CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Rss

Biologi adalah salah satu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang makhluk hidup dan berbagai macam organisme. Istilah biologi berasal dari kata Yunani, bios artinya hidup, sedangkan logos berarti ilmu. Jadi, biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan (makhluk hidup), baik kehidupan masa kini ataupun kehidupan masa lampau. Hal-hal yang dipelajari dalam Biologi disebut Ruang...

60

Apa sajakah universitas terbaik di Sulawesi? Buat calon mahasiswa seperti kamu, wajib banget tahu apa saja alternatif universitas, termasuk di Sulawesi. Salah satu pulau terbesar di Indonesia ini terdiri dari lima provinsi, yang masing-masing punya universitas unggulannya sendiri. Sebagai referensi buat Sobat Pintar, berikut ini daftar universitas di Sulawesi. Photo by Gift Habeshaw on...

20

Kita mengenal istilah prestasi akademik dan prestasi non-akademik di sekolah. Kedua istilah ini terutama penting banget buat Sobat Pintar yang bakal mengikuti SNMPTN. Apakah kamu jago di keduanya, atau salah satunya saja? Eits, tapi yang mana sih, yang dibilang prestasi akademik itu? Apa pula yang dimaksud dengan prestasi non-akademik? Terus, bagaimana cara mengembangkan potensi diri untuk...

00

Kalian yang bakal masuk kuliah, sudah tahu jadwal UTBK 2022, belum? Dari kapan hari LTMPT sudah merilis jadwal UTBK SBMPTN 2022. Tapi kalau sebagian dari Sobat Pintar masih belum mengetahui perkiraan jadwal UTBK 2022, ga apa-apa. Yuk, kali ini kita ulik bersama-sama.   Kapan Perkiraan Jadwal UTBK 2022? Photo by RODNAE Productions on Pexels Kenapa disebut perkiraan jadwal...

110

Mengajar dan mendidik siswa di sekolah adalah tugas utama seorang guru. Dalam proses belajar mengajar, terdapat target-target atau tujuan-tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa. Oleh karena itu, seorang guru tidak boleh mengajar dengan sembarangan. Dibutuhkan persiapan-persiapan yang matang sebelum guru mengajar siswa di kelas supaya tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal. ...

00

Apa saja universitas di Kalimantan? Kalau Sobat Pintar punya keinginan kuliah di Kalimantan, pertanyaan seperti ini pasti tak cuma sekali nongol di kepala. Nah, biar enggak overthinking terus-terusan, kamu wajib tahu sejumlah universitas yang ada di Kalimantan berikut ini. Photo by Antor Paul on Unsplash 1. Universitas Lambung Mangkurat Universitas di Kalimantan Selatan ini terdiri dari...

20

Dalam novel berjudul Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata, Guru Pintar dapat melihat bagaimana interaksi antara guru, Bu Mus, dan sepuluh siswanya yang berjalan sangat harmonis. Sebuah sekolah kecil di Belitong yang hampir ditutup oleh pemerintah karena kekurangan siswa itu, kini dikenal oleh banyak orang baik di Indonesia maupun di luar negeri. Banyak hal yang menginspirasi pembaca...

00

Tau nggak Sobat, sebenarnya ada banyak pilihan universitas di Bali, loh. Selama ini kita menganggap Bali identik dengan tempat-tempat pariwisata, padahal tempat kuliah di Bali nggak kalah banyaknya dengan tempat kuliah di provinsi-provinsi yang lain. Kamu sudah tau belum, 10 universitas yang ada di Bali ini? Photo by Mathis Jrdl on Unsplash 1. Universitas Udayana Kalau ngomongin PTN di...

10

Salah satu syarat SNMPTN 2022 adalah diikuti oleh siswa yang eligible. Apa yang dimaksud dengan siswa eligible itu? Apa saja kriteria siswa eligible? Lantas, apakah kamu termasuk siswa yang eligible untuk mengikuti pendaftaran SNMPTN 2022, Sobat Pintar?   Ketentuan SNMPTN tentang Eligibility Peserta Photo by Juan Ramos on Unsplash Eligible adalah kata dalam Bahasa Inggris yang tergolong...

190

Guru yang profesional itu seperti apa, sih? Seorang guru dikatakan sebagai sebagai guru profesional jika menguasai empat standar kompetensi guru. Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, dijelaskan bahwa kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam...

00

Hai Sobat Pintar!, Kali ini kita akab bahas tentang materi kimia yang ada di kelas 11 nih Sobat, yaitu tentang kesetimbangan reaksi kimia. Apakah ada hubungannya sama timbangan? Apa kita disuruh timbang-menimbang? Daripada penasaran, yuk kita bahas aja yaaa..   Pengertian Kesetimbangan Kimia Perhatikan reaksi di bawah ini! A + B --> C Jika A kita ibaratkan sebagai terigu, lalu akan...

40

Sudah tahu cara daftar SNMPTN 2022, Sobat Pintar? Pembuatan akun LTMPT-nya sudah dapat dimulai di pekan pertama bulan Januari. Tinggal hitungan hari, nih! Jangan sampai kalian yang akan mengikuti pendaftaran SNMPTN 2022 masih belum tahu seluk beluk cara pendaftaran SNMPTN di bawah ini. Photo by Iris Wang on Unsplash 1. Pengumuman Kuota 28 Desember 2021 Sebelum memasuki tahapan pendaftaran...

90

Pengertian guru, seperti sudah kita ketahui bersama, adalah seorang tenaga pendidik profesional yang mendidik, mengajar suatu ilmu, membimbing, melatih, memberikan penilaian, serta melakukan evaluasi kepada siswa. Guru juga dapat didefinisikan sebagai seseorang yang telah mengabdikan dirinya untuk mengajarkan suatu ilmu, mendidik, mengarahkan, dan melatih siswanya agar memahami ilmu pengetahuan...

00

Susah-susah gampang atau gampang-gampang susah sih, ngekepoin sekolah seni di Indonesia? Sekolah kesenian memang jarang dilirik, enggak heran kalau kita pun rada-rada kesulitan menemukan rekomendasi SMA/SMK seni di Indonesia.   Belajar Seni di Sekolah Menengah Photo by Budgeron Bach on Pexels Kalau kamu memilih melanjutkan sekolah di SMA, pelajaran kesenian yang diperoleh...

20

Guru harus memiliki sifat-sifat yang dapat membuat siswa bersemangat untuk belajar. Dan sebaliknya seorang guru harus menghindari sifat guru yang tidak disukai oleh siswa. Guru yang disukai oleh siswa memiliki beberapa keuntungan, yaitu: 1. Memiliki kedekatan dengan siswa sehingga siswa merasa nyaman saat belajar. 2. Materi pelajaran atau nilai-nilai yang diajarkan lebih mudah diterima. 3....

00

Eitts kok mama lagi browsing "cara mengisi liburan anak di rumah," sih? Nggak salah lihat nih, kamu? Ini kan liburanmu, kenapa mesti mama yang nyari kegiatan mengisi liburan? Jangan sampai keduluan mama, Sobat Pintar. Biar kamu "menguasai" liburanmu sendiri, yuk cari cara bagaimana mengisi waktu liburan di rumah yang seru dan produktif. Kalau kamu punya ide liburan yang lebih baik, mama enggak...

20

Istilah teori belajar terdiri dari dua kata penting yaitu teori dan belajar. Menurut McKeachie dalam Grendel (1991:5) teori adalah seperangkat azaz yang tersusun tentang kejadian-kejadian tertentu dalam dunia nyata. Sedangkan menurut Hamzah (2003:26) teori merupakan seperangkat preposisi yang didalamnya memuat tentang ide, konsep, prosedur dan prinsip yang terdiri dari satu atau lebih variabel...

00

Udah tau belum, kalau kita bisa memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian? Nah, seru gak, tuh? Kamu yang introver enggak perlu khawatir salah memilih jurusan kuliah yang memaksamu bersikap layaknya ekstrover. Sedangkan kamu yang ekstrover, kuliah di jurusan yang tepat takkan membuatmu kebosanan setengah mati. Tapi gimana caranya memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian? Boro-boro...

100

Singkatan LMS sering sekali didengung-dengungkan akhir-akhir ini. Kepanjangan LMS adalah Learning Management System. Ya, sejak pandemi merebak, banyak sekolah-sekolah memanfaatkan LMS sebagai pendukung penting keberlangsungan proses belajar mengajar. Apakah Guru Pintar sudah akrab dengan Learning Management System (LMS)? Apa, bagaimana, dan manfaat menggunakan LMS dalam kelas daring akan diulas...

00

Jujur deh, kalau ingat tugas sekolah kamu jadi bersemangat ngerjain atau malah pura-pura lupa? Udah, dijawab dalam hati saja, Sobat. Mengerjakan pekerjaan rumah (PR) atau tugas sekolah memang bukan kegiatan yang asyik banget. When it comes to school assignment, however, the only option we have is to get it done. Terus, bagaimana caranya biar tugas atau PR sekolah selesai, tapi kita juga enggak...

20

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog