redesain-navbar Portlet

null

Blog

Jurusan Teknik Sipil: Ini 5 Kampus Terbaik 2021 Referensi Kuliahmu

Penting untuk memilah Jurusan Teknik Sipil demi kuliah di kampus terbaik.

Jurusan Teknik Sipil, image credit ThisisEngineering RAEng

Ini dia, salah satu pilihan favorit anak IPA di SBMPTN: Jurusan Teknik Sipil. Seiring dengan pembangunan yang tengah berjalan, alumni dari jurusan ini banyak dibutuhkan di berbagai bidang. Tak perlu lagi dipertanyakan lulusan teknik sipil jadi apa karena sudah ada sederet profesi yang membutuhkan keahlian dari Jurusan Teknik Sipil.

Tapi apa itu Jurusan Teknik Sipil? Apakah Jurusan Teknik Sipil menjadi incaranmu selama ini? Sudahkah Sobat Pintar tahu di mana kuliah Jurusan Teknik Sipil? Nah, berikut ini beberapa referensi kampus yang patut untuk dipertimbangkan.

 

©@sil.ipb

1. Institut Pertanian Bogor

Ingin kuliah Jurusan Teknik Sipil di IPB, Sobat? Kampus negeri yang kini lebih dikenal sebagai IPB University ini memiliki Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) dengan akreditasi A BAN-PT. SIL IPB terdiri dari empat divisi, yaitu (1) Teknik Geomatika, (2) Teknik Sumber Daya Air, (3) Teknik Lingkungan, serta (4) Teknik Struktur dan Infrastruktur.

Beberapa mata kuliah Teknik Sipil IPB yang bersifat pilihan antara lain Aplikasi Sistem Informasi Geografis, Pengelolaan Sumber Daya Air, Teknik Kendali Lingkungan, Alat Berat Konstruksi, dan Ilmu Ukur Wilayah. What's more, mahasiswa Teknik Sipil IPB dapat mengambil satu matakuliah pilihan lain, tanpa ditentukan oleh kampus, dengan bobot 3 SKS.

Lulus dari SIL IPB artinya kita telah menyelesaikan 147 SKS. Bagaimana prospek alumninya? Berdasarkan tracer study IPB, 80% alumni Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya.

 

©@dwi3788

2. Institut Teknologi Bandung

Selain akreditasi A dari BAN-PT, ITB juga memiliki akreditasi internasional ABET (Accreditation Board of Engineering and Technology). Nah, salah satu jurusan di ITB yang telah terakreditasi ABET adalah... Can you guess it, Sobat? Yup! Jurusan Teknik Sipil.

Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil ITB belajar tentang teknologi merancang, membangun, memelihara, dan memperbaiki bangunan. Cakupan bangunan yang dimaksud cukup beragam, mulai dari rumah tinggal, gedung bertingkat, bendungan, jembatan, hingga fasilitas pengeboran lepas pantai maupun pembangkit energi.

Sebagaimana alumni dari kampus-kampus lain, alumni Jurusan Teknik Sipil ITB dahulu lebih dikenal sebagai insinyur. Don't you believe it? Nah, presiden pertama kita dulu pernah kuliah Jurusan Teknik Sipil di ITB, lho!

 

©www.its.ac.id

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Departemen Teknik Sipil ITS merupakan bagian dari Fakultas Teknologi Sipil Lingkungan dan Kebumian (FTSLK). Sobat Pintar ingin kuliah jurusan Teknik Sipil di ITS? Sebagian dari syarat masuk Teknik Sipil ITS adalah lulus dari SMA/ sederajat atau alih jenjang dari Program D3.

Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil ITS harus menempuh 144 SKS yang terdiri dari 132 SKS mata kuliah wajib dan 12 SKS mata kuliah pilihan. Mata kuliah Teknik Sipil di ITS yang bersifat wajib terdiri dari modul struktur, transportasi, manajemen proyek, geoteknik, dan hydrotechnics.

Berbeda dari IPB, mata kuliah Teknik Sipil yang dijadikan sebagai pilihan bagi mahasiswa ITS cukup banyak. Dikenal sebagai elective courses, sebagian dari matakuliah pilihan tersebut ialah Railway Engineering, Highway Economics, Advanced Foundation Engineering, Ground Improvement Method, dan Maintenance of Civil Engineering Structures.

 

©civil-eng.binus.ac.id

4. Binus University

Bisakah kuliah di kampus swasta dengan akreditasi internasional? Di Binus University, jawabannya: bisa! Bahkan, Jurusan Teknik Sipil Binus University memiliki akreditasi internasional yang sama dengan Jurusan Teknik Sipil ITB, yaitu akreditasi ABET (Accreditation Board of Engineering and Technology). Tak ketinggalan, akreditasi A BAN-PT juga sudah diraih jurusan ini.

Kuliah Jurusan Teknik Sipil di Binus University menyiapkanmu untuk terlibat di berbagai bidang pembangunan infrastruktur, bahkan sedari tahap perencanaan dan desain. Asal Sobat tahu, civil engineers alumni Binus University itu juga punya kapasitas untuk terlibat dalam perencanaan kota, remediasi air dan tanah, hingga pembuangan sampah kimia berbahaya.

Ingin tahu lulusan Teknik Sipil jadi apa, khususnya lulusan Jurusan Teknik Sipil Binus University? Prospek kariernya sangat beragam, seperti civil designer, drainage engineer, transportation project manager, traffic engineer, reclamation engineer, bridge engineer, highway project engineer, highway design project manager, highway construction inspector, construction quality control manager, dan masih banyak lagi.

 

©@civilugm

5. Universitas Gadjah Mada

Akreditasi internasional ABET (Accreditation Board of Engineering and Technology) juga dikantongi oleh Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan UGM. Pastinya, akreditasi A BAN-PT juga telah diperolehnya.

Status akreditasi yang diraihnya tentu bukan main-main. Buktinya, kuliah Jurusan Teknik Sipil di UGM dilengkapi dengan tujuh laboratorium untuk praktikum mahasiswa. Bahkan, dosen-dosen Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan UGM memegang hak paten Teknologi Fondasi Cakar Ayam Modifikasi, Sistem Peringatan Dini Longsor, dan hak-hak paten lain di bidang civil engineering.

Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan tak hanya menjadi satu dari empat prodi peraih akreditasi ABET di UGM, tapi juga salah satu prodi favorit dalam seleksi masuk calon mahasiswa baru. Pada 2020, ada 1.577 calon mahasiswa baru yang ingin kuliah Jurusan Teknik Sipil di UGM melalui jalur SBMPTN, sedangkan daya tampung pada jalur ini hanya 63 kursi.

 

 

Teknik Sipil adalah ilmu terapan tentang teknologi rancang bangun, pemeliharaan, dan perbaikan bangunan. Dan hari ini, apa sih yang tidak kita rancang, bangun, pelihara, dan perbaiki?

Karena terkait dengan bangunan, Sobat Pintar tahu dong, salah satu syarat masuk Teknik Sipil? Iya, kalau ingin kuliah Jurusan Teknik Sipil, Sobat harus berasal dari kelas IPA, nih. Is it you, Sobat?

30

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet