APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Jurusan Kesehatan Populer – Selain Kedokteran

Selain Pendidikan Dokter, masih banyak jurusan-jurusan lain dibidang kesehatan.

Jurusan Kesehatan Populer Selain Kedokteran, image via catalog.slu.edu

Pendidikan Dokter adalah jurusan kesehatan yang selalu menjadi favorit SBMPTN dari tahun ketahun. Ketika ditanya "Kuliah apa?" dan jawaban yang diberikan adalah "Kesehatan," seolah ada kebanggan tersendiri dalam nada suara. Salah satu sebabnya, asumsi paling umum dari 'kuliah kesehatan' adalah menjadi mahasiswa Pendidikan Dokter.

Padahal, jurusan kesehatan ada banyak ragamnya, Sobat. Selain Pendidikan Dokter, masih banyak pilihan lain yang tak kalah populernya – seperti dibawah ini.

 

1. Ilmu Gizi

Ada istilah kuratif dan preventif – pernah mendengarnya, Sobat? Pendidikan Dokter lebih bersifat kuratif, mengobati pasien yang sakit. Uniknya, Ilmu Gizi dapat bersifat preventif maupun kuratif.

Pada jurusan ini, kita belajar tentang pemenuhan nutrisi dalam keadaan sehat maupun sakit. Kebutuhan nutrisi balita, remaja, ibu menyusui, hingga manula berbeda. Masing-masing memerlukan asupan makanan sehat, sesuai dengan kebutuhannya, agar kesehatannya terjaga dengan baik.

Sementara itu, pasien yang dirawat di rumah sakit juga memerlukan nutrisi yang berbeda agar lekas pulih dari sakitnya. Nah, jurusan ini tak kalah penting dibanding Pendidikan Dokter, bukan?

 

2. Kesehatan Masyarakat

Sobat Pintar pernah menggunakan BPJS Kesehatan? Sistem jaminan kesehatan nasional ini mengharuskan kita memeriksakan diri ke Fasilitas Kesehatan secara berjenjang ketika sakit. Kemudian, dokter memeriksa dan memberi kita resep obat yang diproduksi oleh farmasi.

Artinya, sistem kesehatan sebenarnya cukup kompleks – tidak hanya tentang dokter. Nah, pada Jurusan Kesehatan Masyarakat inilah kita belajar tentang kompleksnya persoalan kesehatan.

Sama seperti Ilmu Gizi, Kesehatan Masyarakat dapat diterapkan pada sisi preventif maupun kuratif. Alumni jurusan ini banyak dibutuhkan pada sektor-sektor kesehatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, seperti pada Dinas Kesehatan, Badan Narkotika Nasional, termasuk juga BPJS Kesehatan.

 

3. Ilmu Keperawatan

Sobat Pintar pasti sudah tak asing lagi dengan profesi perawat, bukan? Ya, perawat adalah petugas kesehatan yang melakukan kontak langsung dengan pasien, bagaimanapun keadaannya – sama seperti dokter. Jadi, tak hanya kecerdasan, tapi dibutuhkan pula mental yang tangguh untuk belajar tentang Ilmu Keperawatan.

Bahkan, sebelum lulus kuliah, mahasiswa Ilmu Keperawatan juga wajib praktik dinas di rumah sakit – iya, sama seperti dokter. Bedanya dari Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan dapat kita jumpai pada program diploma dan sarjana.

 

4. Kebidanan

Disini kita belajar tentang kehamilan, persalinan, pelayanan setelah persalinan, hingga perencanaan kehamilan. Pekerjaan bidan pun tak lepas dari pemeriksaan kehamilan, membantu persalinan, maupun mendampingi dokter pada saat pasien mengalami persalinan. Jadi, wajar bila jurusan ini memang dikhususkan untuk perempuan saja.

Dibutuhkan komitmen tinggi bila Sobat Pintar ingin kuliah Kebidanan dan menjalani profesi Bidan. Apalagi, sekarang ini kematian ibu dan bayi saat persalinan menjadi perhatian penting pemerintah.

 

5. Farmasi

Seusai bertemu dokter, kita keluar ruang periksa dengan membawa selembar resep obat. Nah, alumni Farmasi yang menyiapkan obat-obatan yang kita butuhkan, Sobat. Tapi untuk menjadi seorang apoteker, kita harus terlebih dahulu menempuh Pendidikan Profesi Apoteker selama dua semester.

Selain menjadi apoteker, alumni Farmasi juga dibutuhkan pada sektor kosmetik dan makanan. Does it ring a bell? Iya, kita punya Badan Pengawas Obat dan Makanan. Lembaga ini membutuhkan orang-orang Farmasi yang ahli dibidangnya untuk meneliti makanan, obat-obatan, hingga kosmetik yang beredar ditengah masyarakat.

Kata kuncinya: meneliti. Jadi, bukan hal yang luar biasa bagi mahasiswa Farmasi untuk menghabiskan waktu berjam-jam di laboratorium melakukan praktikum.

 

Itulah lima jurusan kesehatan yang cukup populer. Lain kali mendengar jawaban "Kesehatan" saat ditanya "Kuliah apa?" jangan bingung lagi ya, Sobat. Atau, justru Sobat yang akan memberi jawaban demikian?

200

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog