CssBlog

redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan Ilmu Komputer: tentang Kuliahnya, Prospeknya, hingga Kampusnya

Ilmu Komputer adalah salah satu jurusan yang tinggi peminat dengan persaingan masuk PTN yang cukup ketat.

Jurusan Ilmu Komputer, photo by Paul Esch-Laurent on Unsplash

Adakah Sobat Pintar yang ingin menjadi Sarjana Komputer? Entah karena minat atau prospek, Jurusan Ilmu Komputer adalah salah satu jurusan kuliah yang diminati oleh banyak calon mahasiswa baru. Bagaimana denganmu, Sobat Pintar? Apakah kamu juga pengin kuliah Ilmu Komputer?

 

Deskripsi Jurusan Ilmu Komputer

Photo by Myriam Jessier on Unsplash

Jurusan Komputer itu menarik, Sobat. Salah satu sebabnya, ada kampus yang mengenalinya sebagai Jurusan Ilmu Komputer. Meskipun tak sepenuhnya sama, ilmu yang serupa dapat dipelajari di Jurusan Teknik Informatika di kampus lain. Sebagai contoh, ada Ilmu Komputer di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dan Teknik Informatika di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung.

Namun di manapun kampusnya, Jurusan Komputer selalu identik dengan perangkat komputer, sistem komputasi, dan tentunya computer programming. Dalam Bahasa Inggris, Computer Science atau Ilmu Komputer dipahami sebagai ilmu tentang software (perangkat lunak), hardware (perangkat keras), dan komputasi.

 

Pengetahuan dan Keahlian Jurusan Ilmu Komputer

Photo by Myriam Jessier on Unsplash

Kalau begitu, apa yang dipelajari di Jurusan Komputer? Ilmu Komputer sendiri mencakup topik-topik yang konkret sampai abstrak, misalnya bahasa pemrograman hingga algoritma. Jika nantinya menjadi mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer, Sobat Pintar akan menghabiskan banyak waktu dengan Matematika, permainan logika, hingga algoritma komputasi.

Nah, kira-kira kamu bakal enjoy atau justru bete kalau belajar Matematika dan ilmu-ilmu eksakta yang lain saat kuliah nanti, Sobat? Pastiin dahulu kecocokanmu dengan jurusan incaran sebelum terlanjur, ya!


Setelah lulus kuliah, pada umumnya profil Sarjana Komputer itu enggak cuma jagoan Matematika dan programming, tapi juga cenderung berpikir logis, sistematis, dan problem solving oriented. Alumni Fakultas Ilmu Komputer rata-rata sudah sangat terbiasa melakukan riset dan analisis. Itulah sebabnya anak Jurusan Komputer terkenal detail, tekun, dan kreatif.

 

Kuliah Jurusan Ilmu Komputer

Photo by JESHOOTS.com on Pexels

Bukankah kuliah di Jurusan Komputer membutuhkan logika yang kuat, bahkan kemampuan Matematika yang baik? Kenapa dibutuhkan kreativitas dalam Ilmu Komputer?

Pada dasarnya komputer adalah sebuah alat kosong yang nggak bisa ngapa-ngapain. Kita kuliah di Jurusan Ilmu Komputer agar dapat mengajari alat kosong tersebut melakukan banyak hal. Langkah-langkah terstruktur yang diterapkan untuk mengajari si alat tersebut bernama algoritma.

Namun kita sebagai manusia dan komputer sebagai alat menggunakan bahasa yang berbeda. Maka, bahasa manusia yang kita gunakan perlu diterjemahkan ke dalam bahasa yang dimengerti oleh komputer, yaitu bahasa pemrograman. Nah, pada saat inilah dibutuhkan kreativitas, dan kecerdasan, agar komputer tersebut dapat digunakan oleh banyak orang untuk berbagai tujuan.

Untuk itu, mahasiswa Jurusan lmu Komputer belajar berbagai mata kuliah seperti Mobile Programming, Matematika Komputasi, Aljabar Linear Matriks, Metode Numerik, Analisis Perancangan Sistem, Teori dan Bahasa Automata, Pemrograman Sistem, Sistem Cerdas, Data Science and Analytics, Desain dan Analisis Algoritma, serta masih banyak lagi mata kuliah lain yang membekali kita untuk untuk menciptakan ide-ide kreatif dalam dunia informasi digital saat ini.

 

Prospek Kerja, Profesi, dan Karier Lulusan

Photo by Engin_Akyurt on Pixabay

Telah disebutkan sebelumnya, Jurusan Ilmu Komputer merupakan salah satu jurusan yang tinggi peminat saat ini. Tambahan pula, dunia informasi digital semakin mendominasi kehidupan sehari-hari. Prospek pekerjaan di bidang informasi digital pun semakin cerah.

Banyak Sarjana Komputer yang sekarang ini dibutuhkan oleh instansi pemerintah maupun perusahaan swasta. Banyak pula alumni Jurusan Ilmu Komputer yang mengincar pekerjaan di BUMN. Profesi yang dijalani cukup beragam, seperti mobile app developer, web developer, e-learning app developer, programmer, ataupun game developer.

Sobat Pintar ingin mengembangkan diri di bidang entrepreneurship? Ada juga lho, Sarjana Komputer yang mendirikan start up companies!

 

Universitas dengan Jurusan Ilmu Komputer

Photo by Tatiana Syrikova on Pexels

Kalau sudah tahu tentang apa saja yang dipelajari di Jurusan Ilmu Komputer, sudah tahu juga bagaimana prospek alumninya, lantas di mana kita belajar tentang bidang ilmu ini?

Jurusan Ilmu Komputer dengan akreditasi Unggul berada di Universitas Gadjah Mada. Sedangkan kampus-kampus dengan akreditasi A saat ini yaitu Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Lampung.

 

Dengerin Podcast tentang Software Developer

Mengingat Jurusan Ilmu Komputer merupakan salah satu jurusan tinggi peminat, seleksi masuk kuliahnya tentu cukup ketat. Namun jangan khawatir, Sobat Pintar. Persiapkan diri saja sebaik-baiknya apapun jalur seleksi pilihanmu, entah itu SNMPTN, SBMPTN, atau Seleksi Mandiri.

70

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

CssBlog

metablog-web Portlet