redesain-navbar Portlet

null

Blog

7 Jurusan Aktuaria Terbaik di Indonesia untuk Diskusi di Kelas

Mengenal Aktuaria, sebuah jurusan yang baru muncul, sebagai salah satu topik diskusi dan konseling.

Jurusan Aktuaria Terbaik, photo by Pixabay on pexels

Jurusan Aktuaria di Indonesia baru dibuka di perguruan tinggi negeri pada 2017. Namun pada UTBK 2020, Jurusan Aktuaria atau Ilmu Aktuaria sudah mencetak skor terbaik kedua di ranah Saintek. Tentang apakah sebenarnya Ilmu Aktuaria ini? Di mana kampus yang punya jurusan ini? Dan apa saja peluang profesi yang ditawarkannya? Sebagai Guru Pintar, apa yang kita perlu tahu tentang Aktuaria?

 

Ilmu Aktuaria, Idola Baru yang Semakin Populer

Aktuaria adalah ilmu tentang asuransi. Lebih tepatnya, Aktuaria adalah ilmu tentang pengelolaan risiko keuangan pada masa mendatang. Dalam Ilmu Aktuaria, Ilmu Statistika dan metode Matematika digunakan untuk menaksir risiko dalam industri keuangan dan asuransi.

Itulah sebabnya mahasiswa Jurusan Aktuaria di Indonesia tak hanya belajar tentang keuangan, Ekonomi, maupun asuransi, tapi juga Matematika, Statistika, peluang, hingga pemrograman komputer. Bahkan karena kedekatannya dengan Ilmu Matematika, Aktuaria sering disebut sebagai Matematika Asuransi.

 

Jurusan Aktuaria Terbaik di Indonesia Ada di Tujuh Universitas Ini

Aktuaris adalah salah satu profesi yang ditekuni oleh alumni Jurusan Aktuaria (di Universitas Indonesia disebut Ilmu Aktuaria). Profesi ini sudah cukup populer di negara-negara maju, sedangkan aktuaris bersertifikasi di Indonesia masih kurang dari 200 orang.

Guna memenuhi kebutuhan tenaga aktuaris di dalam negeri, beberapa perguruan tinggi negeri mengawali membuka Jurusan Aktuaria. Dan inilah tujuh universitas dengan Jurusan Aktuaria terbaik di Indonesia.

1. Institut Pertanian Bogor

Menjadi bagian dari Fakultas Matematika dan llmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Aktuaria IPB menerima mahasiswa baru sejak 2017. Aktuaria IPB menjadi Jurusan Aktuaria terbaik di bidang Matematika, terutama dalam perhitungan dugaan risiko, proyeksi nilai akumulasi cash flow, hingga perhitungan present value.

2. Universitas Indonesia

Ilmu Aktuaria UI juga berada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Seleksi mahasiswa baru Ilmu Aktuaria UI dilakukan melalui jalur tes dan prestasi. Sebagai salah satu Jurusan Aktuaria terbaik, mahasiswa UI dapat mengikuti proses penyetaraan ujian profesi Ajun Aktuaris oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI).

3. Institut Teknologi Bandung

Sebagai salah satu universitas dengan Jurusan Aktuaria terbaik di Indonesia, ITB telah membuka program magister Aktuaria sejak 1998. Kemudian, program sarjana Aktuaria di Fakultas Matematika dan llmu Pengetahuan Alam (FMIPA) baru dibuka pada 2018. Aktuaria ITB adalah Jurusan Aktuaria terbaik untuk belajar tentang portofolio keuangan maupun evaluasi risiko.

4. Universitas Gadjah Mada

Jurusan atau Program Studi Aktuaria UGM dibuka di Fakultas Matematika dan llmu Pengetahuan Alam (FMIPA) pada 2018. Lebih dari sekedar sebagai universitas yang ada jurusan Aktuaria, UGM bertekad memiliki Jurusan Aktuaria terbaik di Indonesia. Untuk itu, UGM menjalin kerja sama dengan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) dan PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) dalam penyelenggaraan program perkuliahan Aktuaria dan ujian profesi serta sertifikasi aktuaris.

5. Institut Seknologi Sepuluh Nopember

Aktuaria ITS berada di Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains Data (FMKSD). Sebagai salah satu universitas dengan Jurusan Aktuaria terbaik di Indonesia, ITS menjalin kerja sama dengan University of Waterloo dalam penyusunan kurikulum perkuliahan Ilmu Aktuaria. Asuransi bencana, asuransi syariah, dan asuransi kelautan menjadi keunggulan Ilmu Aktuaria yang dipelajari di ITS.

6. Universitas Padjadjaran

Aktuaria Unpad adalah salah satu Jurusan Aktuaria di Indonesia yang dibuka pada 2018. Jurusan Aktuaria di Unpad adalah Jurusan Aktuaria terbaik untuk belajar tentang asuransi jiwa, asuransi umum, dan pensiun di lembaga non-perbankan.

7. Universitas Brawijaya

Baru dibuka pada 2020, Jurusan Aktuaria UB berada di Fakultas Matematika dan llmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Untuk angkatan pertamanya, salah satu Jurusan Aktuaria di Indonesia ini menerima 80 mahasiswa baru melalui SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri.

Ilmu Aktuaria juga dapat dipelajari sebagai salah satu peminatan pada Jurusan atau Prodi Matematika, seperti di Universitas Parahyangan. Peminatan Aktuaria di Matematika Unpar bahkan sudah dimulai sejak 2008. Kerjasama Unpar dengan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) memungkinkan mahasiswanya untuk mengikuti ujian penyetaraan selama kuliah.

 

Ilmu Aktuaria dan Peluang Profesinya

Mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) adalah langkah berikutnya bagi alumni Aktuaria untuk menjadi sekorang Ajun Aktuaris atau Associate. Bekal Ilmu Aktuaria juga dapat membuka peluang pada profesi-profesi lain, seperti pemeriksa klaim asuransi, penaksir asuransi, ataupun surveyor risiko asuransi.

10

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet