redesain-navbar Portlet

Blog

Rss

Ada nggak, diantara kamu yang pingin kuliah di Jogja, apapun kampusnya? Percaya nggak percaya, ada aja lho, yang begitu. Yogyakarta memang punya daya tarik tersendiri bagi kalangan pelajar, sampai-sampai provinsi ini dikenal sebagai kota pelajar – bingung gak sih, provinsi kok jadi kota? Ya udah deh, daripada musingin hal gak jelas begitu, mending langsung kepoin aja perguruan ...

400

Udah pada tahu belum, kalau proses seleksi masuk sekolah pilot tuh panjang banget? Tes masuk yang harus dilalui nggak cukup satu atau dua saja, jadi persiapan untuk menjalaninya juga cukup menyita waktu. Mari cari tahu lebih jauh tentang tes-tes masuk ini.   Tak Bisa Dihindari: Tes Kesehatan atau Medical Examination Pernah mikir kenapa pilot punya tampang kece? Satu alasannya karena...

100

United Kingdom, atau dikenal sebagai Inggris, dan Amerika Serikat adalah dua negara dengan gengsi tersendiri bila kamu bisa kuliah disalah satunya. Tapi udah tahu belum perbedaan seleksi mahasiswa baru di kedua negara besar ini? Yuk, cari tahu, biar kamu tahu lebih banyak dan bisa membandingkan keduanya.   Perbedaan Ujian Masuk Kampus: A-level vs. SAT Nilai A-level yang kamu peroleh...

110

Hayoo siapa pengen ketemu sama oppa atau noona tjakep, tunjuk tangan! Tapi, gimana nasip kuliah? Eitts... tenang aja, Sobat Pintar. Nggak cuma sehari dua hari kunjungan, kamu bisa tinggal selama beberapa waktu di Korea Selatan. Yup, ikuti saja program pertukaran pelajar yang ditawarkan oleh salah satu universitas ini.   1. Seoul National University Program pertukaran pelajar di...

300

Baik mengikuti program pertukaran pelajar maupun kuliah ke luar negeri, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. Nggak niat dan impian aja, Sobat Pintar – selain dana juga, tentunya. Nah, apa aja sih, yang perlu kamu siapin jauh-jauh hari? Ini dia checklistnya.   1. Sertifikat Tes Bahasa Asing Namanya juga mau tinggal di luar negeri sebagai pelajar atau mahasiswa, tentu wajib...

340

Nggak perlu dikenalin lagi sama Maudy Ayunda, kan? Udah jadi bintang film dan penyanyi, Maudy Ayunda tak segan mengejar pendidikannya sampai ke United Kingdom alias Inggris Raya. Memang jurusan yang diminatinya – Politic, Philosophy, Economy (PPE) – ada di Oxford, jadi Maudy-pun tak ragu menetapkan tujuan kuliahnya. Apa nggak bikin penasaran tuh, seperti apa sih kuliah di Oxford – ...

430

Berminat mengikuti program pertukaran pelajar, tapi nggak tau musti ke mana dulu? Tenang, disini kita akan berbagi beberapa lembaga di dalam dan luar negeri yang ngurusin tentang student exchange program maupun program pertukaran budaya. Apa aja, sih? Yuk, baca dibawah ini.   1. CISV International Lembaga swadaya masyarakat ini berkantor di Inggris, dengan program pertukaran...

390

Menjadi tamu di negeri orang sebagai mahasiswa internasional bikin hatimu dagdigdug? Wajar saja, entah sebagai pengalaman pertama ataupun karena prospek perkuliahan dan suasana yang berbeda. Apapun itu, jangan sampai kamu melakukan hal-hal berikut ini.   Tak Tahu Apapun tentang Negara Tujuan Kamu nggak mungkin bertamu ke rumah orang yang tak dikenal, bukan? Sama juga dengan rencana...

240

"Kuliah di luar negeri tuh jauh dari keluarga, teman-teman karib, nggak kenal siapa-siapa..." Pernah dengar ujaran semacam ini? Oh, ternyata masih banyak halang rintang yang menghadang didepan saat kamu dihadapkan pada pilihan lokasi kuliah. Yup, tak selamanya kuliah di luar negeri menjadi tawaran menarik karena alasan-alasan seperti ini.   Biaya Hidup di Luar Negeri tuh...

240

Kuliah adalah masa-masa dimana kamu bisa menimba ilmu dan aneka ragam pengalaman hidup. Adalah kesempatan berharga jika kamu bisa menambah keduanya di luar negeri – banyak banget yang beda, mulai dari dosen-dosennya, suasana kampusnya, kehidupan sehari-harinya, hingga keluarga angkat tempatmu homestay. Tapi pertama-tama, udah tau belum, perguruan tinggi mana yang sering menawarkan...

200

Mengikuti student exchange program adalah salah satu pengalaman hidup yang berharga. Bayangin deh, kamu bisa tinggal dan menjalani kehidupan sehari-hari dalam keluarga layaknya penduduk lokal. It's gotta be cool! Apalagi, kalau destinasi yang ditawarkan oleh program pertukaran pelajarnya sekeren negara-negara berikut ini.   1. Norwegia: International Student Festival in Trondheim...

210

Program pertukaran pelajar atau student exchange tuh nggak sekedar jadi alasan melancong ke luar negeri, lho. Program ini dirancang supaya kamu dapat memperluas perspektif, wawasan, pemikiran, dan pengetahuan tentang topik-topik yang relevan pada tataran internasional. Bahkan, dalam lingkup Asia saja, kamu sudah bisa memetik manfaat tersebut. Dan apa aja sih, program pertukaran...

310

"Pokoknya kuliah di luar negeri aja, deh. Negara manapun bisa, asalkan ke luar negeri. Jurusan juga gampang, pikir belakangan." Eitts, ya enggak segitunya juga, keles. Sedari awal pilih dulu kamu mau kuliah dijurusan apa, baru kemudian pilih negara terbaik yang menawarkan bidang kajian tersebut. Daripada bingung, langsung aja deh, lihat di negara mana kamu bisa mendapat...

330

Kalau soal masuk sekolah, SMP dan SMA/ SMK, tentu kamu sudah punya pengalaman sendiri. Tapi bagaimana dengan kuliah? Proses masuk kuliah jelas beda banget dari mendaftar masuk sekolah. Lantas, sudahkah kamu tahu tentang apa saja yang harus dicermati sebelum masa-masa sekolahmu berakhir? Setidaknya, kamu bisa menghindari kesalahan-kesalan yang tak perlu seperti dibawah ini.   1. Nggak...

600

Bikin usaha disektor makanan tuh enggak ada matinya. Ya mau bagaimana lagi, makanan kan memang kebutuhan dasar manusia. Apalagi sekarang makanan sudah dikemas sedemikian rupa menjadi gaya hidup yang kekinian. Jadi, kenapa nggak nyoba memulai bisnismu dari sini saja? Jangan kuatir idenya, dibawah ini ada ragam kuliner endes yang bisa kamu coba. Mulai dari yang simpel sampai yang...

240

Adakah orang disekitarmu, mungkin kenalan atau kerabat, yang mengikuti seleksi CPNS tahun ini? Nggak ada sepinya deh, kalau ada seleksi CPNS. Bahkan di beberapa daerah, seseorang yang ikut seleksi CPNS bisa jadi berita heboh sekhalayak ramai. Padahal, proses seleksinya cukup panjang, lho. Setelah seleksi administrasi, masih ada tes Kompetensi Dasar yang terdiri dari tiga macam tes...

150

Bejibunnya tawaran beasiswa yang bisa kamu akses saat ini tentu jadi peluang kuliah ke luar negeri yang sayang untuk dilewatkan. Dan negara mana sih, yang kamu pilih? Pastinya disesuaikan juga dengan pilihan jurusan atau program studimu – nggak bakalan belajar Sastra Jepang di Jerman, kan? Nah, Jepang sama Jerman aja udah dua negara dengan dua bahasa yang berbeda. Bagaimana dengan...

430

Masak cuma penyanyi saja yang mau go international? Kamu juga, dong! Apalagi yang namanya menuntut ilmu tuh, kudu dikejar sampai keujung dunia – eh, emang dunia punya ujung, ya? Udah deh, nggak perlu mikirin tentang dunia dan ujungnya. Lebih penting mikir tes-tes Bahasa Inggris yang kemungkinan perlu kamu ambil kalau mau lanjut kuliah ke luar negeri.   1. Test of English as a...

240

Akhirnya, desas desus tentang perubahan sistem penerimaan mahasiswa baru ditingkat pendidikan tinggi akan menjadi nyata pada tahun 2019. Apakah kamu yang akan mengalami perubahan ini pertama kali? Apa saja yang perlu dicermati agar kita semua siap menyongsong SBMPTN 2019?   Ujian Masuk PTN dan LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), Apa yang Baru? Yuk, kenalan dulu sama lembaga baru...

660

Administrasi Bisnis, atau sering juga disebut sebagai Administrasi Niaga, adalah jurusan kuliah yang cukup banyak peminatnya. Apakah menjadi mahasiswa jurusan ini adalah impianmu juga? Tapi udah tahu belum, lulusan Administrasi Bisnis tuh bisa berkarir sebagai apa aja, sih?   1. Entrepreneur/ Wirausaha Punya usaha sendiri tuh berarti punya karir juga lho, Sobat Pintar. Ya bayangin...

230

CssBlog

metablog-web Portlet