APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

3 Contoh Cerita Inspiratif Terbaik beserta Pembahasan tentang Teks Insipratif

Cerita inspiratif singkat, yang ditulis dengan struktur dan kaidah kebahasaan yang baik, mampu membangkitkan semangat pembacanya.

Photo by Alena Koval on Pexels

Teks cerita inspiratif sebenarnya dapat kita jumpai di mana saja. Apalagi saat merasa lelah, putus asa, bingung akan masalah yang dihadapi, kita bisa kembali bersemangat setelah membaca sebuah cerita inspiratif singkat. Kamu pernah mengalaminya, Sobat Pintar?

Eitts, tapi kamu udah tahu atau belum nih, apa itu teks inspiratif? Kalau belum, simak penjelasan ini dan jangan lewatkan contoh teks inspiratif di bawah, ya!

 

Pengertian Teks Inspiratif

struktur teks cerita inspiratif
Photo by Lum3n on Pexels

Dikutip dari buku Bestie Book Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII, VIII, & IX, pengertian teks cerita inspiratif adalah bahan tertulis yang digunakan sebagai media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Seperti telah disebutkan sebelumnya, teks inspiratif bertujuan untuk meningkatkan dan menggugah motivasi, semangat, serta rasa percaya diri pembacanya.

 

Struktur Teks Inspiratif 

contoh teks inspiratif singkat
Photo by Ylanite Koppens on Pexels

Sama dengan teks lainnya, teks inspiratif dibangun atas beberapa struktur. Struktur teks cerita inspiratif ada empat, yaitu orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. 

  1. Orientasi adalah bagian teks yang berisi pengenalan peristiwa, tokoh, ataupun latar cerita. 
  2. Komplikasi adalah bagian teks yang memuat masalah atau konflik yang dialami tokoh utama.
  3. Resolusi menceritakan penyelesaian dari masalah yang dialami tokoh. 
  4. Koda merupakan bagian akhir dalam teks cerita inspiratif. Koda adalah bagian yang berisi ulasan hikmah atas peristiwa yang dialami tokoh utama.

 

Kaidah Kebahasaan Teks Inspiratif 


Photo by Yannick Pulver on Unsplash

Kaidah kebahasaan merupakan ciri khas penggunaan bahasa dari setiap teks yang bisa membedakannya dengan teks lain. Dalam penyampaiannya, teks insipiratif memiliki kaidah bahasa tersendiri. Berikut penjelasan terkait kaidah bahasa
teks cerita inspiratif. 

Menggunakan Kata-Kata Bermakna Lampau

Teks insipiratif biasanya menceritakan kisah yang sudah terjadi. Oleh sebab itu, di dalamnya akan dijumpai penggunaan kata-kata yang bermakna lampau, seperti sudah, dulu, dan terjadi.

Menggunakan Konjungsi Kronologis

Konjungsi kronologis adalah kata hubung yang menjelaskan urutan kejadian. Contoh konjungsi kronologis antara lain kemudian, lalu, dan selanjutnya.

Menggunakan Kata Kerja Mental 

Kata kerja mental adalah kata kerja yang menunjukkan respons atau sikap terhadap tindakan. Bentuknya tidak melibatkan fisik, seperti tersinggung, menikmati, dan mempercayai.

Menggunakan Sudut Pandang Orang Pertama 

Teks cerita insipiratif kebanyakan menggunakan sudut pandang orang pertama, yaitu penulis menempatkan dirinya sebagai tokoh yang terlibat dalam cerita. Oleh karena itu, dalam teks cerita insipiratif akan banyak dijumpai penggunaan kata ganti orang pertama, seperti aku dan saya.

Setelah mempelajari kaidah kebahasaan dan struktur teks inspiratif, sekarang kita lihat contoh cerita inspiratif itu seperti apa. Di bawah ini ada beberapa contoh teks inspiratif singkat yang bisa kamu pelajari, sekaligus nikmati, Sobat!

 

Contoh Teks Inspiratif 1

Orientasi 

Siapa yang tidak kenal Universitas Harvard? Universitas Amerika yang terkenal ini telah menjadi impian kebanyakan orang di sini. Universitas Harvard adalah satu di antara universitas terbaik di dunia yang terletak di Cambridge, Massachusetts, AS. 

Proses penerimaan di Harvard sangat ketat. Tak hanya itu, mereka yang bisa memasuki Ivy League biasanya dari keluarga kaya. Namun, tidak berarti siswa dengan latar belakang sederhana akan ditolak.

Seorang remaja bernama Athena Capo-Battaglia dari New York, AS, diterima di Harvard meski tidak memiliki perumahan dan tempat tinggal. 

Komplikasi

Kisah Athena disebarluaskan oleh Universitas Harvard beberapa waktu lalu. Athena berasal dari keluarga miskin, mereka bahkan tidak punya rumah. Ibu Athena hanya dapat membayar sewa jika dia harus tinggal di tempat penampungan. Selain itu, sang ibu mengidap kanker payudara. Hal ini yang mendorong Athena untuk belajar dengan giat.

"Saya merasa harus kuliah karena tempat ini bukan tempat yang saya inginkan. Saya berpikir, "Ya, ini cara saya keluar dan mungkin saya bisa menemukan pekerjaan yang baik di masa depan," kata Athena.

Resolusi

"Aku menelepon temanku dan berteriak, 'Oh Tuhan, aku diterima di Harvard!' Itu sangat menggembirakan. Aku terbiasa menantang diriku sendiri. Itulah yang aku lakukan selama hidupku," ungkap Athena.

Tak hanya berprestasi di akademis, Athena juga mengikuti program NYPD (New York City Police Department). Di sana ia mendapat training untuk membantu menjaga keamanan lingkungan. Berkat program tersebut, ia berkesempatan belajar bela diri, teknik patroli, penanganan pertama kecelakaan, dan lain-lain. Gadis 18 tahun itu pun menjadi salah seorang yang menerima beasiswa 1.000 dolar Amerika (Rp14 jutaan) dari kantor wali kota.

Koda

Kini Athena sudah tinggal di lingkungan kampus Harvard. Mahasiswa yang ingin mengambil jurusan Neurosains tersebut berencana untuk kuliah sekaligus bekerja. Nantinya, ketika waktu liburan, ia akan berkunjung ke penampungan bersama sang ibu, yang juga menjadi relawan NYPD. Athena bahkan terpikir untuk bergabung dengan kepolisian setelah lulus.

 

Contoh Teks Inspiratif 2

Orientasi 

Di sebuah kota, terdapat tradisi membuang orang yang sudah tua ke hutan. Mereka yang dibuang adalah orang tua yang sudah tidak berdaya dan dianggap sebagai beban oleh anak-anaknya. Pada suatu hari, ada seorang pemuda yang berniat membuang ibunya ke hutan karena sang ibu telah lumpuh dan mulai pikun. Si pemuda tampak bergegas menyusuri hutan sambil menggendong ibunya itu. Sang ibu yang kelihatan tak berdaya berusaha menggapai setiap ranting pohon yang bisa diraihnya dan mematahkannya kemudian menaburkannya di sepanjang jalan yang mereka lalui.

Komplikasi

Sesampainya di dalam hutan yang sangat lebat, si anak menurunkan ibu tersebut dan mengucapkan kata perpisahan sambil berusaha menahan sedih karena ternyata dia juga tidak menyangka akan sanggup melakukan perbuatan ini. Justru sang ibu yang tampak tegar, dalam senyumnya dia berkata, "Anakku, aku sangat menyayangimu. Dari kau kecil sampai dewasa aku selalu merawatmu dengan segenap cintaku. Bahkan sampai hari ini rasa sayangku tidak berkurang sedikitpun. Tadi aku sudah menandai sepanjang jalan yang kita lewati dengan ranting-ranting kayu. Aku takut kau tersesat, ikutilah tanda itu agar kau selamat sampai di rumah."

Resolusi

Mendengar kata-kata tersebut, si anak menangis dengan sangat keras, kemudian langsung memeluk ibunya dan kembali menggendonya untuk membawa sang ibu pulang ke rumah. Pemuda tersebut akhirnya merawat ibu yang sangat mengasihinya tersebut sampai sang ibu meninggal.

Koda

Ia pun sadar bahwa orang tua bukan barang yang bisa dibuang atau diabaikan setelah terlihat tidak berdaya. Sang anak kembali teringat, saat masih kecil, sang ibu merawatnya dengan penuh sukacita, tanpa merasa terbebani sedikit pun. Lalu, mengapa dirinya segan untuk membalas jasanya?

 

Contoh Teks Inspiratif 3

Orientasi

Di sebuah taman, ada seorang anak yang sedang bermain lalu ia menemukan kepompong kupu-kupu di sebuah dahan yang rendah. Diambilnya kepompong tersebut dan tampak ada lubang kecil di sana. Anak itu tertegun mengamati lubang kecil tersebut karena terlihat ada seekor kupu-kupu yang sedang berjuang untuk keluar membebaskan diri melalui lubang tersebut. Lalu tampaklah kupu-kupu itu berhenti mencoba. Dia kelihatan sudah berusaha semampunya dan nampaknya sia-sia untuk keluar melalui lubang kecil di ujung kepompongnya.

Melihat fenomena itu, si anak menjadi iba dan mengambil keputusan untuk membantu si kupu-kupu keluar dari kepompongnya. Dia pun mengambil gunting lalu mulai membuka badan kepompong dengan guntingnya agar kupu-kupu bisa keluar dan terbang dengan leluasa.

Komplikasi

Begitu kepompong terbuka, kupu-kupu pun keluar dengan mudahnya. Akan tetapi, ia masih memiliki tubuh gembung dan kecil. Sayap-sayapnya nampak masih berkerut. Anak itu pun mulai mengamatinya lagi dengan saksama. Ia berharap agar sayap kupu-kupu tersebut berkembang, sehingga bisa membawa si kupu-kupu mungil terbang menuju bunga-bunga yang ada di taman.

Resolusi

Harapan tinggal harapan. Apa yang ditunggu-tunggu si anak tidak kunjung tiba. Kupu-kupu tersebut terpaksa menghabiskan sisa hidupnya dengan merangkak di sekitarnya dengan tubuh gembung dan sayap yang masih berkerut serta tidak berkembang dengan sempurna. Kupu-kupu itu akhirnya tidak mampu terbang seumur hidupnya.

Koda

Si anak rupanya tidak mengerti bahwa kupu-kupu perlu berjuang dengan usahanya sendiri untuk membebaskan diri dari kepompongnya. Lubang kecil yang perlu dilalui akan memaksa cairan dari tubuh kupu-kupu masuk ke dalam sayap-sayapnya sehingga dia akan siap terbang dan memperoleh kebebasan.

Oke deh, sampai sini dahulu kita belajar mengenai teks cerita inspiratif ya, Sobat Pintar! Kamu bisa belajar lebih banyak tentang Cerita Inspiratif secara mandiri. Materi ini juga tersedia untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan mengunduh aplikasi Aku Pintar, kamu bisa mengakses peta belajar, pengertian, struktur, kaidah kebahasaan, sampai evaluasi akhir cerita inspiratif. 

 

 

 

Penulis: Kak Nia

Penyunting: Deni Purbowati

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog