CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Ingin Kuliah di Jurusan Psikologi? Ketahui Dulu Semua Ini, Sobat!

Pahami dan ketahui seluk beluk Jurusan Psikologi agar kuliah semakin lancar.

Jurusan Psikologi, image credit Markus Winkler

Ngaku deh, siapa yang mimpinya ingin kuliah Psikologi? Selama beberapa angkatan belakangan ini, Jurusan Psikologi hampir tak pernah sepi peminat. Baik di kampus negeri maupun swasta, gelombang calon mahasiswa baru yang ingin belajar Ilmu Psikologi terus saja berdatangan. Apa sih yang menjadi daya pikat jurusan ini?

 

Ilmu Psikologi Memberi Kita Wawasan dan Pengetahuan tentang Perilaku, Mental, dan Pikiran Manusia


Photo by Madison Oren on Unsplash

Seberapa mudah bagimu untuk memahami orang lain, Sobat? Sejujurnya, kita sering mengalami kesulitan untuk memahami kenapa seseorang melakukan sesuatu. Misalnya, kenapa adik atau kakakmu merusak salah satu koleksi action figure-mu tanpa mau menggantinya?

Ada alasan dan alur pemikiran di balik setiap tindakan dan perilaku kita. Barangkali, seperti pada contoh di atas, action figure-mu tak sengaja jatuh ketika koleksimu dibersihkan. Pula, adik atau kakakmu memang cenderung mengabaikan hal-hal yang dianggapnya kurang penting. Eitts, itu sekadar contoh aja, ya.

Dalam kenyataannya, apa yang dihadapi atau dialami oleh setiap orang memiliki kompleksitasnya masing-masing . Dalam situasi yang lebih kompleks inilah Ilmu Psikologi membantu kita menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aktivitas manusia. 

 

Prospek Kerja Jurusan Psikologi Menarik, Beragam Sesuai dengan Pembagian Bidang Ilmunya


Photo by kalei peek on Unsplash

Salah satu contoh masalah yang ditangani oleh seorang Psikolog adalah bagaimana mengendalikan massa yang berdemonstrasi – atau kalau perlu, mencegah berkumpulnya massa yang berpotensi rusuh. Dalam Ilmu Psikologi, psikologi massa termasuk ke dalam Psikologi Sosial.

Bagaimana ketika, misalnya, kita mengalami suatu trauma sampai kehilangan rasa percaya diri? Kita bisa menemui seorang Psikolog Klinis, bidang yang memang sesuai dengan persoalan tersebut.

Ada pula Psikolog yang khusus memperhatikan perkembangan anak dan remaja. Bidang Ilmu Psikologi ini disebut sebagai Psikologi Perkembangan. Jadi pada intinya, prospek kerja Jurusan Psikologi itu cukup beragam, Sobat – sesuai dengan spesialisasi Ilmu Psikologi yang didalami.

 

Dengerin Podcast tentang Psikolog

 

Apapun Pilihan Bidang Ilmunya, Kuliah Psikologi Tetap Menarik bagi Peminatnya


Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Aduh, kok ternyata ada bermacam-macam ilmu di bidang psikologi? Untuk saat ini, kita cukup tahu saja, Sobat Pintar. Justru yang lebih penting adalah memastikan apakah kuliah di Psikologi itu memang sudah sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuanmu.

Tes Psikolog Masuk Kuliah
Pada umumnya, Fakultas Psikologi itu gudangnya mahasiswa yang suka ilmu-ilmu abstrak, tertarik dengan interaksi sosial maupun buku-buku dan jurnal ilmiah, bahkan menyukai Matematika, Biologi, dan sains secara umum. Seiring waktu selama kuliah Psikologi nanti, minatmu akan mengarahkanmu lebih ke Psikologi Klinis, Psikologi Sosial, atau yang lain. Yang pasti, jika Jurusan Psikologi memang sudah menjadi incaranmu selama ini, kuliahnya akan tetap seru dan menyenangkan, kok!

Bagaimana tak seru dan menyenangkan kalau mata kuliah Psikologi yang akan dipelajari nanti ada Biopsikologi, Teori-Teori Kepribadian, Psikologi Komunikasi, Psikologi Industri, Psikologi Organisasi, Integrasi Psikologi, Psikometri, Psikologi Konseling, Patologi dan Rehabilitasi Sosial, Masalah Psikologi Remaja, Psikogeriatri, Andragogi, dan masih banyak lagi.

 

Cerdas dan Cermat Memilih Kampus, Sesuai dengan Kelas atau Rumpun Belajarmu di Sekolah


Photo by Sincerely Media on Unsplash

Jika memang tak goyah keinginanmu untuk kuliah Psikologi, langkah berikutnya adalah memilih universitas yang ada Jurusan Psikologi.

Pertama, pilihlah kampus dengan Jurusan Psikologi yang sesuai dengan rumpun atau kelas belajarmu saat di sekolah, Sobat. Udah tau belum, kalau Psikologi itu ada yang IPA (Saintek) dan IPS (Soshum)?

Nah, mana saja universitas yang ada Jurusan Psikologi IPA? Pada rumpun Saintek, Universitas Padjadjaran atau Universitas Sebelas Maret bisa menjadi pilihanmu. Sedangkan Psikologi Soshum antara lain berada di Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, atau Universitas Brawijaya.

Apakah salah satu kampus ini ada yang sudah menjadi incaranmu selama ini, Sobat? Genjot terus jangan kasih kendor mengejar impianmu kuliah Psikologi, ya!

0
340

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog