CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Struktur Teks Pidato - Pengertian, Struktur, dan Jenis-Jenis Teks Pidato

Mengetahui Struktur Teks Pidato dengan Mudah

Sobat Pintar, pernahkah kalian kesulitan saat disuruh membuat teks pidato?, yuk belajar struktur teks pidato agar kita mampu membuat sebuah teks pidato yang mudah dipahami oleh para pendengar atau audience.

Pengertian Teks Pidato

Pidato merupakan piranti yang sering digunakan oleh seseorang untuk menyampaikan tujuannya dalam suatu forum. pidato juga disebut sebagai kegiatan berbicara di depan banyak orang. Pidato dilakukan dengan menggunakan bahasa yang baik dan dapat diterima oleh pendengar. Umumnya, orang yang melakukan pidato akan menyampaikan gagasannya kepada orang lain atau pendengar. Menurut KBBI, pidato adalah sebuah pengungkapan pikiran ke dalam bentuk kata-kata. Pidato ditujukan kepada orang banyak. Selain itu, pidato adalah wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. , Pidato dilakukan untuk menyampaikan sebuah pendapat atau uraian. Pidato dilakukan oleh seseorang secara lisan. Informasi di dalam pidato menjelaskan mengenai suatu hal atau sebuah masalah. Pidato akan dilakukan dengan menggunakan kalimat-kalimat yang jelas pada waktu tertentu di hadapan banyak orang.

 Kegiatan berbicara di depan khalayak umum atau yang biasa disebut dengan pidato pastinya memiliki struktur agar proses penyampaian isi atau pesan dalam pidato dapat tersampaikan dengan baik. Oleh karenanya, di dalam sebuah teks pidato terdapat struktur atau susunan teks pidato. Selain itu, Pidato mempunyai beberapa tujuan antara lain; (1) memberikan sapaan, (2) memberikan informasi, (3) memengaruhi pendengar, (4) menghibur para pendengar, (5) meyakinkan pendengar. Berikut Struktur teks Pidato

Struktur Teks Pidato

Struktur atau patokan sangat diperlukan dalam membuat teks pidato. Hal tersebut bertujuan agar teks pidato memiliki susunan yang jelas dan pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan baik. Selain itu, struktur teks pidato juga memudahkan para pendengar untuk dapat memahami tujuan dari pidato yang disampaikan.

Pembuka

Struktur utama dari sebuah teks pidato adalah pembuka yang terdiri atas empat bagian, yakni (1) Salam pembuka, (2) Ucapan penghormatan, biasanya menyebutkan orang-orang dimulai dari yang memiliki jabatan tertinggi dalam forum tersebut. (3) Ucapan syukur, biasanya berisi ucapan rasa syukur orator (orang yang berpidato) karena diberikan kesempatan dapat menyampaikan pidato dan berkumpul dengan para tamu, (4) Pengantar ke topik utama.

Agar pidato lebih berkesan, maka harus memiliki lima unsur berikut:

- Merebut perhatian: melalui pernyataan yang dramatis atau dengan bantuan visual.

- Hubungan dengan penonton atau audiens: menunjukkan kesamaan dan empati kepada audiens.

- Kelayakan: tunjukkan bahwa kamu layak berbicara dengan topik tersebut, sebab pengalaman personal yang pernah kamu lakukan. Ungkapkan dengan santun dan berdasarkan fakta.

- Tujuan: jelaskan apa harapanmu setelah pidato selesai.

- Peta jalan: katakan kepada audiens pokok-pokok pikiran pidato.

Isi

Bagian terpenting dalam sebuah teks pidato adalah bagian isi karena dalam bagian ini seseorang yang sedang berpidato akan menyampaikan tujuannya serta pesan-pesan kepada para pendengar. Isi dari pidato yang akan disampaikan harus berisi mengenai informasi yang penting. Isi pidato tersebut sebaiknya juga disertai dengan alasan yang meyakinkan. Selain itu, dalam isi teks pidato juga dapat ditambahkan kalimat-kalimat fakta dan disertai sumber yang terpercaya yang dapat diketahui validasinya. Tujuannya agar pembaca meyakini dan mengikuti pesan yang disampaikan dalam pidato tersebut.

Penutup

Bagian terakhir dari struktur teks pidato adalah penutup. Pada bagian ini berisi kesimpulan dari hal yang disampaikan, permintaan maaf jika terjadi kesalahaan saat menyampaikan suatu hal, dan salam penutup.

Jenis-Jenis Teks Pidato

 

Pidato informatif

Sesuai dengan namanya yakni informatif, salah satu jenis teks pidato ini berfungsi untuk memberikan informasi kepada audiens. Pidato informatif adalah pidato yang memiliki tujuan untuk menyampaikan sebuah pengetahuan atau informasi penting. Informasi-informasi tersebut akan diberikan pada komunikan atau pendengar. Hal tersebut ditujukan supaya pendengar mengetahui apa yang disampaikan. Selain itu, supaya pendengar mengerti mengenai informasi yang sudah disampaikan Pidato argumentatif

Jenis pidato selanjutnya adalah pidato argumentatif. Pidato argumentatif adalah pidato yang di dalamnya mengandung beberapa hal,Seperti dalil, argumentasi, data atau alasan. Hal-hal tersebut berfungsi untuk menolak atau mendukung sebuah pernyataan,seperti keyakinan, pendapat atau opini tertentu. Untuk memperkuat daya terima dari argumentasi juga dibutuhkan hal lain,seperti statistik, data-data faktual, bukti-bukti atau kesaksian seorang tokoh atau pakar.

Pidato Rekreatif

Jenis pidato selanjutnya adalah pidato rekreatif. Pidato rekreatif juga sering disebut dengan pidato kekeluargaan. Pidato jenis ini umumnya akan menyuguhkan sebuah kegembiraan. Kegembiraan tersebut dapat dinikmati bersama dengan penuh rasa persaudaraan atau kekeluargaan.

Pidato Persuasif

Jenis pidato keempat adalah pidato persuasif. Tujuan dari pidato persuasif adalah untuk mempengaruhi pendengarnya. Persuasif adalah proses untuk mempengaruhi pendapat. Selain itu, pidato persuasif juga dapat mempengaruhi sikap serta tindakan dari seseorang. Demikianlah penjelasan mengenai struktur teks pidato, Sobat Pintar jangan lupa download aplikasi Aku Pintar di Play Store atau App Store, ya! Ada fitur Belajar Pintar yang bakal nemenin Sobat belajar di rumah. Simak juga artikel-artikel lainnya, yaa.

Writer: Amilatul Khoiriyah

Editor: Khusnia

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog