redesain-navbar Portlet

Blog

Cara Mengenali Potensi Diri dan Mengembangkannya dengan Mudah

Menggali dan mengembangkan potensi diri menjadi "pekerjaan rumah" kita masing-masing.

mengenal potensi diri, Photo by Kristopher Roller on Unsplash

Sebenarnya, kalau boleh jujur, kita cukup sering mendapatkan dorongan semangat untuk menggali potensi diri. Tapi kalau boleh jujur lagi, sebenarnya kita juga masih kebingungan bagaimana caranya mengidentifikasi potensi diri masing-masing. Iya nggak, sih?

Jangankan mengenal potensi diri, lha wong kekurangan dan kelebihan diri sendiri saja kita masih belum sepenuhnya tahu. But it's okay, Sobat. You're not alone. Banyak dari kita yang masih belum benar-benar tahu apa itu potensi diri.

 

Apa yang Dimaksud dengan Potensi Diri?

cara mengetahui kemampuan diri
Photo by Miguel Bruna on Unsplash

Menurut KBBI, yang dimaksud dengan potensi adalah kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan. Potensi juga berarti kekuatan, kesanggupan, atau daya. Dari pengertian ini, kita bisa menyimpulkan bahwa potensi diri adalah kemampuan diri sendiri yang masih mungkin kita kembangkan lagi. Jika kemampuan atau kekuatan diri tersebut saat ini masih tersembunyi, kita harus menemukannya terlebih dulu agar dapat mengoptimalkannya.

"Hey! Gimana caranya mengoptimalkan sesuatu yang belum ketemu?" Yes, it's a good question, Sobat. Yuk, kita lanjutkan pembahasan tentang cara mengenali potensi diri ini pelan-pelan.

Misalnya, Sobat Pintar mengenal seseorang yang suka berdendang atau mahir memainkan alat musik. Lebih dari sekedar asal berdendang, tapi nyanyiannya emang enak didengar. Bahkan, ia tahu betul bagaimana memainkan beberapa alat musik. Sekali saja mendengarkan nada, ia bisa menirunya tanpa satupun kesalahan. Jika dicermati dari tanda-tandanya, kemungkinan besar orang ini (or, is it you, Sobat?) memiliki potensi musikal. Dari satu contoh potensi diri ini, kita bisa menerapkan cara serupa untuk mengenal potensi diri yang lain.

 

Apa Saja Ragam Kemampuan atau Potensi Diri Itu?

potensi diri sendiri
Photo by Tengyart on Unsplash

Salah satu teori tentang kemampuan atau potensi diri yang paling sering digunakan di dunia psikologi adalah Kecerdasan Majemuk. Dalam teori ini, Howard Gardner, psikolog Harvard yang merumuskan teori tentang Kecerdasan Majemuk, berpendapat bahwa setiap orang punya "kecerdasan" yang berbeda-beda. Jadi, jangan keburu merasa enggak punya bakat dan kemampuan apapun sebelum kita menggali potensi diri sendiri ya, Sobat.

Pada contoh di atas, seseorang dengan potensi musikal yang baik mungkin saja memiliki kemampuan di bidang lain seperti verbal ataupun naturalistik. Sebaliknya, boleh jadi kemampuan logikanya tak sebaik kemampuan verbalnya. Perbedaan kemampuan pada setiap orang seperti ini wajar terjadi karena masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan diri sendiri. Dalam teori Gardner, setiap orang memiliki delapan kemampuan berbeda, yaitu:

1. Musikal

2. Logika-Matematika

3. Visual-Spasial

4. Kinestetik

5. Intrapersonal

6. Interpersonal

7. Naturalistik

8. Verbal-Linguistik

Pertanyaannya, yang manakah kemampuan atau potensi diri yang kita miliki? Jika memang kemampuan logika kita kurang baik, misalnya, mengembangkan kemampuan tersebut akan terasa seperti menggarami lautan. Sebaliknya, mengembangkan kemampuan musikal yang merupakan potensi diri sendiri akan terasa jauh lebih mudah (imagine yourself like a plane taking off).

Kalau menggunakan cara mengenali potensi diri seperti contoh di atas, kita bisa meminta orang tua, guru, atau sahabat untuk mengamati kebiasaan kita. Lagipula, interaksi yang intensif dengan orang lain adalah salah satu cara mengenali diri sendiri yang baik, bukan?

Namun ada cara lain yang lebih akurat agar kita bisa mengidentifikasi potensi diri masing-masing, Sobat. Apa itu? Iya, betul. Sobat Pintar hanya perlu mengikuti Tes Kemampuan, jawab pertanyaan-pertanyaannya, dan... voila! Kita bakal mengetahui potensi diri terbaik kita. Sesimpel itu!

 

Bagaimana Cara Mengembangkan Potensi Diri?

mengetahui potensi diri
Photo by Danielle MacInnes on Unsplash

Setelah mengetahui potensi diri terbaikmu, Sobat Pintar bisa mulai mengoptimalkan potensi tersebut. Jika, kembali pada contoh di atas, kemampuan musikalmu begitu kuat, maka mengikuti les, kursus, atau ekskul musik atau tarik suara bakal mengoptimalkan kelebihanmu tersebut.

Hari gini, menggali potensi diri dan kemudian mengembangkannya semaksimal mungkin dapat dilakukan dengan mudah. Misalnya, Kursus Pintar membuka kelas-kelas khusus yang ditujukan untuk mengembangkan beragam kemampuan. Ada kelas Art and Craft, Media and Broadcasting, Entrepreneur and Business, Technology, maupun Communication/Public Speaking. Bahkan ada kelas Self Development buat Sobat Pintar yang masih ingin mengeksplorasi kekurangan dan kelebihan diri sendiri.

Mengikuti Kursus Pintar juga bisa menjadi cara mengetahui kemampuan diri yang lain disamping mengerjakan Tes Kemampuan. Ibaratnya memilih film yang akan ditonton nih, Sobat. Kita menentukan satu film berdasarkan ulasan dan rekomendasi. Begitu juga, kita memilih kursus untuk mengembangkan potensi diri sendiri, sesuai dengan hasil tes yang telah dikerjakan sebelumnya. Nah, sudah tahu apa yang mesti dilakukan sekarang untuk menggali potensi diri dan mengembangkannya, Sobat?

140

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet