redesain-navbar Portlet

null

Blog

5 Cara Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri

Ketahui tips penting tentang cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

beasiswa s1 luar negeri, Photo by RUT MIIT on Unsplash

"Pengin bisa kuliah kayak Maudy Ayunda, tapi gimana cara dapat beasiswa luar negeri?"

Bermimpi besar itu harus, Sobat. Kalau bisa mendapatkan pendidikan dengan kualitas A, kenapa kita harus pilih B? Sekarang yang mesti kita temukan adalah cara menuju impian itu. Nah, bagaimana sih, cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri?

 

1. Pertahankan dan Perbaiki Prestasimu

cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri
Photo by Nataliya Vaitkevich on Pexels

Ada beberapa jenis beasiswa, salah satunya adalah beasiswa prestasi. Beasiswa ini diberikan oleh pihak lembaga donor kepada siswa atau mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik di atas rata-rata. Kebanyakan beasiswa S1 luar negeri menggunakan tolok ukur prestasi dalam proses seleksinya.

"Aduh, nilai raporku pas-pasan, nih. Gimana cara dapat beasiswa kuliah di luar negeri kalau begini?"

Eits, jangan keburu galau, Sobat. Masih ingat kan, bahwa ada beberapa jenis beasiswa. Nah, ada beasiswa luar negeri dengan nilai rapor minimal sebagai syarat. Sementara itu, ada pula beasiswa lain yang tak mensyaratkan nilai rapor tertentu. Akan tetapi, hampir setiap beasiswa S1 luar negeri, juga beasiswa S2 luar negeri, mensyaratkan nilai minimal TOEFL/TOEIC/IELTS.

Kalau begitu, harus belajar persiapan TOEFL juga, dong? Betul sekali, Sobat. Cara kuliah di luar negeri dengan beasiswa memang penuh perjuangan. Tapi bukankah impian itu memang harus diperjuangkan?

 

2. Riset tentang Beasiswa dan Lembaga Donor

cara dapat beasiswa kuliah di luar negeri
Photo by StockSnap on Pixabay

Lagi-lagi, karena beasiswa S1 luar negeri itu ada banyak macamnya, kita harus super kepo tentang beasiswa incaran. Apa saja ketentuannya? Apakah beasiswa tersebut merupakan beasiswa luar negeri dengan nilai rapor tertentu yang disyaratkan? Manakah yang harus kita persiapkan, belajar untuk mengikuti TOEFL, IELTS, atau justru TOEIC? Kepoin juga tentang lembaga donornya, Sobat. Apakah beasiswa tersebut dari pemerintah atau universitas? Apakah beasiswanya bersifat penuh atau parsial?

Sebenarnya tak ada beasiswa S1 luar negeri yang mudah didapat. Namun kalaupun beasiswa seperti itu ada, maka ada satu trik penting yang perlu Sobat tahu, nih: jangan ragu untuk menghubungi pihak lembaga donor beasiswa incaranmu. Stalk media sosialnya, kunjungi web resminya, kirim email dan ajukan pertanyaan-pertanyaan yang selama ini mengganjal di kepalamu tentang proses seleksi beasiswa tersebut. Semakin lengkap informasi tentang cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri dari lembaga tersebut yang Sobat Pintar peroleh, semakin baik.

 

3. Seleksi dan Tentukan Beasiswa Terbaikmu

cara dapat beasiswa luar negeri
Photo by sasint on Pixabay

Mencari cara mendapatkan beasiswa di luar negeri memang penting. Namun yang tak kalah penting, pastikan bahwa beasiswa itu memang sejalan dengan impianmu, Sobat. Kalau impianmu kuliah Sastra, jangan lantas tiba-tiba memilih kuliah Ekonomi karena persyaratan beasiswanya lebih mudah dipenuhi. Enggak gitu juga dong, Sobat.

Setelah mendapatkan informasi tentang berbagai beasiswa S1 luar negeri, seleksi dan susun daftar beasiswa-beasiswa yang Sobat minati. Buat klasifikasi penting seperti negara, universitas, program studi, bahasa, jenis beasiswanya, hingga deadline pendaftaran beasiswa. Tabel klasifikasi ini akan terisi dengan baik bila langkah kedua di atas sudah Sobat kerjakan dengan baik pula.

Menyertakan klasifikasi peluang juga boleh loh, Sobat. Beasiswa dengan jumlah aplikan yang rendah boleh jadi memberimu peluang lolos seleksi yang lebih besar. Tapi perlu diingat, rumus jika-maka seperti ini tidak terhitung sebagai cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri yang selalu akurat ya, Sobat.

 

4. Persiapan yang Matang

cara mendapatkan beasiswa di luar negeri
Photo by Van Tay Media on Unsplash

Jika pilihanmu sudah tetap, langkah berikutnya adalah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti surat rekomendasi, esai, motivation letter, hingga CV. Jangan ragu meminta bantuan bila Sobat Pintar mengalami kesulitan pada tahap ini. Saran dan masukan dari konsultan pendidikan atau mereka yang mengetahui cara kuliah di luar negeri dengan beasiswa dapat mengurai benang kusut di kepala Sobat Pintar.

Mumpung banget, nih. Kak Fauzi Achmad Zaky, Konsultan Pendidikan Luar Negeri Schoters, bakalan share Tips Meraih Beasiswa ke Luar Negeri nanti pada hari Kamis, tanggal 28 Oktober 2021, pukul 15.30 WIB – 16.30 WIB. Sobat Pintar yang lagi nyari-nyari beasiswa kuliah luar negeri 2022 enggak boleh ketinggalan, nih. Segera daftar, ya!

©Aku Pintar

 

5. Ajukan Permohonan Beasiswamu

cara kuliah di luar negeri dengan beasiswa
Photo by StockSnap on Pixabay

Setelah melewati perjalanan panjang mempertahankan nilai rapor sambil belajar IELTS, stalking lembaga donor, menyeleksi beasiswa, membuat draf esai dan merevisinya lagi, Sobat Pintar akan tiba pada satu momen penting yaitu apply beasiswa S1 luar negeri incaranmu. Namun sebelum itu, pastikan dan pastikan lagi bahwa semua dokumen yang akan dikirim sudah lengkap. Jangan lupa menyertakan nomor telepon dan alamat email agar pihak penyeleksi beasiswa dapat menghubungimu dengan mudah.

Semoga tips tentang cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri ini dapat membantu Sobat Pintar mewujudkan impian. Good luck with your study!

220

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet