redesain-navbar Portlet

null

Blog

Hindari 4 Pantangan Ini saat Memilih Jurusan Kuliah (Bulan Depan)

Dengan perhitungan yang cermat, pilihan jurusan kuliah dapat dibidik dengan tepat.

Memilih Jurusan Kuliah, image credit Andrea Piacquadio

Menentukan jurusan kuliah bisa menimbulkan kegalauan tersendiri bagi kita. Bagaimana tidak. Ada banyak hal tentang pendidikan tinggi yang tak kita ketahui. It seems as if it were a totally different world. Disisi lain, ada banyak hal pula tentang diri sendiri yang kurang kita pahami.

Apalagi bila Sobat Pintar harus menentukan jurusan kuliah sekarang juga – karena bulan depan (Juni) pemilihan jurusan SBMPTN berlangsung bersamaan dengan pendaftaran UTBK. Jadi semakin kalut saat harus memilih jurusan kuliah?

Bagaimana sih, cara menentukan jurusan kuliah agar kita tak sampai salah memilih? Apa saja yang harus kita hindari saat memilih jurusan kuliah? Nah, kali ini kita akan melihat pantangan-pantangan apa saja yang sebaiknya dihindari ketika menentukan jurusan kuliah.

 

1. Jangan Memilih Jurusan Kuliah Hanya Karena Prospek Masa Depan

Pernahkah Sobat Pintar mendapat saran untuk memilih jurusan kuliah yang ber'lahan basah?' Jurusan Akuntansi, Aktuaria, Bea Cukai maupun jurusan-jurusan kuliah lain yang terkait dengan keuangan sering dianggap berprospek cerah.

Beberapa jurusan memang membekali kita dengan ilmu, kemampuan, dan kecakapan untuk menyandang profesi tertentu – seperti akuntan, aktuaris, atau pegawai bea cukai pada contoh diatas. Tetapi bukan berarti kemampuan pada bidang tersebut itulah yang semata-mata membuat kita mendadak sukses dimasa depan.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan karier seseorang. Jurusan kuliah dan prospek yang ditawarkannya tak sesederhana penambahan bilangan bulat. Memilih jurusan kuliah yang membuat orang lain tampil mentereng takkan serta merta membuat masa depan kita sama cerah berkilaunya.

 

2. Jangan Terpaku pada Nilai Pelajaran untuk Memilih Jurusan Kuliah

Apa matapelajaran yang paling Sobat sukai di sekolah? Matapelajaran apa yang nilainya rata-rata bagus? Misalnya matapelajaran tersebut Matematika, apakah Sobat Pintar akan memilih kuliah di Jurusan Matematika?

No, it's not that simple. Ternyata Matematika digunakan juga di Jurusan Aktuaria dan Statistika, misalnya. Bahkan, ada pula Jurusan Pendidikan Matematika. Pilihan jurusan kuliahmu tidak terbatas pada Jurusan Matematika di FMIPA, Sobat!

Salah satu cara menentukan jurusan kuliah memang dengan mempertimbangkan nilai pelajaran di sekolah. Nilai sekolah sering dijadikan acuan saat kita harus menentukan jurusan kuliah. But it's not the only one, Sobat.

 

3. Jangan Abaikan Bakat dan Minat Diri dalam Menentukan Jurusan Kuliah

Kembali pada contoh diatas. Hanya karena nilai Matematikamu selalu sempurna, misalnya, Sobat memilih Jurusan Pendidikan Matematika. Padahal, mahasiswa jurusan pendidikan lebih banyak belajar tentang teori-teori mengajar daripada mahasiswa ilmu murni Jurusan Matematika.

Nah, pertanyaannya, apakah Sobat Pintar suka mengajar? Atau, Sobat lebih suka menyelami Matematika murni? Bagaimana dengan Matematika terapan? Dari sekian pilihan tersebut, mana yang lebih sesuai dengan bakat dan minatmu, Sobat?

Mengenali bakat dan minat diri menjadi cara memilih jurusan kuliah yang cukup penting. Sayangnya, seperti telah disebutkan diawal, tak setiap kita sudah mengenali diri sendiri dengan cukup baik. Pada saat seperti inilah tes jurusan kuliah, seperti Tes Penjurusan Aku Pintar, berperan sebagai salah satu cara memilih jurusan kuliah yang tepat.

 

 

4. Jangan Asal Ikut-Ikutan Teman saat Memilih Jurusan Kuliah

Tahukah Sobat, 87% mahasiswa Indonesia merasa salah jurusan. Banyak diantara mereka yang merasa salah jurusan justru pada semester-semester akhir, setelah melewatkan dua-tiga tahun kuliah. Sayang sekali bila harus mengulang kuliah dan menjadi mahasiswa baru lagi, bukan?

Bahkan 52% karyawan mengaku bahwa jika bisa memutar waktu, mereka akan memilih jurusan kuliah yang berbeda. Apakah mereka dulu bingung memilih jurusan kuliah? Atau, mereka dulu menentukan jurusan kuliah hanya dengan mengikuti pilihan teman-temannya?

Makanya, pilih jurusan kuliahmu sendiri ya, Sobat. Tak perlu khawatir kehilangan teman karena nantinya akan ada teman-teman baru saat kuliah. Just like anything else in life, it takes time to resolve.

Bagaimana, Sobat? Masih kalut menentukan jurusan kuliah? Ada banyak referensi tentang tips memilih jurusan kuliah yang bisa memperkaya kita dengan sudut pandang berbeda. Yang pasti, jangan mengisi pilihan jurusanmu bulan depan hanya agar sama dengan temanmu ya, Sobat! Dare to be yourself!

170

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp