CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Guru Ingin Meningkatkan Kualifikasi? Segera Daftar Beasiswa Guru 2022

Peluang beasiswa 2022 Microcredential dan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) untuk guru yang sayang untuk dilewatkan

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Beasiswa untuk guru 2022 adalah informasi yang dinanti-nanti oleh Guru Pintar yang ingin meningkatkan kompetensi diri supaya tetap dapat menyajikan pembelajaran yang berkualitas. Pada dasarnya menjadi guru adalah menjadi seorang pembelajar. Dengan mendaftarkan diri pada beasiswa tenaga kependidikan, Guru Pintar tidak hanya menunjukkan keinginan untuk belajar, tetapi juga komitmen untuk selalu mengembangkan diri untuk menjadi guru yang baik. Beasiswa pengajar adalah angin segar bagi Guru Pintar yang ingin melanjutkan pendidikan di Universitas ternama baik di dalam maupun luar negeri secara gratis.

peluang beasiswa kemdikbud untuk guru 2022
Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Informasi Beasiswa Kemendikbud untuk guru merupakan hal yang sangat ditunggu. Dari akun instagram guru.dikdas.kemdikbud dituliskan bahwa Ditjen GTK Kemdikbudristek bekerja sama dengan LPDP kembali memberikan kesempatan bagi guru PAUD dan SD untuk mengikuti Program Beasiswa Microcredential bidang literasi secara daring di Teachers College Columbia University, Amerika Serikat. Beasiswa guru paud dan SD ini ini akan dilaksanakan pada Juli 2022. Sedangkan pendaftarannya sudah dibuka dari tanggal 18 April s.d. 31 Mei 2022. Jika Guru Pintar tertarik mendaftar beasiswa Microcredetial ini, segera siapkan dokumen yang diperlukan dan mendaftar pada tautan http://ringkas.kemdikbud.go.id/beasiswaliterasi.

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)


Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Bagaimana dengan beasiswa guru smp dan guru pada jenjang pendidikan lainnya? Kemdikbud telah membuka pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Kemendikbudristek 2022 untuk Jenjang S1-S3 sudah dibuka. Guru Pintar dan juga para Dosen yang tertarik mendapatkan beasiswa untuk meneruskan kuliah ke jenjang sarjana dan doktor dapat segera mendaftarkan diri. Program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang diselenggarakan di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) adalah program beasiswa Pemerintah Indonesia berdasarkan amanat Dewan Penyantun LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) dan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang dilaksanakan oleh Kemdikbudristek melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) dan/unit-unit utama di lingkungan Kemdikbudristek yang didanai oleh LPDP. Beasiswa Pendidikan Indonesia ini bertujuan untuk:

1. Meningkatkan kemampuan dan kompetensi sumber daya manusia Indonesia yang mendukung percepatan pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Mengoptimalkan pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang ada di LPDP melalui pemberian beasiswa bergelar (degree) untuk jenjang pendidikan S1, S2 dan S3, dan non-gelar (non-degree) bagi Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan di perguruan tinggi terbaik di dalam negeri atau di luar negeri.

Beasiswa 2022 ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa S1-S3, beasiswa pelaku budaya, beasiswa guru dan calon guru, beasiswa dosen dan calon dosen, hingga beasiswa LPDP. Dilansir dari laman beasiswa.kemdikbud.go.id, dapat diketahui bahwa Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) ini memberikan kesempatan bagi WNI untuk menempuh pendidikan S1, S2, dan S3 di perguruan tinggi dalam maupun luar negeri. Cakupan beasiswa ini antara lain meliputi dana pendidikan dan biaya pendukung lainnya, seperti dana transportasi, aplikasi visa, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, serta tunjangan keluarga. Wah Menarik sekali, bukan?

Jenis beasiswa yang ditawarkan antara lain: 3 jenis beasiswa untuk S1; 6 jenis beasiswa untuk S2; dan 7 jenis beasiswa untuk S3. Berikut adalah daftar beasiswa program gelar 2022 yang akan dibuka:

Beasiswa S1/D4 

ditujukan untuk calon guru, pelaku budaya, dan siswa berprestasi. Durasi maksimal pembiayaan program ini adalah empat tahun. Ada tiga jenis beasiswa yang ditawarkan dalam program ini, yaitu:

1. Beasiswa S1/D4 Calon Guru SMK Dalam Negeri 

2. Beasiswa S1 Pelaku Budaya Dalam Negeri 

3. Beasiswa Indonesia Maju (BIM) S1 Dalam dan Luar Negeri 

Beasiswa S2 

Beasiswa S2 ini ditujukan untuk calon dosen/dosen perguruan tinggi pendidikan akademik dan vokasi, pelaku budaya, calon guru/guru dan tenaga kependidikan, serta mahasiswa berprestasi dan peneliti di bidang kesehatan. Durasi maksimal pembiayaan program beasiswa S2 2022 ini adalah dua tahun. Jenis beasiswa yang ditawarkan, yaitu: 

1. Beasiswa S2 Calon Dosen Perguruan Tinggi Akademik Dalam Negeri dan Luar Negeri 

2. Beasiswa S2 Calon Dosen Perguruan Tinggi Joint Degree/Double Degree 

3. Beasiswa S2 Dosen/Calon Dosen Perguruan Tinggi Vokasi Dalam Negeri 

4. Beasiswa S2 Guru dan Tenaga Kependidikan Dalam dan Luar Negeri 

5. Beasiswa S2 Pelaku Budaya Dalam Negeri dan Luar Negeri 

6. Beasiswa Indonesia Maju (BIM) S2 Dalam Negeri dan Luar Negeri 

Beasiswa S3 

Beasiswa S3 ini ditujukan untuk calon dosen/dosen perguruan tinggi pendidikan akademik dan vokasi, pelaku budaya, calon guru/guru dan tenaga kependidikan, serta mahasiswa berprestasi dan juga peneliti di bidang kesehatan. Durasi maksimal pembiayaan program beasiswa S3 ini adalah empat tahun. Jenis-jenis  beasiswa yang ditawarkan dalam Beasiswa s3 ini adalah sebagai berikut: 

1. Beasiswa S3 Dosen Perguruan Tinggi Akademik Dalam Negeri dan Luar Negeri 

2. Beasiswa S3 Joint Degree/Dual Degree Perguruan Tinggi Akademik 

3. Beasiswa S3 Dosen/Calon Dosen Perguruan Tinggi Vokasi Dalam Negeri 

4. Beasiswa S3 Guru dan Tenaga Kependidikan Dalam Negeri

5. Beasiswa S3 Dosen LPTK/Pendidikan Profesi Guru (PPG) Luar Negeri 

6. Beasiswa S3 Pelaku Budaya Dalam Negeri dan Luar Negeri 

7. Beasiswa S3 University of Oxford (Luar Negeri) 

Langkah-Langkah Pendaftaran Beasiswa S1-S3 Kemendikbudristek 2022 

Untuk mendaftar beasiswa-beasiswa di atas, Guru Pintar dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Bukalah laman https://beasiswa.kemdikbud.go.id melalui browser PC

2. Pilih jenjang beasiswa yang Guru Pintar inginkan, kemudian pilih Daftar 

3. Klik menu Daftar jika Guru Pintar belum mempunyai akun 

4. Lengkapilah formulir pendaftaran 

5. Cek email Guru Pintar kemudian lakukan aktivasi akun 

6. Setelah aktivasi, lanjutkan login dibeasiswa.kemdikbud.go.id 

7. Lengkapilah formulir registrasi beasiswa sesuai dengan persyaratan yang dicantumkan. Yang harus Diingat, pastikan data sudah benar dan ukuran dokumen maksimal 2 Mb 

8. Klik Submit data dan kemudian cetak kartu peserta beasiswa 

9. Yang terakhir, tinggal menunggu pengumuman di laman beasiswa.kemdikbud.go.id. Demikianlah informasi mengenai Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2022. Panduan pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia 2022 secara lengkap dapat di cek di website resmi Kemendikbudristek https://beasiswa.kemdikbud.go.id. Segera daftar ya,Guru Pintar. Jangan sampai terlewat kesempatan emas ini!

 

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog