redesain-navbar Portlet

null

Blog

4 Sekolah di Institut Teknologi Bandung

Pemilihan jurusan di ITB berbeda dari kampus-kampus lain.

Sekolah di Institut Teknologi Bandung, image via webpac.lib.itb.ac.id/

Adakah Sobat Pintar yang ingin belajar di Institut Teknologi Bandung? Sudah menentukan ingin belajar dijurusan apa? Eitts, kita tidak bisa menentukan pilihan jurusan pada saat seleksi masuk ITB, lho!

Pada SBMPTN, misalnya, pilihan yang ditawarkan adalah fakultas atau sekolah di ITB – bukan prodi! Mahasiswa baru ITB memang menjalani Program Tahap Persiapan Bersama (Program TPB) pada fakultas dan sekolahnya masing-masing selama dua semester awal kuliahnya. Baru kemudian, perkuliahan dilakukan ditiap jurusan.

Karena fakultas-fakultas ITB sudah ada di sini, sekarang kita mengenal lebih jauh tentang sekolah-sekolahnya ya, Sobat.Siapatahu, jurusan yang Sobat incar berada pada salah satu sekolah di ITB – bukan di fakultasnya.

 

1. Sekolah Farmasi

Sekolah Farmasi memiliki sejarah dengan Universitas Indonesia sebagai Departemen Farmasi sebelum menjadi bagian dari ITB seperti sekarang. Saat ini ada lima kelompok keilmuan di SF ITB, yaitu (1) Biologi Farmasi dan Olahraga, (2) Farmasi Klinik, (3) Farmakologi, (4) Farmakokimia, dan (5) Farmasetika.

SF ITB menaungi dua prodi Sarjana, yaitu (1) Farmasi Klinik dan Komunitas serta (2) Sains dan Teknologi Farmasi. Kedua prodi ini merupakan bagian dari rumpun Saintek.

 

2. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati

Sobat Pintar yang memiliki minat pada ilmu-ilmu hayati (life sciences) besar kemungkinan tertarik pada SITH ITB. Disini kita belajar tentang bioteknologi dan ilmu pengetahuan kehayatan (biosains).

Terdapat delapan kelompok keilmuan SITH ITB, yaitu (1) Teknologi Kehutanan, (2) Sains dan Bioteknologi Tumbuhan, (3) Manajemen Sumberdaya Hayati, (4) Genetika dan Biologi Molekuler, (5) Fisiologi, Perkembangan Hewan, dan Sains Biomedika, (6) Ekologi, (7) Bioteknologi, serta (8) Agroteknologi dan Teknologi Bioproduk.

SITH ITB menaungi lima prodi Sarjana, yaitu (1) Biologi, (2) Mikrobiologi, (3) Rekayasa Hayati, (4) Rekayasa Pertanian, (5) dan Rekayasa Kehutanan. Pastinya, prodi-prodi Saintek ini dapat dipilih oleh Sobat Pintar dari kelas IPA.

 

3. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika

Pada awalnya, STEI ITB merupakan gabungan dari Departemen Teknik Informatika dan Teknik Elektro. Seiring waktu, jumlah prodi STEI ITB-pun meningkat. Kini sudah ada enam prodi Saintek pada jenjang Sarjana, yaitu (1) Teknik Elektro, (2) Informatika, (3), Teknik Tenaga Listrik, (4) Teknik Telekomunikasi, (5) Sistem dan Teknologi Informasi, dan (6) Teknik Biomedis.

 

4. Sekolah Bisnis dan Manajemen

Menarik bahwa SBM ITB dilahirkan dari Teknik Industri pada konsentrasi Manajemen Operasional. Dan lebih menarik lagi, sekolah ini menjadi satu-satunya dalam rumpun Soshum. Sobat Pintar dari kelas IPS bisa siap-siap kuliah di ITB, nih! SBM ITB sendiri menaungi tiga prodi dijenjang Sarjana, yaitu (1) Manajemen, (2) Kewirausahaan), dan (3) Bisnis Internasional.

 

Nah, sudah menemukan jurusan incaranmu di ITB, Sobat? Tetap tekun mempersiapkan seleksi masuk ITB, ya! Termasuk, dengan tidak melewatkan belajar bersama di AP Live.

2
60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
PENS mana?
00
text
00

CssBlog

metablog-web Portlet