PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

Entri dengan tag jurusan .

Miss , miss apa yang gak nyambung ? Mismatch ! Eh, ini serius, lho – bukan lucu-lucuan. Jadi, istilah mismatch ini digunakan pula dalam dunia kerja, dimana para pekerja dan bidang pekerjaan yang dilakukannya tidak punya kesesuaian atau kecocokan. Masih belum jelas? Yuk, lanjutin dikit lagi bacaannya.   Ketidaksesuaian Antara Latarbelakang Pendidikan dan Bidang...

Udah pada tau kan, kalau jadi Psikolog tuh nggak bisa sekonyong-konyong begitu kamu lulus kuliah S1 di Jurusan atau Program Studi Psikologi? Trus, apa ya lulusan jurusan ini hanya bisa jadi Psikolog atau konselor saja? Bagaimana dengan kemungkinan profesi lain? Pekerjaan seseorang yang lulus dari Jurusan Psikologi terkait erat dengan gelar yang dimilikinya. Dan di dunia ini, ada...

Ada lho, pelajar yang merasa nanggung – Matematika bisa, Bahasa Inggris bisa, Fisika oke, Akuntansi lancar. Semua matapelajaran lancar-lancar saja, tapi juga nggak bagus-bagus amat, sih. Bagaimana dengan minat? Bakat? Keterampilan non-akademik yang bisa jadi acuan dalam memilih jurusan kuliah? Biasa-biasa juga – nggak ada yang spesial, nggak ada yang menonjol. Trus , kuliah ke...

Telah memantapkan pilihan untuk kuliah di Jurusan Psikologi? Bidang ilmu terapan tentang perilaku dan mental manusia ini memang menarik – tak kalah menarik dengan Kedokteran, bidang ilmu yang mempelajari tentang fisik manusia. Meskipun mungkin persaingan masuknya cukup ketat, tapi kuliah Psikologi di tiga kampus terbaik di Indonesia ini tentu merupakan pengalaman yang dapat...

Lulus kuliah, nyari kerja? Itu udah biasa! Yang nggak biasa tuh kalau kamu lulus, dan pekerjaan di suatu firma besar sudah menantimu. Keren nggak, tuh? Nah, kalau mau keren begitu, perguruan tinggi berikut ini dapat membantumu.   1. Harvard University Berdiri sejak abad ke-17, universitas swasta ini punya rasio mahasiswa undergraduate dan postgraduate yang unik: ...

Setahun silam, dua makam misterius diekskavasi di tepi sisi barat Sungai Nil, di kawasan Thebes, Kota Luxor, Mesir. Dua makam tersebut diperkirakan berusia 3.500 tahun, berisikan harta karun khas kuburan Mesir – termasuk mumi. Pernah nggak, kamu penasaran bagaimana cara para ahli menemukan angka 3.500 tahun tersebut? Bagaimana mereka menentukan usia sebuah mumi, atau sebuah candi,...

Kuliah di Jurusan Pariwisata tuh enak, kerjaannya jalan-jalan mulu ! Pernah dengar orang ngomong begini ? Jurusan ini memang salah satu yang paling sering dapat stereotipe – kesannya secara umum ngegampangin banget, deh. Tapi sebenarnya nggak gitu­-gitu amat , lho. Coba baca ini kalau nggak percaya.   Mahasiswa Pariwisata Jalan-Jalan Terus Coba lihat dijurusan-jurusan...

Pariwisata adalah salah satu bidang yang terus tumbuh. Bahkan akhir-akhir ini, pertumbuhan bidang pariwisata sangat pesat dengan adanya berbagai program acara di televisi maupun sokongan sosial media. Nah, jika kamu tertarik dan punya minat pada bidang ini, ada juga jurusan kuliahnya ditingkat pendidikan tinggi, lho!   Perguruan Tinggi Mana Saja yang Punya Jurusan Pariwisata? ...

Masih bingung menentukan pilihan jurusan kuliah? Udah tahu kan, kalau pilihan jurusan tuh sebaiknya disesuaikan dengan kepribadianmu? Etapinya, udah tau belum, kepribadianmu seperti apa dan bagaimana? Yah... kalau masih bingung tentang kepribadian sendiri, gimana bisa menentukan pilihan jurusan kuliahnya? Nah, coba lihat tipe kepriadian yang dirumuskan oleh John Lewis Holland berikut...

Masih bingung menentukan pilihan dan ingin tahu lebih banyak tentang berbagai jurusan kuliah? Tahukah kamu, ternyata dibutuhkan kesesuaian antara minat dan kepribadianmu dengan apa yang diajarkan atau dipelajari disuatu jurusan. Nah, coba lihat, udah klik belum, antara dirimu dengan jurusan yang kamu incar?   Jurusan Psikologi Kuliah di Jurusan Psikologi hanya cocok buat kamu...

Salah memilih jurusan kuliah bisa berakibat cukup fatal – tak hanya dimasa kuliah itu sendiri, tapi juga bisa merembet sampai diwaktu bekerja. Kalau saat kuliah aja kamu udah nggak hepi , gimana saat bekerja nanti? Nah, biar nggak mengalami masa-masa "hidup segan mati tak mau," coba cermati tips memilih jurusan berikut ini.   1. Apa yang Kamu Suka? Jika kamu...

Salah satu alasan kenapa Jurusan Akuntansi diminati oleh anak kelas IPS adalah karena prospek kerjanya yang cukup menjanjikan. Bahkan, bidang Akuntansi menawarkan jenjang karir yang terjamin dan pendapatan yang tak sedikit. Jadi, apa saja pekerjaan dibidang Akuntansi yang memiliki kedua kriteria tersebut?   Bekerja tanpa Ikatan dengan Menjadi Akuntan Publik Akuntan Publik...

Mau jadi horang kaya? Sah-sah aja kok, punya cita-cita hidup kaya raya. Salah satu caranya, adalah dengan kuliah dijurusan yang diyakini dapat mengantarkanmu pada pekerjaan dan karir menjanjikan dimasa depan. Ya... kali-kali aja, kamu memang beruntung bisa hidup mapan lantaran pekerjaan dan karir yang menghasilkan gaji tinggi. Nah, langsung aja deh, jurusan apa aja sih, yang...

Kenapa musti sekolah dan kuliah lama-lama kalau kamu tipe orang yang terampil, alih-alih banyak mikirin konsep? Sekolah vokasi sekarang menawarkan banyak program keahlian yang keren , yang siap mengantarkanmu kedunia kerja setelah lulus. Makin cepat mandiri, nih? Yak, tepat sekali. Tapi, jurusan atau program keahlian SMK apa sih, yang menawarkan prospek kerja luas?   1....

Jika kamu saat ini masih menjadi pelajar SMK, trus mau lanjut kuliah, jurusan apa nih yang mau diambil? Suka bingung gitu, nggak sih? Apa harus linear, sama dengan jurusanmu di SMK saat ini? Atau bisa pindah ke lain hati, eh, lain jurusan? Sebenarnya pilihan jurusan kuliahmu nggak wajib sama dengan jurusan sekolahmu, kok – alias nggak wajib linear. Jadi misalnya saat ini kamu ...

Anak IPS mana sih, yang nggak tertarik sama Jurusan Akuntansi? Jurusan ini udah dianggap dewanya kelas IPS, deh. Tapi udah tahu belum, kalau Akuntansi sendiri sebenarnya terbagi lagi kedalam beberapa bidang konsentrasi. Yuk, cari tahu agar kamu tahu benar Akuntansi yang seperti apa yang sebenarnya sesuai buatmu.   1. Akuntansi Keuangan ( General Accounting ) Bidang Akuntansi...

Kamu merasa pilihan jurusan kuliah di Indonesia terlalu biasa-biasa saja? Mau tahu seberapa anti-mainstream nya kamu? Coba deh, lihat jurusan-jurusan dibawah ini, kali-kali aja jiwamu merasa terpanggil pada salah satunya.   1. Puppetry – University of Connecticut Dijurusan ini, kamu akan diajari bagaimana menggerakkan boneka dengan menggunakan anggota tubuhmu....

Udah kenal lama sama Biologi, kan? Pelajaran yang sudah ada sejak SMP ini ada jurusan kuliahnya juga, lho. Ditingkat pendidikan tinggi, Biologi berada di Fakultas MIPA dan khusus mempelajari tentang hewan dan tumbuhan saja. Jadi, jurusan ini bukan pelarian buat kamu yang memang berminat pada manusia, utamanya Kedokteran. Trus, apa lagi sih, yang perlu diketahui tentang Jurusan...

Bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional, 10 November 2018, CEO Aku Pintar, Kak Lutvianto Pebri Handoko, berkesempatan duduk bersama dengan Bpk. Saryadi, Kasubid Penyelarasan Kejuruan dan Kerjasama Industri Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud, Bpk. Anton J. Supit, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial, serta Bpk. Didi Suprijadi, Ketua PGRI, dalam...

United Kingdom, atau dikenal sebagai Inggris, dan Amerika Serikat adalah dua negara dengan gengsi tersendiri bila kamu bisa kuliah disalah satunya. Tapi udah tahu belum perbedaan seleksi mahasiswa baru di kedua negara besar ini? Yuk, cari tahu, biar kamu tahu lebih banyak dan bisa membandingkan keduanya.   Perbedaan Ujian Masuk Kampus: A-level vs. SAT Nilai A-level yang kamu...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru