redesain-navbar Portlet

null

Blog

Kuliah Jurusan Perhotelan – Apa yang Perlu Dipertimbangkan?

Selain prospek kerja, kemampuan diri sendiri menjadi faktor penting di dunia perhotelan.

jurusan hospitality, photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Lapangnya lowongan pekerjaan dalam industri pariwisata menjadi salah satu alasan kenapa kuliah perhotelan sudah selayaknya dipertimbangkan. Meskipun pandemi Covid-19 mengakibatkan industri pariwisata kembang kempis selama beberapa waktu, bukan berarti prospek ke depannya akan tetap sama suramnya dengan situasi saat ini.

Pertimbangan setiap sisi, plus dan minus, dalam membuat keputusan itu memang penting, apalagi dalam menentukan jurusan kuliah – terutama kuliah Jurusan Pariwisata atau Perhotelan di saat sekarang. Biar enggak asal pilih, atau bahkan keputusanmu diambil tanpa pertimbangan yang masak, kita cari tahu dulu yuk, semua tentang salah satu jurusan hospitality ini.

 

Jurusan Hospitality di Perguruan Tinggi

kuliah perhotelan
Photo by CHUTTERSNAP on Unsplash

Ada jurusan-jurusan tertentu yang dikategorikan sebagai jurusan hospitality, terutama jurusan-jurusan di bidang pariwisata, traveling, hiburan, restoran, dan tentu saja, perhotelan. Disebut sebagai jurusan hospitality karena ilmu yang dipelajari berkaitan dengan cara memberikan layanan terbaik bagi kepuasan pengunjung atau pelanggan.

Maka, kuliah di Jurusan Perhotelan pun pastinya memiliki orientasi yang sama walaupun spesialisasinya berbeda. Jurusan Perhotelan dan Manajemen Perhotelan pada Program D3, misalnya, memiliki perbedaan kurikulum. Begitu pula dengan Jurusan Perhotelan, Pengelolaan Perhotelan, Manajemen Perhotelan, dan Administrasi Hotel pada Program D4.

Sebagai contoh, mari kita lihat sebagian mata kuliah perhotelan pada Program D4 Pengelolaan Perhotelan Universitas Pelita Harapan berikut ini:

Bahasa Inggris Komunikasi Hospitaliti

Etiket Protokol Pariwisata dan Hospitaliti

Soft Skills

Leadership and Entrepreneurship

Statistik Pariwisata

Operasional Tata Hidangan Makanan

Prosedur Tata Graha dan Binatu

Bahasa Prancis/Bahasa Jepang

Operasional Tata Hidangan Minuman

Manajemen Tata Graha dan Binatu

Bahasa Inggris Profesi

Manajemen Akuntansi dan Keuangan Hospitaliti

Manajemen Makanan dan Minuman

Perilaku Organisasi

Praktik Kerja Lapangan

Manajemen Event

Manajemen Jasa Pariwisata dan Hospitaliti

Manajemen Akomodasi dan Penginapan

Rintisan Bisnis Hospitaliti

Proyek Akhir

Selain Universitas Pelita Harapan, referensi beberapa universitas Jurusan Perhotelan terbaik yaitu:

Jenjang

Jurusan

Universitas

D3

Perhotelan

Perhotelan

Perhotelan

Perhotelan

Perhotelan

Perhotelan

Perhotelan

Manajemen Perhotelan

Politeknik Indonusa Surakarta

Universitas Pendidikan Ganesha

Politeknik Negeri Bali

Akademi Pariwisata Majapahit

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Telkom University

Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo

Universitas Airlangga

D4

Pengelolaan Perhotelan

Manajemen Perhotelan

Pengelolaan Perhotelan

Administrasi Hotel

Perhotelan

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Universitas Negeri Padang

Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Universitas Bina Nusantara

S1

Manajemen Perhotelan dan Pariwisata

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi – Bali International Institute of Tourism Management

 

Prospek Kerja Jurusan Perhotelan

manajemen perhotelan
Photo by Farano Gunawan on Unsplash

Sebagaimana telah disebutkan di awal, lowongan kerja di dunia perhotelan merupakan salah satu alasan memilih Jurusan Perhotelan. Prospek kerja Jurusan Perhotelan mencakup profesi-profesi seperti:

Accommodation Manager

Manajer tempat rekreasi

Event Manager

Manajer Katering

Chef

Manajer Resort

Pemandu wisata

Manajer Restoran

Travel journalist

Manajer Hotel

Concierge hotel

Pengusaha perhotelan

Patissier

Staf maskapai penerbangan

Staf kapal pesiar

Marketing hotel

Wedding planner

Jika dicermati, tampak bahwa prospek kerja Jurusan Perhotelan di atas memiliki rentang yang begitu luas. Tak perlu heran, Sobat. Dunia perhotelan atau hospitality memang mencakup industri restoran, resort, cruise liners, dan airline. Bahkan dalam satu hotel sendiri terdapat empat departemen utama, yaitu housekeeping, front office, food and beverage service, serta food production. Oleh sebab itulah, prospek kerja Jurusan Perhotelan terbilang banyak dan beragam.

 

Minat dan Kemampuan di Bidang Hospitality

Photo by <a href="https://unsplash.com/@romofarano?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">Farano Gunawan</a> on <a href="https://unsplash.com/?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">Unsplash</a>
Photo by alevision.co on Unsplash

Meskipun prospek kerja Jurusan Perhotelan begitu luas, apakah industri hospitality ini memang tepat buatmu, Sobat? Seberapa hospitable-nya sih Sobat untuk berkarier di dunia perhotelan? Biar enggak penasaran, Sobat Pintar bisa mendapatkan jawabannya melalui Tes Kepribadian.

Kalau hasil Tes Kepribadianmu memang mendukung minatmu untuk berkarier di dunia perhotelan, segera saja diskusikan dengan orang tua. Bagaimanapun juga, kita membutuhkan sudut pandang orang tua untuk menentukan manakah jenjang pendidikan, entah D3, D4, atau S1, untuk kuliah perhotelan yang terbaik bagi kita saat ini.

Eits, Sobat Pintar yang sekarang sedang duduk di kelas IX juga bisa belajar tentang hospitality di SMK, lho. Jurusan Perhotelan SMK merupakan salah satu Kompetensi Keahlian pada Program Keahlian Perhotelan dan Jasa Pariwisata. SMK Negeri 4 Surakarta, misalnya, merupakan salah satu SMK populer di Indonesia di Bidang Keahlian Pariwisata. Sobat Pintar bisa mencari sekolah-sekolah lain dengan bidang keahlian yang sama melalui Cari Sekolah.

Ingat ya, Sobat. Dunia perhotelan merupakan bagian dari industri hospitality yang mengutamakan layanan terbaik bagi pelanggan. Jadi, kita tak bisa berhenti pada sekadar mencari tips memilih sekolah dan jurusan perhotelan terbaik. Akan tetapi, kita juga harus memastikan bahwa kita memang memiliki kemampuan untuk kelak bekerja di bidang ini.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet