APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

10 Jurusan yang Gampang Cari Kerja di Tahun 2023/2024

Beberapa jurusan kuliah tertentu diyakini mampu menawarkan prospek kerja yang lebih baik. 

Photo by Windows on Unsplash

Jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan itu ada ga, sih? Perkara mendapatkan pekerjaan sebenarnya tidak bisa dijawab dengan mutlak dan sederhana, Sobat Pintar, apalagi dengan mengajukan jurusan-jurusan kuliah tertentu. Namun tak dapat dipungkiri, orang meyakini bahwa ada beberapa jurusan kuliah yang gampang cari kerja jika dibandingkan dengan jurusan lainnya secara umum. Nah, kira-kira apa saja jurusan apa yang menjanjikan di masa depan?

jurusan kuliah yang gampang cari kerja
Photo by Huynh Dat on Pexels

1. Akuntansi

Pencatatan dan pelaporan keuangan adalah kegiatan penting perusahaan, baik besar maupun kecil. Itulah yang membuat Akuntansi menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja. Memang bidang finansial tidak bebas dari dampak otomasi. Yang penting, kamunya terus membuka diri dengan keterampilan dan kemajuan teknologi agar kelak kariermu terus melaju, Sobat.

jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja
Photo by Julien Bachelet on Pexels

2. Manajemen Keuangan Syariah

Bidang keuangan Syariah di Indonesia memiliki prospek yang baik, Sobat Pintar. Seiring dengan semakin banyaknya lembaga keuangan syariah, semakin banyak pula kampus yang membuka program studi Manajemen Keuangan Syariah. Boleh banget nih, pertimbangkan kuliah di jurusan yang gampang cari kerja ini bila kamu memang memiliki minat dan kemampuan di bidang finansial.

jurusan yang gampang cari kerja
Photo by Wallace Chuck on Pexels

3. Teknik Industri

Bukan rahasia lagi bila Teknik Industri adalah jurusan yang mudah mendapatkan pekerjaan. Meskipun bergelar Sarjana Teknik, lulusan jurusan ini memiliki keluwesan untuk bekerja di bidang manajemen maupun perencanaan biaya. Tak harus menjadi employee, kamu sudah dibekali juga dengan pengetahuan yang memadai untuk diaplikasikan di bidang entrepreneurship.

jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan
Photo by Josh Sorenson on Pexels

4. Manajemen Bisnis

Jika kamu memang memiliki semangat yang besar untuk menjadi entrepreneur, pertimbangkan untuk kuliah Manajemen Bisnis, Sobat. Alih-alih menjadi jurusan paling mudah dapat kerja, Manajemen Bisnis justru merupakan jurusan kuliah yang menyiapkanmu untuk menjadi penyedia lapangan kerja.

jurusan yang mudah mendapatkan pekerjaan
Photo by Ylanite Koppens on Pexels

5. Sistem Informasi

Sistem Informasi merupakan salah satu jurusan yang paling dibutuhkan di masa mendatang. Lulusan jurusan ini berpeluang untuk melakoni beragam profesi, mulai dari technopreneur, business analyst, data analyst, teknisi IT, web developer, maupun programmer. Ogah "menyelam" terlalu dalam di bidang teknologi? Eh, kamu juga bisa loh, memilih untuk lebih fokus pada bidang bisnis dan manajemen.

jurusan paling mudah dapat kerja
Photo by Wallace Chuck on Pexels

6. Pendidikan Dokter

Meskipun sudah banyak teman-teman kita yang bercita-cita menjadi YouTuber atau Influencer, masih ada juga kok yang bercita-cita menjadi dokter. Kuliahnya memang lama dan masih ada program profesi yang harus diikuti, sehingga mahasiswa Kedokteran memang tidak bisa cepat dapat kerja. Namun prospek alumninya enggak ada yang mengecewakan loh, Sobat Pintar, apalagi bila kamu melanjutkan ke PPDS dan menjadi dokter spesialis. Semangat ya, selama menjadi mahasiswa dan kuliah Kedokteran!

jurusan yang paling dibutuhkan
Photo by Alina Vilchenko on Pexels

7. Psikologi

Memang kamu harus kuliah lagi pada Program Magister untuk menjadi psikolog. Namun berbekal gelar Sarjana Psikologi saja, kamu sudah bisa bekerja kok, Sobat. Lagipula ini adalah jurusan yang banyak peluang kerja, mulai institusi pemerintah, perusahaan, hingga lembaga-lembaga nonprofit.

jurusan yang banyak peluang kerja
Photo by Kaboompics .com on Pexels

8. Desain Komunikasi Visual

Perkembangan bidang marketing di dunia digital amat pesat. Tak heran bila Desain Komunikasi Visual menjadi salah satu jurusan paling dibutuhkan 5 tahun kedepan. Lulusan jurusan ini berpeluang untuk menjalani beragam profesi, antara lain product designer, animator video, editor video, dan bahkan sutradara film. Advertising agency, perusahaan penerbitan, hingga humas di perusahaan swasta maupun instansi pemerintah pun membutuhkan lulusan jurusan ini.

Jurusan apa yang menjanjikan di masa depan
Photo by Pixabay on Pexels

9. Teknik Mesin

Teknik Mesin dikenal sebagai jurusan dengan prospek kerja tinggi. Pada bidang manufaktur, insinyur mesin dibutuhkan untuk merawat dan memperbarui mesin. Perusahaan otomotif, yang sering menjadi prospek idola lulusan Teknik Mesin, pun terus mengembangkan mesin dan teknologinya. Hal yang sama berlaku pada perusahaan konstruksi, pertambangan, dan komunikasi. Perawatan dan pengoperasian, hingga pengembangan, peralatan konstruksi, pertambangan, pertanian, elektronik, sampai transportasi seluruhnya membutuhkan kehadiran insinyur mesin.

jurusan paling dibutuhkan 5 tahun kedepan
Photo by Karolina Grabowska on Pexels

10. Farmasi

Satu lagi jurusan kuliah yang menjanjikan, Sobat Pintar. Adalah Farmasi, sebuah jurusan kuliah yang tak hanya membekalimu dengan kemampuan meracik obat-obatan, tetapi juga kosmetik. Tau sendiri kan, tren perawatan kulit dan kecantikan yang semakin berkembang belakangan ini? Artinya peluangmu untuk bekerja maupun berwiraswasta terbuka lebar setelah lulus kuliah Farmasi.

Itulah beberapa jurusan kuliah dengan prospek kerja tinggi yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memilih program studi di SNBP maupunn SNBT nanti. Apakah jurusan incaranmu ada dalam daftar ini, Sobat Pintar?

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog