redesain-navbar Portlet

null

Blog

Universitas Terbuka: Pilihan Jurusan, Hingga Sistem dan Biaya Kuliah

Kuliah di Universitas Terbuka berbeda dari kuliah kebanyakan kampus.

Universitas Terbuka, photo by Debby Hudson on unsplash

Apa itu Universitas Terbuka? At this point, Sobat Pintar pasti sudah tahu banyak tentang berbagai universitas yang ada di Indonesia. Tapi bagaimana dengan Universitas Terbuka? Have you heard it?

Apa saja jurusan yang ada di Universitas Terbuka? Seperti apa kuliah di Universitas Terbuka? Bagaimana dengan biaya kuliah di Universitas Terbuka? Apakah lebih terjangkau ketimbang universitas negeri dan swasta? Atau... justru lebih tinggi? Untuk menjawab rasa penasaranmu, let's read on, Sobat!

 

Apa itu Universitas Terbuka?

Lebih dikenal dengan akronimnya, UT, Universitas Terbuka adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Psstt... PTN ini baru saja merayakan dies natalisnya kemarin, pada 4 September 2020. UT resmi berdiri 36 tahun lalu dan saat ini memiliki akreditasi B BAN-PT.

 

Bagaimana Kuliah di Universitas Terbuka?

Sesuai namanya, UT menerapkan perkuliahan terbuka dan jarak jauh. Terbuka artinya siapapun boleh menjadi mahasiswa dan kuliah di Universitas Terbuka – tak ada batasan usia, ketentuan tahun ijazah sekolah saat mendaftar, bahkan masa belajar juga bebas! Jadi, jangan tanya deh, berapa tahun kuliah di Universitas Terbuka!

Dan jika universitas-universitas lain baru menjalankan kelas online karena pandemi, kuliah di Universitas Terbuka justru sudah dilakukan secara jarak jauh sedari dulu. Iya, Sobat. Kuliah di Universitas Terbuka tak ada tatap muka. Mahasiswa UT harus bisa belajar secara mandiri menggunakan modul, melalui audio/ video, siaran radio, televisi, maupun internet.

Karena tak ada ketentuan berapa tahun kuliah di Universitas Terbuka, kemauan dan kemampuan mahasiswa UT untuk belajar secara mandiri benar-benar diuji. Bukan hal yang mudah untuk menjadi solo fighter di UT ketika mahasiswa di kampus lain punya teman sekelas, adik tingkat, dan "ancaman" drop out – tapi tak mudah bukan berarti tak mungkin dilakukan, ya!

 

Apa Saja Pilihan Jurusan di Universitas Terbuka?

Ada empat fakultas yang menaungi program-program studi jenjang Diploma dan Sarjana di Universitas Terbuka. Keempat fakultas tersebut yaitu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ekonomi, Sains dan Teknologi, serta Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik.

Program Studi Diploma dengan akreditasi A yaitu D3 Perpajakan dan D4 Kearsipan.

Program studi S1 dengan akreditasi A yaitu Ilmu Administrasi Negara, Sosiologi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, dan Ilmu Administrasi Bisnis

Program S1 dengan akreditasi B yaitu Pendidikan Biologi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Matematika, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, Statistika, Matematika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Akuntansi, Biologi, Agribisnis, Pendididkan Guru PAUD, Perencana Wilayah dan Kota, Teknologi Pangan, Sastra Inggris, Ilmu Perpustakaan, Ilmu Hukum, Akuntansi Keuangan Publik, dan Ekonomi Syariah.

Program Studi S1 dengan akreditasi C yaitu Teknologi Pendidikan.

 

Bagaimana Ketentuan SKS Universitas Terbuka?

Sistem Kredit Semester (SKS) menjadi beban studi mahasiswa di manapun kampus tempatnya kuliah, termasuk di Universitas Terbuka. Setiap mata kuliah UT berbobot satu hingga enam SKS.

Karena kuliah di Universitas Terbuka dilakukan secara jarak jauh, satu SKS disetarakan dengan tiga modul cetak. Satu modul terdiri dari 40 – 50 halaman. Jika mahasiswa UT mengambil 15 SKS per semester, diperkirakan waktu belajarnya adalah lima jam per hari.

Tentu, perkiraan waktu belajar tersebut sangat tergantung dengan kedisiplinan dan kemampuan tiap-tiap mahasiswa.  Bagi mahasiswa yang sudah mengenal dan terbiasa belajar secara mandiri sejak di sekolah, sistem kuliah di Universitas Terbuka takkan terasa benar-benar asing dan baru.

Walaupun begitu, bukan berarti hanya mahasiswa UT yang merasakan manfaat belajar secara mandiri. Iya, Sobat. Di manapun dan kapanpun kita berada, belajar secara mandiri menjadi kebutuhan diri pribadi kita masing-masing.

 

Berapa Biaya Kuliah di Universitas Terbuka?

Ada berbagai skema biaya kuliah di Universitas Terbuka. Biaya kuliah yang dibayarkan setiap semester tergantung pada layanan Sistem Paket Semester (SIPAS) yang dipilih.

Biaya kuliah di Universitas Terbuka Program Diploma: Rp1.150.000,00 – Rp2.400.000,00

Biaya kuliah di Universitas Terbuka Program Sarjana: Rp1.300.000,00 – Rp3.400.000,00

Biaya registrasi ujian ulang per SKS: Rp41.000,00 – Rp75.000,00

Biaya registrasi ulang per mata kuliah: Rp700.000,00 – Rp900.000,00

Biaya layanan administrasi akademik: Rp50.000,00 – Rp150.000,00

 

Kapan Pendaftaran Mahasiswa Baru di Universitas Terbuka?

Universitas Terbuka membuka pendaftaran mahasiswa baru sepanjang tahun. Pada kalender akademik saat ini, calon mahasiswa baru UT bisa mendaftar mulai 10 Agustus 2020 hingga 13 Januari 2021. Registrasi mata kuliah mahasiswa baru pada pedaftaran ini dijadwalkan berlangsung mulai 2 Desember 2020 hingga 27 Januari 2021.

Pembayaran uang kuliah di Universitas Terbuka terjadwal mulai 2 Desember 2020 hingga 17 Februari 2021. Pada jadwal pendaftaran yang sama di atas, orientasi mahasiswa baru dijadwalkan pada 8 Februari – 1 Maret 2021.

Mahasiswa UT juga dibekali dengan keterampilan belajar jarak jauh. Untuk masa pendaftaran mahasiswa baru di atas, pelatihan ini digelar pada 9 Februari – 28 Maret 2021.

So, is it an interesting option for you, Sobat Pintar? Are you going to mark your calendar?

40

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
1 Comment
text
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp