redesain-navbar Portlet

null

Blog

PTN Jalur Mandiri tanpa Uang Pangkal - Ini Referensi Buatmu

Seleksi Mandiri menjadi jalur pilihan masuk PTN dengan konsekuensi khusus.

PTN Jalur Mandiri, photo by Ivan Aleksic on Unsplash

Bisa nggak ya, masuk PTN tanpa uang pangkal di Jalur Mandiri? Ini pertanyaan penting sebelum memilih Jalur Mandiri untuk masuk PTN nggak, sih? Abisnya, sederet angka nol di kolom uang pangkal itu bisa bikin kita dan orang tua berpikir berulang-ulang untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri di Jalur Mandiri.

So, kalau ada universitas negeri yang tidak ada uang pangkal, kita bisa mengikuti Seleksi Mandiri tanpa galau, resah, dan gelisah. Nah, ini dia, referensi kampus-kampus negeri buat Sobat Pintar yang sudah ancang-ancang ikutan Seleksi Ujian Mandiri 2021.

 

1. Universitas Gadjah Mada

Jika harus mengantisipasi masuk PTN di Jalur Mandiri, Sobat Pintar kudu, wajib banget, no debat, masuk UGM. Yup, di universitas negeri inilah Sobat bisa mengikuti  ujian mandiri tanpa uang pangkal. UGM memang tidak menarik uang pangkal pada semua jalur seleksi masuk, baik SNMPTN, SBMPTN, termasuk juga Seleksi Mandiri.

Mahasiswa baru UGM nantinya harus membayar UKT saja yang besarnya sesuai dengan penghasilan orang tua. Udah deh, tinggal pilih kelompok UKT yang sesuai. Definitely, UGM adalah universitas tanpa uang pangkal yang wajib masuk opsimu nih, Sobat.



2. Universitas Islam Negeri

Alternatif lain jika Sobat Pintar ingin masuk PTN Jalur Mandiri tanpa uang pangkal adalah memilih UIN. Eits, UIN juga termasuk Perguruan Tinggi Negeri loh, Sobat. Dari namanya saja udah keliatan, kan?

Mengacu kepada Keputusan Menteri Agama no 151 tahun 2019, perguruan tinggi keagamaan negeri tidak diperkenankan memungut uang pangkal dan pungutan lain selain UKT dari mahasiswa baru program diploma dan program sarjana. Berikut ini daftar kampus tanpa uang pangkal yang berada di bawah Kementerian Agama.

1. UIN Alauddin Makassar

2. UIN Antasari Banjarmasin

3. UIN Ar-Raniry Banda Aceh

4. UIN Imam Bonjol Padang

5. UIN Mataran

6. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

7. UIN Raden Fatah Palembang

8. UIN Raden Intan Lampung

9. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

10. UIN Sultan Syarif Kasim Riau

11. UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi

12. UIN Sumatera Utara Medan

13. UIN Sunan Ampel Surabaya

14. UIN Sunan Gunung Djati Bandung

15. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

16. UIN Syarif Hidayatullah Banten

17. UIN Walisongo Semarang

Itulah universitas yang tidak ada uang pangkal, yang seluruhnya berada di bawah Kementerian Agama. Asal Sobat tahu nih, bukan hanya Universitas Islam Negeri yang menjadi tanggung jawab Kemenag. Masih ada pula Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). And yes, seluruhnya berstatus sebagai Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTIN).

Bagaimana dengan kampus-kampus lain? Apakah kita punya peluang untuk mengikuti ujian mandiri tanpa uang pangkal di kampus-kampus negeri yang lain?

Biaya kuliah Jalur Mandiri memang tak sedikit. Di Universitas Negeri Jakarta, misalnya, UKT 2021/2020 mahasiswa semua jalur masuk memang sama. Akan tetapi, mahasiswa dari Jalur Mandiri harus membayar pula Sumbangan Pengembangan Universitas – yang sama dengan uang pangkal.

Let's have another example. Di Universitas Indonesia, misalnya, Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) mahasiswa SNMPTN/SBMPTN 2021/2020 kelas 6 pada rumpun Saintek berada di kisaran antara Rp6 juta hingga Rp7,5 juta. Biaya Operasional Pendidikan Pilihan (BOP-P) pada rumpun yang sama berkisar antara kelas 1-5, masing-masing sebesar Rp10 juta hingga Rp20 juta. Sementara itu, BOP FMIPA mahasiswa Jalur Mandiri (non S1 Reguler) Paralel sebesar Rp12 juta dengan Uang Pangkal sebesar Rp25 juta.

Besarnya perbedaan biaya Jalur Mandiri dan SBMPTN menjadi salah satu alasan kenapa peserta SBMPTN membludak. Kalau enggak, kita bisa lenggang santai memilih kuliah di Perguruan Tinggi Swasta aja, kan? Eits, perlu dicatat, hal ini terbatas pada besaran uang pangkal masuk kuliah saja, ya!

Bagaimanapun juga, fakta Jalur Mandiri ini memang tak bisa kita abaikan. Tapi bukan berarti kita nggak punya pilihan, bukan? In fact, jurusan-jurusan tertentu di berbagai universitas negeri membebaskan uang pangkal untuk mahasiswa baru Jalur Mandiri kok, Sobat. Jeli aja ya, memeriksa rincian biaya kuliah kampus incaranmu!

0
220

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet