redesain-navbar Portlet

null

Blog

10 Jurusan Soshum Ini Sulit Ditembus Saat SBMPTN

Beberapa jurusan dan PTN memiliki persaingan yang sangat ketat pada jalur SBMPTN.

Jurusan Soshum Ini Sulit Ditembus, image via beready4college.com

Jurusan-jurusan Saintek, seperti Pendidikan Dokter ataupun Farmasi, terkenal momok yang tak mudah ditakhlukkan saat SBMPTN. Lantas, apakah jurusan-jurusan Soshum memberi jaminan peluang lolos SBMPTN yang lebih besar? Tunggu dulu, Sobat. Jurusan-jurusan Soshum berikut ini terkenal sulit ditembus pada SBMPTN.

 

1. Ilmu Hubungan Internasional UI

Alumni HI UI banyak yang berkarier sebagai diplomat. Impian bekerja di berbagai negara di dunia memang menggiurkan bagi banyak anak IPS dan Bahasa. Sayangnya, HI UI adalah jurusan yang paling sulit ditembus oleh para peserta SBMPTN dari rumpun Soshum. Apalagi, kuota 50% mahasiswa baru HI UI terbagi pada jalur SBMPTN dan SIMAK-UI.

 

2. Ilmu Ekonomi UI

Ilmu Ekonomi adalah jurusan kedua di UI yang sulit ditembus pada SBMPTN Soshum. UI menerapkan kebijakan yang sama untuk Ilmu Ekonomi, yaitu 50% mahasiswa barunya diseleksi melalui jalur SBMPTN dan SIMAK-UI. Meskipun begitu, perjuangan melalui jalur tes layak dicoba. Siapa tahu, barangkali Sobatlah yang kelak menggantikan Ibu Sri Mulyani.

 

3. Ilmu Hubungan Internasional UGM

Salah satu program studi pada Fisipol UGM ini memiliki daya tampung 80 mahasiswa saja pada setiap tahun angkatannya. UGM sendiri menerapkan lima macam seleksi calon mahasiswa, dengan salah satunya merupakan SBMPTN yang hanya memiliki kuota 36 kursi saja. Perbandingan angkanya menyiutkan nyali atau tidak, Sobat?

 

4. Ilmu Ekonomi UGM

Jika Ilmu Ekonomi UI menjadi pilihan pertama SBMPTN, kemudian Ilmu Ekonomi UGM menjadi pilihan kedua, maka yang tersisa hanyalah belajar giat dan berdoa khusyuk. Iya, Ilmu Ekonomi UGM merupakan jurusan Soshum keempat dan kedua setelah Ilmu Ekonomi UI yang paling sulit ditembus pada SBMPTN.

 

5. Akuntansi UI

Kembali ke UI, jurusan ketiga pada PTN ini yang sulit ditembus ketika SBMPTN adalah Akuntansi. Akuntansi memang terkenal menawarkan prospek kerja yang baik dari rumpun Soshum. Bahkan, seorang Akuntan fresh graduate berpeluang memiliki gaji yang terhitung besar. Bagamanalah pula kalau fresh graduate tersebut alumni UI? You know the answer.

 

6. Psikologi UI

Jurusan ini memang difavoritkan banyak orang, apalagi Psikologi UI. Tapi kita tak serta merta menjadi Psikolog setelah lulus S1 Psikologi – masih harus kuliah Magister Ilmu Psikologi. Sobat Pintar ingin lolos SBMPTN Psikologi UI? Pastikan bidang ini memang sesuai untukmu dengan mengikuti Tes Kemampuan dari Aku Pintar. Only then, you're good to go.

 

7. Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB

Ingin menjadi entrepreneur yang menguasai teori dan praktik dalam berbisnis? SBM ITB jawabannya. Mahasiswanya pun dapat memilih salah satu major bisnis manajemen, yaitu SDM, Operasi, Keuangan, dan Pemasaran. Semangat berjuang untuk lolos SBMPTN ke SBM ITB ya, Sobat! Kapan lagi anak IPS kuliah di kampus yang terkenal sebagai sarangnya anak IPA?

 

8. Ilmu Komunikasi UGM

Ilmu Komunikasi UGM memiliki peminatan Periklanan, Humas, Media Hiburan, dan Jurnalisme. Periklanan dan Humas atau Public Relations merupakan bagian dari Konsentrasi Komunikasi Strategis, sedangkan Jurnalisme dan Media menjadi bagian dari Konsentrasi Media. SBMPTN merupakan salah satu dari empat jalur seleksi masuk mahasiswa baru, dengan kuota 34 kursi saja.

 

9. Manajemen UGM

Selain Ilmu Komunikasi, Manajemen adalah salah satu jurusan favorit pada SBMPTN 2019. Peminatan pada jurusan ini yaitu Manajemen Strategik atau Operasi dan Sistem Informasi, SDM, Keuangan, dan Pemasaran. Manajemen UGM terbilang cukup menantang untuk ditakhlukkan, dengan kuota 59 kursi pada jalur SBMPTN.

 

10.  Ilmu Ekonomi Islam UI

Belum genap berusia 10 tahun, jurusan yang masih terbilang baru di FEB UI ini sudah menjadi bagian dari 10 jurusan Soshum yang sulit ditembus pada SBMPTN. Sama seperti Ilmu Ekonomi yang juga menjadi bagian dari FEB UI, Ilmu Ekonomi Islam menyeleksi mahasiswa barunya melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

 

Salah satu jurusan diatas menjadi incaranmu pada SBMPTN 2020 nanti, Sobat? Jangan mundur, tapi top ten list ini artinya kita harus lebih rajin lagi latihan soal-soal UTBK, ya!

230

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp