APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Yang Belum Kamu Tahu tentang Teknik Elektro

Ketahui lebih banyak tentang Teknik Elektro sebelum memilih jurusan ini.

photo via www.ampcontrolgroup.com

Jangan bingung kalau mendengar atau membaca nama Jurusan Teknik Listrik. Mungkin kamu lebih akrab dengan Teknik Elektro, Sobat Pintar? Sebenarnya sama saja, baik Listrik maupun Elektro, karena dalam Bahasa Inggris nama jurusan ini adalah Electrical Engineering. Jadi ya biarpun namanya berbeda, barangnya tetep satu aja, kok.

Terus, ada apa dengan Teknik Elektro? Yuk kita tanya sama-sama.

 

Induknya Ilmu Teknik


Photo by Shane Rounce on Unsplash

Katanya nih ya, Teknik Elektro adalah salah satu bidang ilmu teknik yang tertua. Entah berapa umurnya, tapi Teknik Komputer yang lahir belakangan adalah perpaduan dari Teknik Elektro dan Ilmu Komputer. Yang lebih baru lagi, Teknik Telekomunikasi juga terhitung sebagai salah satu sempalan dari Teknik Elektro.

Bisa dibilang, Jurusan Teknik Elektro dapat menjadi salah satu alternatif kuliahmu selain Teknik Komputer atau Teknik Telekomunikasi. Pada Jurusan Teknik Komputer dan Teknik Telekomunikasi, kamu akan mendapati sebagian Teknik Elektro dan demikian pula sebaliknya.

Tes Masuk Jurusan ElektroNamun jangan buru-buru jatuh hati dengan jurusan ini, Sobat Pintar. Jangan sampai kamu salah pilih hanya karena bestie-mu memilih kuliah di Teknik Elektro. Pastikan dahulu kamu memang punya kecocokan yang tinggi dengan Teknik Elektro melalui Minat Pintar.

 

Teknik Elektro di Perguruan Tinggi


Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

Sebagai induknya Ilmu Teknik, Teknik Elektro memiliki cakupan yang sangat luas. Bermula dari sumber pembangkit tenaga listrik, kajian Teknik Elektro berlanjut pada sistem jaringan distribusi hingga pemanfaatan listrik pada pengguna akhir.

Meskipun demikian, bukan kerarti mahasiswa Teknik Elektro akan berjibaku dengan seluruh topik kelistrikan. Misalnya saja di Universitas Gadjah Mada, bidang konsentrasi Jurusan Teknik Elektro terbagi menjadi Teknik Tenaga Listrik, Teknik Pengolahan Isyarat Eletronika dan Biomedika, Teknik Instrumentasi Kendali, Teknik Telekomunikasi, dan Teknik Komputer. Dan mahasiswa Teknik Elektro akan mempelajari bidang konsentrasi tersebut mulai pada tahun ketiga perkuliahan, setelah menempuh matakuliah-matakuliah dasar.

Pilihan kuliah di Jurusan Teknik Elektro tak cuma di Universitas Gadjah Mada. Institut Teknologi Sepuluh Nopember juga punya Jurusan Teknik Elektro dengan empat bidang konsentrasi, yaitu Teknik Sistem Tenaga, Teknik Sistem Pengaturan, Teknik Telekomunikasi Multimedia, dan Teknik Elektronika.

Masih perlu contoh atau alternatif kampus lain? Di Universitas Mataram, Jurusan Teknik Elektro dikelompokkan ke dalam empat bidang konsentrasi pada tahun ketiga. Tak persis sama dengan dua kampus sebelumnya, bidang konsentrasi Universitas Mataram ialah Sistem Tenaga Listrik, Elektronika dan Digital, Informatika dan Komputer, dan Telekomunikasi.

 

Persaingan Teknik Elektro


Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

Tak hanya ketiga perguruan tinggi di atas yang memiliki Jurusan Teknik Elektro – pilihan kampusmu masih banyak, misalnya Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Universitas Hasanuddin, Universitas Sumatera Utara, Telkom University, Sekolah Tinggi PLN, Universitas Mercu Buana, dan masih banyak lagi. Enggak bakalan kekurangan stok kampus deh, kalau soal Teknik Elektro!

Teknik Elektro adalah satu dari sekian jurusan favorit kategori sains atau IPA. Bahkan, peminat jurusan ini hampir sama banyaknya dengan peminat Teknik Informatika dan Pendidikan Dokter. Kamu siap berebut kursi, Sobat Pintar?

0
50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog