuntungan.

3. Peran Rumah Tangga Pemerintah
Rumah tangga pemerintah merupakan salah satu pelaku ekonomi. Pemerintah memiliki tiga peran penting, yaitu sebagai regulator, konsumen, dan produsen :

a. Regulator 
Regulasi dan aturan yang Pembayaran atas pembelian barang dan jasa Penjualan barang/jasa Pembelian faktor produksi Pembayaran balas jasa  faktor produksi Rumah Tangga Produsen (RTP) Rumah Tangga Konsumen (RTK) dibuat oleh pemerintah antara lain berupa pemberian subsidi pada perusahaan dalam negeri sehingga mampu bersaing dengan produk dari luar. Peran lain pemerintah adalah menentukan besarnya pajak. Dengan adanya aturan tentang pajak progresif, orang yang kaya dipungut pajak yang tinggi, orang yang miskin dipungut pajak yang rendah, bahkan orang yang sangat miskin tidak dipungut pajak tetapi malah disubsidi.

b. Konsumen 
Dalam menjalankan fungsinya sebagai pengatur, pemerintah membutuhkan sarana dan prasarana penunjang, yang dibeli dari rumah tangga perusahaan/produsen. Contohnya, kantor dinas pendidikan, untuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari, membutuhkan kertas, printer, dan tinta. Untuk itu, pemerintah harus membeli ke perusahaan atau produsen.

c. Produsen 
Dalam menjalankan perannya sebagai produsen, pemerintah memproduksi barang atau jasa. rumah tangga produsen di negara kita salah satunya berbentuk BUMN (Badan Usaha Milik Negara). BUMN adalah badan usaha yang dimiliki oleh pemerintah. Maka, pemerintah juga berperan sebagai rumah tangga produsen. Contoh Badan Usaha Milik Negara adalah PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PLN (Perusahaan Listrik Negara)
 

Latihan 1

Isilah titik-titik dibawah ini !

Kegiatan ekonomi yang dilakukan rumah tangga produsen adalah ....

A. membayar pajak rumah tangga

B. memiliki tabungan

C. menggunakan faktor produksi untuk berproduksi

D. memberikan subsidi pajak

Latihan 2

Isilah titik-titik dibawah ini !

Perhatikan faktor-faktor produksi berikut ini:
(1) Alam
(2) Tenaga kerja
(3) Modal
(4) Kewirausahaan
Yang termasuk faktor produksi sekunder adalah ....

 

 

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (1) dan (4)

D. (3) dan (4)

Latihan 3

 Isilah titik-titik dibawah ini !

  1. Analisis perilaku konsumen dan perilaku produsen berikut:
  2. Bu Widati membuka usaha warung makan di sekitar pabrik garmen dekat rumahnya
  3. Pak Endun mencari alternatif bahan baku untuk menekan harga pokok usahanya
  4. Bu Mira membandingkan harga-harga bahan sembako beberapa kios yang ada di Pasar Untuk mempersiapkan masa pensiun, Pak Wahyu menyisihkan sebagian pendapatannya setiap bulan
  5. Sebagai pengusaha, Henry memberikan apresiasi kepada karyawannya yang memiliki dedikasi tinggi

Perilaku-perilaku produsen ditunjukkan nomor ....

 

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (5)

C. (1), (3), dan (4)

D. (2), (3), dan (4)

Latihan 4

Isilah titik-titik dibawah ini !

Berikut ini yang merupakan kegiatan konsumsi adalah ....

A. memperbanyak jenis barang

B. mengurangi penghasilan konsumen

C. menambah nilai guna barang dan jasa

D. menggunakan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan

Latihan 5

Isilah titik-titik dibawah ini !

Salah satu peran pemerintah yang paling utama dalam kegiatan ekonomi adalah ....

 

A. Memberi subsidi pupuk pada petani

B. Menggiatkan transmigrasi

C. Melaksanakan APBN secara konsekuen agar tercapai kemakmuran rakyat

D. Memungut pajak sesuai undang-undang

PENGERTIAN PERDAGANGAN ANTAR PULAU


Sumber: Tribunnews.com 

Sobat pintar kalian tau gak ? Perdagangan atau perniagaan merupakan kegiatan tukar menukar barang atau jasa berdasarkan kesepakatan bersama tanpa ada unsur pemaksaan. Perdagangan antar daerah atau antar pulau merupakan perdagangan yang dilakukan oleh penduduk/ lembaga suatu daerah atau pulau dengan penduduk/lembaga suatu daerah atau pulau lain dalam satu batas wilayah negara atas dasar kesepakatan bersama.


 

FAKTOR PENDORONG DAN MANFAAT PERDAGANGAN



Sumber: Tribun.com

Faktor pendorong perdagangan antar pulau
 a) Perbedaan Faktor Produksi yang Dimiliki 
Faktor pendorong perdagangan antardaerah antara lain perbedaan faktor produksi yang dimiliki, terutama faktor produksi alam. Daerah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, dengan tanah yang subur lebih mungkin memproduksi sayur mayur lebih banyak dan menjualnya sampai ke luar daerah dibandingkan misalnya daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. 
b) Perbedaan Tingkat Harga Antardaerah 
Selain perbedaan kekayaan alam, perbedaan tingkat harga antardaerah juga mendorong terciptanya perdagangan antardaerah. Contoh: di daerah yang kaya akan buah durian, harga durian pasti lebih murah dari daerah lain yang hanya sedikit memiliki pohon penghasil durian. Hal ini juga akan mendorong adanya perdagangan antardaerah.

Manfaat Perdagangan Antarpulau/Antardaerah 
Manfaat dari perdagangan antarpulau/antardaerah antara lain adalah: 
a)  Menyediakan alternatif alat pemuas kebutuhan bagi konsumen 
Manfaat dari perdagangan antardaerah atau antar pulau antara lain menyediakan alternatif alat pemuas kebutuhan bagi konsumen. Perbedaan kandungan alam serta perbedaan produk antardaerah akan menyebabkan barang hasil produknya pun berbeda. Dengan adanya perdagangan antardaerah atau antarpulau, konsumen dapat menikmati produk yang tidak diproduksi di tempat tinggalnya. 
b)  Meningkatkan produktivitas Pemasaran 
produk yang makin meluas akan menyebabkan permintaan atau pemesanan terhadap produk menjadi meningkat. Hal ini akan mendorong produsen meningkatkan produksi sehingga meningkatkan produktivitas.
 c)  Memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat 
Peningkatan jumlah barang yang diproduksi dalam jumlah besar akan menyebabkan produsen butuh tenaga kerja tambahan, sehingga akan ada lowongan kerja tambahan. Selain itu, perdagangan lintas daerah juga akan memunculkan unit-unit usaha baru, seperti jasa kirim, perluasan transportasi, dan sebagainya.


 

TUJUAN PERDAGANGAN ANTAR PULAU



Sumber: geograpik.bloogspot.com

Tujuan adanya perdagangan antarpulau antara lain adalah sebagai berikut : 

  1. Memperoleh Keuntungan Tujuan utama dilakukan perdagangan antarpulau adalah untuk memperoleh keuntungan. Keuntungan diperoleh dari selisih antara harga beli dengan harga jual. Jika barang diproduksi sendiri, maka keuntungan diperoleh dari selisih antara harga jual dan biaya produksi. 
  2. Memperluas Jangkauan Pasar Perdagangan sampai ke luar daerah atau luar pulau dapat memperluas jangkauan pasar. Jangkauan pasar yang dimaksud adalah jumlah konsumen yang mengkonsumsi barang tersebut semakin banyak dan tersebar di berbagai daerah. Contohnya, produk minyak gosok tradisional dari daerah X dijual ke daerah Y. Maka, sekarang pengguna minyak gosok tersebut bukan hanya penduduk daerah X, tetapi juga penduduk daerah Y. Semakin lama, minyak gosok semakin dikenal banyak orang, sehingga pengguna minyak gosok tradisional di daerah Y pun juga meningkat.

Latihan 1

Isilah titik-titik dibawah ini !

Kegiatan tukar-menukar barang dan jasa sesuai dengan kesepakatan bersama tanpa ada unsur pemaksaan merupakan pengertian dari …

A. Kebutuhan

B. Perdagangan

C. Supermarket

D. Distribusi

Latihan 2

Isilah titik-titik dibawah ini !

tujuan adanya perdagangan antarpulau antara lain adalah sebagai berikut :

A. Memperluas jalur distribusi dan mendapatkan barang yang diinginkan

B. Memenuhi kebutuhan dan mendapatkan pekerjaan

C.

Mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah

D. Memperoleh keuntungan dan memperluas jangkauan pasar

Latihan 3

Isilah titik-titik dibawah ini !

Pernyataan yang benar tentang perbedaan perdagangan antar pulau dengan perdagangan antarnegara adalah …

A. perdagangan antarpulau wilayahnya lebih luas dari pada anggaran antar pulau

B. tidak ada penghalang dalam perdagangan antar negara dan antar pulau

C. Perdagangan antar pulau menggunakan uang rupiah dan perdagangan antar Negara menggunakan mata uang asing.

D. Perdagangan antar pulau terdapat proteksi, sedangkan perdagangan antar negara tidak proteksi terhadap suatu produk

Latihan 4

Isilah titik-titik dibawah ini 

Berikut ini merupakan Manfaat Perdagangan Antarpulau / Antardaerah Adalah…(kecuali)

A. Menyediakan alternatif alat pemuas kebutuhan bagi konsumen

B. Meningkatkan produktivitas

C. Memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat

D. Mempercepat jalur distribusi barang dan

Latihan 5

 Isilah titik-titik dibawah ini !
 

Mengapa di Indonesia sering dilakukan perdagangan antar pulau?

A. Indonesia memiliki kurang lebih 13.000 pulau

B. Wilayah Indonesia sebagian besar adalah daratan

C. Transportasi jalan raya sudah berjalan dengan baik

D. Adanya kesamaan jenis sumber daya alam yang dimiliki

PENGERTIAN PERDAGANGAN ANTAR NEGARA



Sumber: m.merdeka.com 

Haiii sobat pintar Pada zaman sekarang, batas dan jarak bukan lagi menjadi penghalang bagi seseorang atau badan untuk melakukan perdagangan. Bahkan antar negara pun dapat melakukan perdagangan dengan mudah. Perdagangan antarnegara atau sering disebut perdagangan internasional merupakan aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh masyarakat suatu negara dengan masyarakat negara lain atas dasar kesepakatan bersama.

FAKTOR PENDORONG EKSPOR



Sumber: 

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi ekspor baik dari dalam maupun luar negeri sebagai berikut :
1)  Keadaan Pasar Luar Negeri
Besar atau kecilnya permintaan dan penawaran dari berbagai negara dapat mempengaruhi harga di pasar dunia. Apabila permintaan di pasar dunia lebih banyak daripada penawaran, maka harga cenderung naik Sebaliknya, apabila penawaran lebih banyak dari permintaan, maka harga cenderung turun. Keadaan ini akan mempengaruhi para eksportir untuk  meningkatkan atau menurunkan ekspornya.
2)  Keuletan Eksportir untuk Menangkap Peluang Pasar
Seorang eksportir harus pandai menangkap dan memanfaatkan peluang pasar. Dengan kepandaian tersebut, mereka dapat memperoleh wilayah pemasaran yang luas. Oleh karena itu, para eksportir harus ahli di bidang strategi pemasaran.
3)  Kondisi Sosial, Ekonomi, Politik Suatu Negara
Bidang ekonomi, sosial, dan politik merupakan bidang yang terkait satu sama lain. Ketika ada ketidakstabilan pada salah satu bidang, maka bidang lain akan terpengaruh. Contohnya: negara tujuan ekspor sedang mengalami kerusuhan politik berupa perang antarsuku. Hal tersebut tentu sangat mempengaruhi keberlangsungan proses ekspor ke negara tersebut.

Manfaat perdagangan antar negara


Sumber: Buguruku.com

Menurut Sadono Sukirno (2010), manfaat perdagangan antarnegara adalah sebagai berikut;
1)  Memperoleh Keuntungan
Manfaat dari perdagangan adalah memperoleh keuntungan. Dengan adanya spesialisasi, yaitu produk unggul yang khas di tiap-tiap negara, produsen dapat menghasilkan produk dengan efisien. Perdagangan antarnegara menyebabkan produsen bersemangat memaksimalkan produktivitas mereka tanpa khawatir kelebihan produknya tidak akan terjual. Sebab, mereka dapat menjualnya ke luar negeri.
2)  Memperoleh Barang yang Tidak Dapat Diproduksi di dalam Negeri
Setiap negara memiliki sumber daya yang belum tentu dimiliki oleh negara  lain, sehingga  hasil produksi tiap negara pun berbeda pula. Banyak faktor yang mempengaruhi perbedaan tersebut, antara lain kondisi geografi, iklim, penguasaan teknologi. Dengan adanya perdagangan antarnegara, setiap negara dapat bertukar hasil produksi untuk memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negara Mereka.
3)  Menjalin Persahabatan Antarnegara
Jalinan persahabatan antarnegara menjadi hal yang sangat penting di era   globalisasi. Adanya perdagangan antarnegara akan lebih memudahkan terjadinya persahabatan. Hubungan yang baik di bidang ekonomi akan mempengaruhi hubungan di bidang yang lain, seperti pendidikan, kesehatan, sosial, serta kemanusiaan.
4)  Transfer Teknologi Modern
Untuk menggunakan barang-barang impor berteknologi tinggi, dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan tertentu. Maka, pada umumnya importir memberikan pelatihan penggunaan teknologi tersebut. Hal ini akan mempercepat terjadinya transfer teknologi modern.

Latihan 1

Isilah titik-titik dibawah ini !

Faktor-Faktor yang Mendorong adanya Perdagangan Antarnegara adalah sebagai berikut … (Kecuali)

A. Adanya perbedaan keadaan seperti SDA, budaya, tenaga kerja, iklim & jumlah penduduk

B. Kelebihan jumlah produksi produk di dalam negeri menyebabkan perlu untuk mencari Pasar baru untuk pemasaran produk tersebut.

C. Untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri

D. d. Meningkatkan jumlah wisatawan asing yang datang ke Indonesia

Latihan 2

Isilah titik-titik dibawah ini !

Berikut merupakan faktor pendorong ekspor : … (kecuali)

A. Kondisi Pasar Luar Negeri

B. Keuletan Eksportir dalam Menangkap Peluang Pasar di luar negeri

C. Keadaan Ekonomi, Sosial, Politik Suatu Negara

D. Jumlah penduduk negara lain yang jumlahnya besar

Latihan 3

Isilah titik-titik dibawah ini !

Perhatikan hal-hal di bawah ini !
- Memperoleh Barang yang belum bisa diproduksi di dalam Negeri
- Mendapatkan Keuntungan
- Alih Teknologi Modern
- Menjalin Persahabatan Antar Negara
Hal-hal di atas merupakan manfaat Perdagangan Antarnegara Menurut …

A. Sadono Sukirno

B. Sri Edi Swasono

C. Syahril Sabirin

D. Revrisond Baswir

Latihan 4

Isilah titik-titik dibawah ini !

Berikut ini yang merupakan ruang lingkup perdagangan antar negara berikatan dengan kegiatan-kegiatan sebagai berikut ...(kecuali)

A. Perpindahan barang & jasa dari satu negara ke negara lainnya.

B. Perpindahan modal dalam investasi asing dari luar ke dalam negeri.

C. Perpindahan wisatawan dari dalam negeri ke luar negeri

D. Perpindahan tenaga kerja dari suatu negara ke negara lain.

Latihan 5

Isilah titik-titik dibawah ini !

Kestabilan nilai tukar rupiah sangat membantu untuk mendorong peningkatan jumlah ekspor, hal ini karena …

A. mempermudah eksportir menghitung biaya produksi produk-produk ekspornya

B. menyebabkan barang-barang ekspor menjadi lebih murah dari negara lain

C. mempercepat pertambahan devisa negara yang berasal keuntungan ekspor barang

D. menambah pendapat masyarakat dan meningkatkan daya beli

redesain-navbar Portlet