APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Semua tentang Kimia Analisis – Mulai Kuliahnya sampai Prospeknya

Yuk, cari tau tentang kuliah Analis Kimia!

Photo by Artem Podrez on Pexels

Kimia analisis atau kimia analitik adalah cabang ilmu kimia yang berkaitan dengan metode dan teknik yang digunakan untuk menentukan komposisi suatu zat atau campuran zat. Ilmu ini bisa kita pelajari di perguruan tinggi, tepatnya di Jurusan Analis Kimia.

Kamu pernah mendengar tentang jurusan kuliah ini, Sobat Pintar? Apa saja yang dipelajari di jurusan analisis kimia? Di mana kuliahnya? Terus, setelah lulus kuliah jurusan kimia analisis jadi apa? Yuk, kita kepoin.

 

Tentang Kimia Analisis

universitas yang ada jurusan kimia analisis
Photo by Polina Tankilevitch on Pexels

Sebagaimana telah disebutkan di atas, kimia analisis atau kimia analitik adalah cabang ilmu kimia yang berkaitan dengan metode dan teknik yang digunakan untuk menentukan komposisi suatu zat atau campuran zat. Metode analisis yang diterapkan dalam kimia analisis antara lain spektroskopi, kromatografi, atau elektrokimia.

Terus, kenapa kita perlu mempelajari kimia analisis? Memangnya apa tujuan mempelajari kimia analisis?

Melalui kimia analisis, kita dapat menentukan konsentrasi, mengidentifikasi, dan mengetahui karakterisasi zat yang dianalisis. Emangnya zat-zat macam apa yang dianalisis? Macam-macam, Sobat Pintar. Metode kimia analisis dapat diterapkan pada bahan makanan, bahan kimia, air, tanah, dan lain sebagainya.

Dunia industri, laboratorium, dan penelitian biasanya memerlukan kegiatan kimia analisis. Metodenya bisa kuantitatif maupun kualitatif, tergantung pada jenis zat yang dianalisis dan tujuan analisis itu sendiri.

 

Kuliah Kimia Analisis

Apa gelar kuliah analisis kimia
Photo by Karolina Grabowska on Pexels

Oke, sampai sini kamu tentu sudah punya gambaran tentang kimia analisis. Nah, jika kamu tertarik pada bidang ini, di manakah kuliahnya?

Kalau pengin belajar tentang kimia analisis di perguruan tinggi, salah satu jurusan atau program studi yang bisa kamu pertimbangkan adalah Analis Kimia. Saat ini Analis Kimia di Indonesia tersedia para Program D3.

Materi kimia analisis yang dipelajari di jurusan analisis kimia adalah tentang prinsip-prinsip analisis kimia, instrumen analisis kimia, serta aplikasinya dalam berbagai bidang seperti industri, lingkungan, farmasi, dan lain-lain. Di Akademi Kimia Analis Caraka Nusantara (AKA CARAKA), misalnya, mata kuliah yang dipelajari di jurusan kimia analisis antara lain:

- Analisis Jenis

- Analisis Kimia Organik

- Pengolahan Air Limbah Laboratorium

- Ilmu Material

- Analisis Titrimetri

- Teknik Pengambilan Sampel

- Analisis Instrumental

- Manajemen Laboratorium Analitik

- Analisis Gravimetri

- Analisis Kimia Pangan

- Kemometri

- Analisis Kimia Farmasi, dll.

Sebagai sebuah program vokasi, D3 Analis Kimia mengalokasikan banyak jam praktikum di laboratorium kimia. Di Akademi Kimia Analis Caraka Nusantara, misalnya, dari total 113 SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa D3 Analis Kimia, sebesar 58%-nya adalah kegiatan praktikum. Hampir setiap mata kuliah kimia analisis yang disebutkan di atas diikuti dengan mata kuliah praktikumnya.

 

Prospek Alumni D3 Analis Kimia

Apa tujuan mempelajari kimia analisis
Photo by Edward Jenner on Pexels

Setelah menyelesaikan pendidikan vokasi, apa gelar kuliah analisis kimia? Alumni D3 Analis Kimia berhak menyandang gelar ahli madya di bidang kimia analisis, yaitu Ahli Madya Sains (A.Md.Si.).

Terus, dengan gelar tersebut kamu bisa ngapain aja, nih? Dengan kata lain, lulusan atau alumni jurusan kimia analisis jadi apa? Banyak banget prospek pekerjaannya, Sobat.

Dunia Industri

Lulusan kimia analisis dapat bekerja di berbagai jenis industri seperti industri farmasi, kosmetik, makanan, hingga minyak dan gas. Tugas analis kimia di dunia industri pada umumnya adalah menganalisis bahan-bahan yang digunakan dalam proses produksi, menguji kualitas produk akhir, atau melakukan pengujian lingkungan.

Laboratorium Kimia

Lulusan kimia analisis dapat bekerja di laboratorium kimia milik perusahaan swasta ataupun pemerintah. Tugas analis kimia di laboratorium kimia adalah menganalisis sampel yang diterima dari berbagai sumber, seperti industri, lingkungan, dan lain-lain.

Bidang Lingkungan dan Penelitian

Analisis residu pestisida, logam berat, dan zat-zat lain di lingkungan memerlukan peran analis kimia. Perguruan tinggi maupun institusi penelitian milik pemerintah dan NGO juga melakukan penelitian ilmiah di bidang kimia analisis.

Pengembangan Produk (RnD)

Hari gini siapa yang enggak kenal dengan Research and Development (RnD)? Divisi pengembangan produk di perusahaan swasta ini dikenal dengan peluang penghasilan yang tak dapat dipandang sebelah mata. Dengan kemampuan kimia analisis yang dimiliki, seorang analis kimia bertugas menguji produk sebelum dipasarkan, menganalisis komposisinya, serta menguji keamanannya.

 

Perguruan Tinggi dan Universitas yang Ada Jurusan Kimia Analisis

Jurusan kimia analisis jadi apa
Photo by cottonbro studio on Pexels

Tertarik kuliah di jurusan analisis kimia, Sobat Pintar? Program D3 Analis Kimia di Indonesia saat ini masih terbatas. Beberapa universitas yang ada jurusan kimia analisis antara lain Universitas Jambi, Universitas Pendidikan Ganesha, dan Universitas Setia Budi Surakarta. Di samping Akademi Kimia Analis Caraka Nusantara, perguruan tinggi lainnya yang membuka Program D3 Analis Kimia adalah Politeknik Negeri Bandung dan Sekolah Tinggi Analis Kimia Cilegon.

Khusus untuk Akademi Kimia Analis Caraka Nusantara (AKA CARAKA), kamu bisa mendapatkan form pendaftaran online-nya melalui Aku Pintar. Pendaftaran maba Akademi Kimia Analis Caraka Nusantara secara online terbilang lebih simpel, enggak ribet jika dibandingkan harus datang langsung ke kampusnya. Udah gitu, harga form pendaftarannya juga lebih murah.

Eh, masih tunggu apa lagi? Kuy, buruan klik pendaftaran online Akademi Kimia Analis Caraka Nusantara!

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog