redesain-navbar Portlet

Blog

RSS

Hai Sobat Pintar!, Kalian masih ingat nggak sih, sama materi persamaan reaksi kimia? Ini materi kelas 10 MIA loh, masa iya udah nggak inget ? Materi tentang persamaan reaksi kimia merupakan dasar dari persamaan-persamaan kimia yang lainnya, seperti persamaan termokimia, persamaan laju reaksi, dan persamaan reaksi redoks yang akan dibahas di kelas-kelas berikutnya. Oleh karena itu, yuk kita...

10

"Pengin bisa kuliah kayak Maudy Ayunda, tapi gimana cara dapat beasiswa luar negeri?" Bermimpi besar itu harus, Sobat. Kalau bisa mendapatkan pendidikan dengan kualitas A, kenapa kita harus pilih B? Sekarang yang mesti kita temukan adalah cara menuju impian itu. Nah, bagaimana sih, cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri?   1. Pertahankan dan Perbaiki Prestasimu Photo...

10

Guru Pintar pasti sudah sering mendengar bahwa sistem pendidikan di Finlandia disebut-sebut sebagai sistem pendidikan yang terbaik di dunia. Tentu saja hal ini tidak lepas dari peran besar pemerintahnya dan riset yang dilakukan selama bertahun-tahun. Sistem pendidikan negara Finlandia ini mengundang rasa penasaran masyarakat dunia termasuk Indonesia. Sistem pendidikan di Finlandia ini jauh...

00

Media pembelajaran dapat membantu Guru Pintar dalam melaksanakan salah satu tugas utamanya yaitu menyampaikan materi pelajaran kepada siswa-siswinya dengan efektif. Kreativitas Guru Pintar dalam membuat media dan menyajikan materi pembelajaran sangat berpengaruh pada keberhasilan proses belajar mengajar. Oleh karena itu menjadi guru yang kreatif adalah sebuah keharusan. Tidak bisa atau tidak...

00

Sobat Pintar yang berencana lanjut kuliah di politeknik, perlu banget tahu tentang jurusan yang ada di Polban, nih. Politeknik Negeri Bandung, atau yang lebih dikenal dengan singkatan Polban, adalah sebuah perguruan tinggi vokasi negeri yang telah terpisah dari Institut Teknologi Bandung (ITB) sejak 1999. Ketika masih menjadi bagian dari ITB, Politeknik di Bandung ini bernama Politeknik ITB. ...

00

Walaupun berstatus sebagai universitas negeri, nama resminya bukan lagi Universitas Negeri Jember ya, Sobat. Dalam sejarahnya, Universitas Jember memang pernah menyandang nama Universitas Negeri Djember, dengan singkatan Uned. Namun setelah ejaannya disempurnakan, namanya menjadi Universitas Jember, dengan singkatan Unej. Universitas Jember merupakan universitas negeri paling populer di...

00

Konsentrasi sangat penting bagi keberhasilan seorang siswa dalam belajar. Konsentrasi belajar atau kemampuan seseorang dalam memusatkan pikiran pada kegiatan tertentu dapat memaksimalkan kemampuan siswa menyerap inti pembelajaran yang disampaikan oleh Guru Pintar. Maka tidak heran jika Guru Pintar sering meminta siswa-siswanya untuk fokus atau konsentrasi saat belajar. Foto oleh Anthony...

00

Masyarakat Indonesia sudah sangat akrab dengan media sosial, termasuk TikTok. Orang dewasa hingga anak-anak sangat menggandrungi media sosial sehingga tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Alih-alih mengeluhkan siswa lebih suka bermain TikTok daripada belajar, mengapa tidak memanfaatkan TikTok untuk mengajar? Aplikasi TikTok menjadi salah satu media sosial yang booming dan...

00

Setelah mendengar atau membaca ‘Jurusan Bisnis dan Akuntansi,’ tak sedikit dari kita yang langsung punya orientasi "Wah, tugas seorang accounting ngitung uang perusahaan, nih," atau malah "Ini orang pelit nih, sukanya catet duit." Enggak sepenuhnya salah kok Sobat, cuma kurang spesifik aja buat mencerminkan Jurusan Bisnis dan Akuntansi, atau yang dikenal juga dengan Jurusan Business and...

40

Menjadi seorang guru yang merupakan seorang pendidik, memegang sangat peranan penting terhadap perkembangan siswa-siswanya. Selain berperan sebagai pengajar, Guru Pintar juga berperan sebagai orang tua dari para siswa. Sudah sepatutnya jika Guru Pintar pasti  memiliki keinginan untuk menjadi guru yang baik dan sukses mengantarkan siswa meraih cita-citanya. Mengantarkan siswa meraih...

00

Event Management merupakan jurusan unik yang masih tergolong langka dan jarang diketahui. Padahal, prospek kerjanya sangat tinggi seiring dengan pesatnya pertumbuhan event company di Indonesia. Program studi ini sangat cocok bagi Sobat Pintar yang menginginkan lingkungan kerja yang dinamis dan penuh tantangan. Kuliah di Jurusan Event Management membuka kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi...

10

Hai Sobat, pernahkah kalian memasukkan sendok ke dalam air panas kenapa sendok bisa menjadi panas? Atau pernahkah kalian duduk di dekat api unggun dan tubuh kalian menjadi hangat? Nah kalian harus paham bahwa kalor akan berpindah dari tempat panas ke tempat yang dingin. Sekarang kita akan belajar mengenai macam-macam perpindahan kalor sobat. Yuk, kita simak pembahasannya! Pengertian Kalor...

00

Total ada 79 pilihan jurusan yang ada di UB (Universitas Brawijaya) Malang. Di SBMPTN, jurusan-jurusan tersebut terbagi menjadi 50 jurusan Saintek UB dan 29 jurusan Soshum UB. Pilihan jurusan kuliah yang cukup banyak nih, Sobat. Kalau kuliah di universitas negeri ini menjadi impianmu, wajib banget tahu apa saja pilihan jurusan di UB dan akreditasinya. Nah, selengkapnya di bawah ini tentang...

30

Dapat meluluskan siswa dengan nilai yang bagus adalah harapan setiap guru. Dapat mengantarkan siswa-siswinya belajar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) idamannya juga merupakan sebuah kebahagiaan tak terkira bagi seorang guru. Ada banyak cara yang dapat Guru Pintar lakukan untuk mengarahkan siswa supaya bisa lulus UTBK dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri yang diinginkannya. Apa sih UTBK itu?...

00

Siapa nih, Sobat Pintar yang sedari dulu punya cita-cita mau sekolah sampai tinggi? Sekolah, dalam artian bukan hanya pendidikan dasar dan menengah, ya. Selama masih punya keinginan untuk belajar dan menuntut ilmu, selama itulah kita masih punya semangat untuk sekolah. Nah, di jenjang yang lebih tinggi, kita biasa mengenalnya dengan kuliah. Masih ada beberapa tingkatan pendidikan yang bisa...

40

Bagi setiap guru, memiliki siswa yang aktif dan rajin belajar adalah sebuah kebahagiaan. Guti Pintar pasti mengharapkan semua siswa memiliki kecerdasan baik itu kecerdasan dari segi kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Akan tetapi untuk membentuk siswa yang seperti didambakan bukanlah hal yang mudah diperlukan komitmen dan usaha keras supaya semua siswa dapat mencapai tujuan pendidikan yang...

00

"Kamu ga ikut bimbel?" Ketika jawabanmu, "Enggak," tanggapan yang Sobat Pintar dapatkan "Ah kamu ngga asik, deh." Pernah mengalami kejadian seperti ini, Sobat? Well, you're not alone. Padahal sebenarnya tak ada keharusan ikut bimbel. Sah-sah saja kalau Sobat Pintar memutuskan untuk tak ikut bimbel. Eits, bukan berarti mereka yang ikut bimbel salah, ya. Enggak, mereka juga nggak salah, kok. ...

40

Ketika Guru Pintar telah selesai mengajar, biasanya siswa-siswa akan bertanya jika ada hal yang kurang dimengerti atau penjelasan Guru Pintar tertanya memantik pertanyaan. Ada beberapa pertanyaan yang dapat Guru Pintar jawab dengan mudah. Namun, kadang kala pertanyaan-pertanyaan tersebut di luar konteks dan membuat guru gelagapan karena tidak siap. Jangan panik, Guru Pintar! Berikut ini adalah...

00

Sulit, bahkan tak ada, jurusan di IPB (Institut Pertanian Bogor) yang dapat dikategorikan di bawah rata-rata. Dari akreditasinya saja, tak satupun jurusan di IPB Bogor yang terakreditasi C. Jurusan yang ada di IPB seluruhnya memiliki akreditasi A, Unggul, atau B. Udah, itu aja, Sobat. Menariknya lagi, tak ada jurusan Soshum di IPB. Di Institut Pertanian Bogor jurusan yang tersedia semuanya...

10

Tidak dipungkiri bahwa budaya literasi masyarakat Indonesia masih tertinggal dibandingkan banyak negara-negara lainnya. Hasil sebuah studi dari Central Connecticut State University menunjukkan Indonesia merupakan negara dengan minat baca terendah kedua di dunia, yaitu berada pada peringkat 60 dari 61 negara. Tidak heran saat ini pemerintah menggalakkan program-program literasi di...

00

CssBlog

metablog-web Portlet