PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Ada puluhan beasiswa sedang dibuka. Ayo buruan!

website-baru-navbar Portlet

Blog

Photo via Wikimedia Commons

Kenapa Perlu Melatih Diri untuk Berpikir Kritis?

Tahukah Kamu?

Masih hangat dibicarakan meskipun telah lewat beberapa waktu, UNBK 2018. Tentu kamu mengikuti hebohnya sosial media Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia tepat sesaat setelah ujian Matematika berlalu. Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menanggapi keluhan para siswa SMA/SMK kelas 12 tersebut dengan menyelipkan istilah yang cukup keren, HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tak lupa, beliau juga menyertakan latar belakang kenapa soal-soal UNBK 2018 ternyata menjadi kejutan yang tak diharapkan bagi siswa.

Disebutkan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia berada pada peringkat ke-5 di Asia Tenggara, setelah Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Thailand. Pada tahun 2015, dari 72 negara yang tergabung dalam OECD (Organization for Economic Cooperation and Development), Indonesia menduduki peringkat ke-64 dalam PISA (Program for International Student Assessment). Seperti itulah gambaran perbandingan pendidikan Indonesia – iya, pendidikan yang sedang kamu jalani sekarang.

Jelas bahwa kejutan pada UNBK 2018 bukan tanpa tujuan, tapi tetap saja hasilnya berupa kejutan yang bikin peserta ujian bete juga. Sebabnya, soal-soal yang muncul dalam ujian berbeda jauh dari materi dan jenis soal yang pernah diajarkan dan dibahas dikelas – terutama pada mataujian Matematika. Alhasil, KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) menduga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan pelanggaran hak anak.

Lagi-lagi, terjadi kontradiksi dua pihak. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meyakini soal-soal HOTS akan meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia, KPAI justru memiliki keyakinan yang sebaliknya. Menurut KPI, munculnya soal-soal ujian yang berbeda dari materi yang telah diajarkan sebelumnya merupakan bentuk malapraktik evaluasi pendidikan yang tak hanya merugikan siswa, namun juga menghambat peningkatan kualitas pendidikan Indonesia.

Nah, bagaimana kamu menyikapi kontroversi ini? Kalau UNBK-mu masih dua atau tiga tahun lagi, kamu masih bisa bernapas lega. Tapi sebaiknya tetap mengikuti perkembangan jenis soal UNBK pada tahun-tahun mendatang. Dan bagaimana kalau UNBK-mu adalah tepat setahun setelah UNBK 2018 yang penuh kejutan? Apakah kamu akan mendapat kejutan yang sama? Dan bagaimana mempersiapkan UNBK tersebut?

Jangan terlalu risau, tapi juga jangan terlalu santai. Tetaplah mengikuti setiap pelajaran di sekolah dengan tekun sambil mempersiapkan dirimu untuk segala kemungkinan. Bagaimana caranya? Asahlah otak kritismu. Mulai berlatih berpikir kritis dalam semua hal, termasuk dalam setiap matapelajaran. Ini berarti, kamu tak hanya mengingat semua pelajaran yang diajarkan dikelas, tapi juga menganalisa, mengevaluasi, dan berkreasi secara mandiri. Iya, kamu harus bisa belajar secara mandiri untuk mengembangkan kemampuanmu berpikir kritis.

Usaha ekstramu takkan sia-sia. Kalaupun kamu beruntung dengan soal-soal UNBK 2019 yang tak jauh dari materi dan jenis soal dikelas – seberapapun kecilnya kemungkinan ini, kebiasaan berpikir kritis akan membuatmu lebih cekatan dalam menghadapi berbagai peristiwa dalam hidup. Jadi, tak ada salahnya mulai dari sekarang, bukan?

Lebih masukan Blog

Mengenali 3 Tipe Belajar – Kamu yang Mana?

Dalam dunia pendidikan, tipe belajar dikategorikan kedalam tiga golongan, ditinjau dari cara...

4 Tanda Kamu Salah Jurusan

Apakah dunia seakan berakhir saat jadwal kuliah menunggumu? Atau, kamu punya waktu dan tenaga...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru