APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Rss

Menjadi seorang guru harus selalu produktif dan juga tidak boleh ketinggalan zaman. Untuk menjawab tantangan dalam dunia pendidikan di era serba digital seperti sekarang ini, Guru Pintar tidak boleh menjadi guru yang gaptek alias gagap teknologi. Guru pintar harus memiliki kemauan dan kemampuan memanfaatkan berbagai teknologi dan aplikasi yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar. Nah,...

00

Apakah kalian memperhatikan urutan bilangan yang dituliskan pada tempat parkir tersebut? Berapa selisih urutannya? Apakah semakin ke kanan urutannya semakin besar atau sebaliknya? Betul sekali, Sobat! Penulisan bilangan pada tempat parkir tersebut membentuk sebuah barisan bilangan secara urut. Sobat Pintar sudah pernah mendengar istilah barisan, bukan? Barisan merupakan suatu runtutan...

50

Ada 10 jurusan yang pakai portofolio di SNMPTN dan SBMPTN 2022. Jika jurusan-jurusan ini adalah pilihanmu, wajib banget Sobat Pintar tahu tentang apa dan seperti apa portofolio itu. Dan apa sajakah jurusan kuliah yang mewajibkan portofolio tersebut? Yuk, kita kepoin di sini.   Portofolio di SNMPTN dan SBMPTN Photo by Brooke Lark on Unsplash Portofolio adalah kumpulan dokumen, biasanya...

30

Di akhir tahun 2021, kabar pergantian kurikulum hangat diperbincangkan. Kurikulum 2013 dan kurikulum darurat  yang selama ini diterapkan di sekolah akan digantikan dengan  kurikulum paradigma baru atau disebut sebagai kurikulum prototipe (2022). Alasan perubahan kurikulum dalam pendidikan biasanya didasarkan pada evaluasi kurikulum yang telah diterapkan sebelumnya. Munculnya...

00

Semakin banyak TryOut UTBK yang ditawarkan di sekitar kita seiring dengan semakin dekatnya jadwal ujian. Suka bingung ga sih, mesti pilih TryOut UTBK yang mana? Kalau kamu sudah tahu pentingnya mengikuti latihan TryOut UTBK, memilih TryOut UTBK atau TryOut SBMPTN yang paling pas memang menjadi pertanyaan tersendiri. Akan tetapi, buat kalian yang masih sangsi mengikuti try out menjelang UTBK...

30

Pekerjaan guru adalah pekerjaan yang mulia. Tugas utama guru tidak hanya menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Guru juga merupakan sosok bertanggung jawab membentuk jiwa dan watak siswa yang diajarnya. Guru Pintar memiliki kesempatan besar untuk membentuk dan membangun kepribadian siswanya menjadi seorang yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa. Maka, jangan sampai disia-siakan ya, Guru...

00

Pernahkah Guru Pintar menemukan siswa yang terlihat enggan belajar pelajaran yang diajar? Apa yang Guru Pintar pikirkan mendapati siswa malas atau tidak pelajaran yang diajarkan? Apakah yang Guru Pintar lakukan jika hal seperti ini terjadi di kelas yang diajar? Mengajar di kelas dengan karakteristik siswa yang beragam memang menjadi tantangan tersendiri bagi Guru Pintar. Jika ada siswa yang...

00

Registrasi akun LTMPT SNMPTN untuk sekolah dimulai tanggal 4 Januari 2022. Sobat Pintar yang akan mengikuti SNMPTN harus sudah bersiap registrasi LTMPT 2022, nih. Registrasi akun LTMPT untuk siswa akan dibuka tanggal 10 Januari 2022 pukul 15.00 WIB. Mumpung masih ada waktu hingga registrasi akun LTMPT SNMPTN nanti, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan. Apa saja printilan yang sering...

170

NISN dan NPSN adalah dua hal yang wajib ada bila kamu akan membuat akun LTMPT. Sobat Pintar yang akan mengikuti SNMPTN 2022, NISN dan NPSN menjadi kebutuhan yang lebih mendesak lagi. Oke, tapi apa itu NISN dan NPSN? Yuk, kita kenalan dulu sama NISN dan NPSN hingga bagaimana cara mengeceknya.   Apa Itu NISN dan NPSN? Photo by Volkan Olmez on Unsplash Let's get the basics straight, Sobat...

60

Tak terasa tahun ajaran 2021/2022 sudah memasuki semester genap. Sekolah-sekolah sudah mulai memberlakukan pertemuan tatap muka terbatas dan mengaplikasikan berbagai metode pengajaran diantaranya blended learning dan juga hybrid learning. Kira-kira bagaimanakah pembelajaran di tahun ajaran baru 2022 nanti? Nah, menghadapi tahun ajaran baru 2022/2023, tidak ada salahnya Guru Pintar mulai dari...

10

Jurusan SMA yang selama ini kita kenal adalah IPA, IPS, dan Bahasa. Penjurusan di SMA ini sudah ada sejak tahun 1950, kemudian terus mengalami perubahan baik nama maupun waktu penjurusannya. Akan tetapi, mulai tahun depan Jurusan IPA, IPS, dan Bahasa di SMA takkan kita jumpai lagi di setiap sekolah, Sobat Pintar. Kok bisa gitu?   Tahun Baru, Kurikulum Baru? Photo by Monika on Unsplash ...

70

Dalam menyampaikan pembelajaran melalui presentasi, Guru pintar dituntut untuk menyampaikan materi dan informasi kepada siswa secara efektif. Agar proses presentasi pembelajaran berjalan dengan efektif dan dapat menarik perhatian siswa, diperlukan bantuan berupa media pembelajaran interaktif. Untuk itu, diperlukan berbagai macam persiapan dan juga kreativitas dari Guru Pintar. Syarat dalam...

10

Sedang kuliah atau masih bingung menentukan pilihan? Apapun itu, jika memiliki visi kedepan tentang bekerja setelah kuliah rampung, maka kamu perlu memperhatikan skill apa yang tengah dibutuhkan pasar kerja saat ini. Asal kamu tahu, setiap tahunnya terjadi perubahan demand di pasar kerja, tapi tetap ada beberapa komponen yang masih selalu dibutuhkan selama beberapa waktu. Bagaimana dengan tahun...

550

Kita akan bertemu dengan hari baru pada tahun 2022. Bagaimana dengan hari-hari yang telah kita lalui sepanjang 2021, Sobat? Hal-hal baik apa saja yang telah kita terima dan jalani? Bila direnungkan, sudahkah kita benar-benar mensyukuri hal-hal baik sepanjang tahun ini? Setting new year resolutions is great, but reflecting to what we've learned along the year is necessary. Bukan hal-hal baik...

270

Eyo Sobat! Pastinya sobat disini udah ngga asing lagi kan dengan kata Comparative (perbandingan). Misal nih, kalian lagi asik nongkrong di cafe, terus liatin para ciwi-ciwi yang lagi ngobrol: “OMG, your Shoes is Cool” Suka banget ngga tuh, kalo dipuji keren!! SBL, SBL, SBL Suka banget lochh haha. Lanjut, si temen yang dipuji balik muji. “Aww, thanks but yours is cooler than mine” “Wait what?...

40

Libur telah tiba, semua siswa pasti gembira! Ya, liburan sekolah adalah masa yang dinantikan setelah mengikuti ujian. Biasanya di saat liburan sekolah seperti saat ini, tempat-tempat wisata penuh sesak dengan pengunjung. Ada yang pergi ke pantai atau bahkan ada yang ke luar negeri. Sayang sekali karena pandemi kegiatan liburan tidak memungkinkan dilakukan seperti dulu lagi. Terus ngapain,...

20

Kebayang ga sih, kalau kamu kerja tidak sesuai jurusan setelah lulus kuliah nanti? Of course, cita-cita kita bakal bekerja sesuai dengan bidang ilmu selama kuliah. Namun ternyata Bapak Mendikbud Ristek kita sekarang sempat mengungkapkan bahwa 80% lulusan universitas itu enggak nyambung antara jurusan dan pekerjaannya. Artinya, sebagian besar orang saat ini bekerja di bidang yang berbeda dengan...

10

Belajar Bahasa Korea menjadi tren tersendiri seiring dengan semakin populernya Korean Wave, atau lebih sering disingkat K-Wave. Hayo ngaku sini, siapa penggemar K-pop dan K-drama? Begitu seringnya ikut-ikutan nyanyi atau nonton seluruh drama idol-mu, sampai-sampai kamu pun tahu dan bisa mengucapkan satu-dua kata Bahasa Korea. Congratulations, Sobat Pintar! Pada satu sisi, keberhasilanmu...

40

Menjadi guru artinya Guru Pintar adalah pembelajar sejati yang tidak akan berhenti belajar sampai nanti. Sudah umum diketahui bahwa ada empat kompetensi guru yang harus dikuasai oleh siapapun yang menyandang status sebagai seorang guru. Empat kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Ada berbagai cara yang dapat Guru...

00

Memberikan tugas kelompok saat pembelajaran jarak jauh tampaknya sangat sulit. Bagaimana tidak, siswa tidak dapat saling bertatap muka dan melakukan belajar kelompok di sekolah seperti sebelum corona melanda. Dengan kendala jarak dan anjuran untuk tidak berkerumun untuk mencegah penyebaran virus covid 19, bukan berarti siswa tidak dapat diberikan tugas kelompok atau belajar kelompok ya, Guru...

00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog