APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Tahapan Siklus Penanggulangan Bencana dalam Manajemen Bencana

Meskipun tidak dapat diprediksi, bencana harus diupayakan untuk ditanggulangi.

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Perencanaan penanggulangan bencana dibutuhkan buat mengurangi dampak bencana alam yang memang enggak bisa diprediksi. Nah, salah satu cara yang dipakai itu namanya mitigasi bencana, Sobat Pintar.

Mitigasi bencana sendiri adalah serangkaian langkah yang diambil buat mengurangi risiko dan kerentanan kita terhadap bencana. Yuk, kita belajar lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan bencana, jenis-jenisnya, manajemennya, dan mitigasinya!

 

Pengertian Bencana

urutan siklus manajemen penanggulangan bencana yang benar
Photo by Marcus Kauffman on Unsplash

Bencana adalah kejadian yang tidak diinginkan dan sering kali mendatangkan kerugian bagi manusia, lingkungan, dan harta benda. Bencana alam biasanya terjadi secara tiba-tiba dan tidak dapat diprediksi dengan pasti. Peristiwa alam yang menjadi bencana bisa berupa gempa bumi, banjir, tanah longsor, atau badai.

Bencana juga bisa disebabkan oleh aktivitas manusia, seperti kebakaran, ledakan, atau kecelakaan industri. Kalau udah kayak gitu gimana nih, cara menanggulanginya? Yuk kita bahas urutan siklus manajemen penanggulangan bencana yang benar!

 

Manajemen Penanggulangan Bencana

tahapan langkah penanggulangan bencana
Photo by Nejc Soklič on Unsplash

Menurut UU No. 24 Tahun 2007, manajemen bencana adalah suatu proses dinamis, berlanjut, dan terpadu untuk meningkatkan kualitas langkah-langkah yang berhubungan dengan observasi dan analisis bencana serta pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, peringatan dini, penanganan darurat, rehabilitas dan rekonstruksi bencana. Menurut Warfield, manajemen bencana mempunyai tujuan:

1. Mengurangi, atau mencegah, kerugian karena bencana

2. Menjamin terlaksananya bantuan yang segera dan memadai terhadap korban bencana

3. Mencapai pemulihan yang cepat dan efektif.

Siklus manajemen bencana di atas memberikan gambaran bagaimana semestinya kita menyusun rencana untuk mengurangi atau mencegah kerugian yang disebabkan oleh bencana dan bagaimana reaksi kita selama dan segera setelah bencana berlangsung. Yang terakhir, manajemen bencana juga mencakup apa saja langkah-langkah yang harus diambil untuk pemulihan setelah bencana terjadi.

 

Tahapan Langkah Penanggulangan Bencana


Photo by Denniz Futalan on Pexels

Sebelum membahas tahapan langkah penanggulangan bencana, kita harus tau tentang siklus penanggulangan bencana dahulu, Sobat Pintar. Siklus penanggulangan bencana adalah tahapan-tahapan yang dilakukan sebelum terjadinya bencana, saat terjadinya bencana, dan setelah bencana terjadi.

Siklus penanggulangan bencana meliputi empat tahapan, yaitu tahap pencegahan dan mitigasi, tahap kesiapsiagaan, tahap tanggap darurat, serta tahap rehabilitasi dan rekonstruksi. Oke, mari kita bahas satu persatu tahapan penanggulangan bencana tersebut.

Tahap Pencegahan dan Mitigasi Bencana

Tahap pencegahan dan mitigasi atau pra bencana adalah langkah-langkah yang dilakukan sebelum terjadinya bencana dengan tujuan untuk mengurangi risiko dan dampak yang mungkin ditimbulkan oleh bencana. Tahap ini dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti:

- Membuat pemetaan wilayah rawan bencana alam

- Memasang alarm bencana

- Membangun tempat tanggap bencana

- Memberikan sosialisasi pentingnya melakukan mitigasi bencana kepada masyarakat.

Tahap Kesiapsiagaan

Tahap kesiapsiagaan dilakukan menjelang terjadinya suatu bencana. Sebelum terjadinya bencana, pemerintah atau lembaga terkait seperti BMKG biasanya sudah menginformasikan ancaman bencana alam yang mungkin terjadi. Dalam tahap kesiapsiagaan ini, pemerintah dan pihak terkait melakukan beberapa hal, antara lain:

- Membuat sistem peringatan yang baik, rajin menyiapkan persediaan, serta mengadakan pelatihan bagi tim evakuasi yang terlibat

- Menyusun langkah-langkah pencarian, penyelamatan, dan rencana evakuasi dari daerah rawan bencana atau yang sudah mengalami bencana.

Tahap kesiapsiagaan ini penting banget, Sobat. Pada tahap ini, semestinya kita bersiap agar dapat mengambil langkah-langkah yang tepat saat bencana alam datang.

Tahap Tanggap Darurat

Tahap tanggap darurat adalah tahapan penanggulangan bencana saat suatu bencana berlangsung atau sudah terjadi. Yang paling utama, pada tahap ini kita harus tetap tenang dan enggak panik. Jangan lupa bantu orang-orang sekitar sebisa mungkin. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pada tahap mitigasi bencana ini, seperti:

- Menyelamatkan dan mengevakuasi korban maupun harta benda yang terkena bencana

- Pindah ke tempat yang lebih aman

- Membantu mengurus pengungsi dan mendirikan tenda buat tempat istirahat, makan, dan aktivitas lainnya

- Membantu penyelamatan dan pemulihan fasilitas serta infrastruktur yang rusak akibat bencana.

Tahap Rehabilitasi dan Rekonstruksi

Rekonstruksi dan rehabilitasi itu penting banget saat terjadi bencana, Sobat. Rekonstruksi artinya mengembalikan semua bangunan dan fasilitas yang rusak akibat bencana alam. Misalnya, rumah, puskesmas, atau gedung pemerintahan yang rusak kita bangun lagi agar dapat digunakan kembali.

Sementara itu, rehabilitasi fokusnya lebih kepada perbaikan dan pemulihan semua pelayanan publik. Semua layanan yang terganggu saat bencana terjadi, seperti rumah sakit atau fasilitas lainnya, kita perbaiki biar bisa berfungsi lagi. Tujuan rehabilitasi pasca bencana adalah agar kegiatan sosial-ekonomi masyarakat bisa berjalan lagi dan kondisi hidup kita membaik.

Sobat Pintar, sebagai generasi muda kita perlu memahami pentingnya mitigasi dan penanganan bencana. Dengan memahami potensi bencana dan strategi mitigasinya, kita dapat menjaga lingkungan, keselamatan jiwa, dan keamanan masyarakat. Dengan begitu, kita dapat mengurangi risiko bencana terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat luas, hingga ekosistem alam tempat tinggal kita.

 

 

 

Penulis: Nur Lailatul Maghfiroh

Penyunting: Deni Purbowati

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog