redesain-navbar Portlet

null

Blog

Biaya Hidup Mahasiswa Kuliah di Malang – Apa Saja yang Perlu Diperhitungkan?

Adalah bijak untuk berhati-hati dengan biaya hidup selama kuliah di perantauan.

Biaya Hidup Mahasiswa, poto by Vlada Karpovich on pexels

Sebagai salah satu kota idaman pelajar, berapa sih biaya hidup mahasiswa di Malang? Sobat Pintar juga bercita-cita melanjutkan kuliah ke salah satu perguruan tinggi di kota ini?

Merantau ke Malang, sebagaimana ke kota-kota lain, tak bisa dilakukan tanpa persiapan yang baik. Dari ujung Sabang sampai Merauke, biaya hidup di berbagai kota di Indonesia berbeda-beda. Begitu pula dengan kehidupan di Malang. Lantas, bagaimana biaya hidup di Malang bagi mahasiswa perantauan?

 

Tempat dan Biaya Kost di Malang

Dikenal sebagai kota pelajar, tak sulit untuk menemukan tempat kost mahasiswa di Malang. Tempat kost di kota ini pun beragam. Ada yang berupa kamar dengan berbagai fasilitas yang berbeda, apartemen, hingga rumah kontrak.

Untuk menekan biaya hidup di Malang, mahasiswa yang merantau biasanya patungan mengontrak rumah. Harga sewa rumah di Malang berkisar antara belasan hingga puluhan juta rupiah per tahun tanpa perabotan. Untuk biaya rutin seperti listrik, air, maupun internet, masing-masing penghuni kontrakan biasanya patungan lagi setiap bulannya.

Ogah ribet ngurusin kontrakan? Tinggal di kost saja, Sobat. Biaya kost di Malang juga beragam, tergantung fasilitas masing-masing kamar. Misalnya, kamar kost dengan kamar mandi di dalam biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih tinggi daripada kamar kost yang berbagi kamar mandi dengan sesama teman kost yang lain.

Harga kost juga berbeda, ada yang per bulan, per semester, atau per tahun. Pada umumnya, biaya kost di Malang berkisar ratusan ribu rupiah. Namun lokasi rumah kost juga berpengaruh, Sobat. Semakin dekat dengan kampus dan fasilitas publik seperti transportasi umum, biasanya semakin tinggi pula harga kost yang ditawarkan.

Money isn't an issue for you? Kalau begitu, apartemen bisa masuk pilihan nih, Sobat. Menyewa dan tinggal di apartemen terasa lebih efisien bagi Sobat Pintar yang tak memiliki kendala finansial. Pasalnya, fasilitas yang ditawarkan di apartemen jauh lebih lengkap dan nyaman ketimbang di rumah kontrakan maupun rata-rata kamar kost.

 

Lifestyle dan Ragam Makanan di Malang

Kenapa lifestyle tak bisa dipisahkan dari budgeting biaya makanan saat tinggal di Malang? Because here in Malang, you have a vast array of selections in terms of how you want to enjoy your meals, Sobat.

Mahasiswa yang memilih makanan warung di dekat kampus atau kost pada akhirnya mengeluarkan biaya hidup di Malang yang lebih rendah dibandingkan mereka yang sering makan dan nongkrong di cafe. Jika memilih menu-menu rumahan sederhana a la warung, biaya satu kali makan berkisar antara Rp10.000,00 hingga Rp25.000,00.

Sebaliknya, siapkan extra budget kalau Sobat akan makan dan nongkrong di resto atau cafe yang sekarang semakin mudah ditemukan di Malang. Menu-menu yang ditawarkan di tempat makan 'non-warung' ini rata-rata berharga di atas Rp25.000,00.

Harga di atas memang bukan ukuran mutlak. Misalnya, sebotol air mineral di cafe tentu harganya tak sampai Rp25.000,00. Yang pasti, jika ingin menekan biaya hidup di Malang, memasak makanan sendiri adalah pilihan yang cerdas – dan lebih sehat!

 

Transportasi Mahasiswa di Malang

Sebagai mahasiswa yang harus mengerjakan berbagai macam tugas, transportasi menjadi rutinitas yang tak terelakkan. Jadi, jangan sampai terlewat memperhitungkan transportasi sebagai bagian dari biaya hidup ya, Sobat.

Sebagian mahasiswa di Malang kuliah dengan menggunakan kendaraan pribadi, motor sekalipun. Sedangkan bagi sebagian yang lain, mobilitasnya sangat tergantung pada transportasi umum. Apapun itu, tetap ada biaya dan pengeluaran pada kedua jenis mobilitas mahasiswa ini. Ya, biaya hidup kuliah di Malang tak lepas dari biaya transportasi.

Dengan kendaraan pribadi, pengeluaranmu terkait dengan harga bahan bakar dan servis kendaraan. Sedangkan jika mobilitasmu menggunakan transportasi umum, pengeluaranmu dipengaruhi oleh tarif angkutan di Malang. Saat ini tarif angkutan umum untuk sekali jalan sekitar Rp4.000,00.

 

Biaya Lainnya dan Hiburan

While studying, don't forget to have fun. Nah, biaya hidup mahasiswa di Malang pada sektor having fun ini sangat subyektif – sesuai dengan selera dan keadaan finansial kita masing-masing.

As a friendly reminder, orang tua pastinya merestui kita merantau untuk kuliah demi masa depan yang lebih baik. Ada harapan dan doa yang dititipkan pada setiap lembar rupiah yang dikirimkan untuk kita. So, be kind and responsible in your spending, Sobat.

Anyway, rather than spending, why don't we use our spare time to learn how to make money? Bukankah dengan adanya pemasukan ekstra, berarti kita juga membantu orang tua dengan menyokong sebagian dari biaya hidup kuliah di Malang? So, what do you think, Sobat?

40

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
1 Comment
text
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp