redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Memahami bangun ruang sisi datar

Apa yang Sobat Pintar tahu tentang bangun ruang sisi datar?
Berikut penjelasan tentang bangun ruang sisi datar.

Kelompok bangun ruang sisi datar adalah bangun ruang yang sisinya berbentuk datar (tidak lengkung). Coba Sobat Pintar amati dinding sebuah gedung dengan permukaan sebuah bola. Dinding gedung adalah contoh sisi datar dan permukaan sebuah bola adalah contoh sisi lengkung. Jika sebuah bangun ruang memiliki satu saja sisi lengkung maka ia tidak dapat dikelompokkan menjadi bangun ruang sisi datar. Sebuah bangun ruang sebanyak apapun sisinya jika semuanya berbentuk datar maka ia disebut dengan bangun ruang sisi datar.  Macam-macam bangun ruang sisi datar yaitu kubus, balok, prisma, dan limas.

Memahami CIri-ciri Bangun Ruang Sisi Datar

Nah, Sobat Pintar berikut ini merupakan macam-macam bangun ruang sisi datar beserta ciri-cirinya.

 

Memahami Luas Permukaan dan Volume Prisma

Sobat Pintar, perhatikan gambar bangun ruang sisi datar di bawah.

Gambar tersebut menujukkan beberapa contoh dari bangun ruang prisma. Bangun-bangun tersebut memiliki bidang alas dan bidang atas yang sejajar dan kongruen. Sisi lainnya berupa sisi tegak berbentuk pesegi panjang yang tegak lurus ataupun titik dengan bidang alas dan bidang atasnya. Itulah kurang lebih definisi prisma. Jika dilhat dari bentuk alasnya ada yang namanya prisma segitiga, prisma segi empat, prisma segi lima, dan seterusnya. Jika alasnya berbentuk segi n Sobat Pintar bisa memberikan nama prisma segi n.

Rumus-rumus Prisma

Volume = Luas alas x Tinggi
Luas permukaan = (2 x Luas Alas) + (Keliling alas x tinggi)

Memahami Luas Permukaan dan Volume Limas

Nah, Pernahkah Sobat Pintar melihat piramid yang ada di mesir? Nah, piramid tersebut memiliki bentuk bangun ruang limas. Limas adalah bangun ruang dengan alas berbentuk segi banyak, bisa segi tiga, segi empat, segi lima, dll dan bidang sisi tegaknya berbentuk segitiga yang berpotongan pada satu titik puncak. Ada banyak macam bangun ruang limas. Penamaannya berdasarkan bentuk alasnya.

Rumus-rumus Limas

Volume =  1/3 x Luas alas x Tinggi

Luas Permukaan = Jumlah Luas alas + Jumlah Luas sisi tegak 

Latihan

Sebuah bangun berbentuk limas dengan alas berbentuk persegi dengan sisi 12 cm. Tentukanlah volume limas tersebut jika tingginya 30 cm!

A. 4320

B. 2160

C. 1440

D. 960

Latihan

Perhatikan gambar bangun di bawah ini:

AB = 24 cm, TC =9 cm, AD = 54 cm
Tentukanlah Volume bangun tersebut !

A. 2853

B. 3528

C. 5832

D. 8325

Memahami Luas Permukaan dan Volume Kubus

Nah, Sobat Pintar. DI bagian ini kita akan bersama memelajari tentang kubus.

Disebut bangun ruang kubus ketika bangun tersebut dibatasi oleh 6 buah sisi yang berbentuk persegi (bujur sangkar). Beberapa orang sering menyebut bangun ini sebagai bidang enam beraturan dan juga prisma segiempat dengan tinggi sama dengan sisi alas.

Rumus-rumus Kubus

Volume = s x s x s = s3

Luas Permukaan = 6 x s x s = 6 s2

Memahami Luas Permukaan dan Volume Balok

Balok adalah bangun ruang yang memiliki tiga pasang sisi segi empat (total 6 buah) dimana sisi-sisi yang berhadapan memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Berbeda dengan kubus yang semua sisinya berbentuk persegi yang sama besar, balok sisi yang sama besar hanya sisi yang berhadapan dan tidak semuanya berbentuk persegi, kebanyakan bentuknya persegi panjang.

Rumus-rumus Balok

Volume = panjang x lebar x tinggi = p x x t

Luas Permukaan = 2 (pl + pt + l t)

Latihan

Diketahui sebuah kubus dengan luas permukaan 726 cm2. Berapakah volume kubus tersebut?

A. 121

B. 144

C. 1331

D. 1728

Latihan

Apabila sebuah balok mempunyai volume 480cm3 dengan panjang dan lebar sisi berturut-turut 20cm dan 8cm. Berapakah luas permukaannya?

A. 256 cm2

B. 284 cm2

C. 376 cm2

D. 488 cm2

redesain-navbar Portlet