PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

Entri dengan tag jurusan .

" Ngapain belajar bahasa? Udah, taruh aja di pilihan kedua." Begitulah kira-kira tanggapan kebanyakan orang tentang Jurusan Bahasa dan Sastra. Tapi menilik geliat ekonomi global, masihkah kita berpikir belajar bahasa tuh nggak penting? Apalagi Bahasa Mandarin – siapa sih, yang masih meragukan perkembangan industri Tingkok? Nah, mari cari tahu lebih jauh tentang Jurusan ...

Apakah bekerja dengan status sebagai Pegawai Negeri Sipil masuk dalam salah satu opsi masa depanmu? Jika memang iya, maka semestinya kamu mengetahui tentang rekruitmen CPNS pada bulan September 2018 kemarin. Penasaran gak sih, jurusan apa saja yang permintaannya tinggi untuk CPNS tahun ini? Yuk, kepo in!   1. Pendidikan Guru Yup, formasi guru masih banyak dibutuhkan di...

Mantap dengan pilihan jurusan kuliahmu? Yakin? Bagaimana kalau ada pilihan baru? Iya, sebenarnya ada jurusan baru yang mulai dibuka pada 2018. Bukannya bermaksud mengubah pendirianmu, tapi siapa tahu jurusan-jurusan baru ini sebenarnya menawarkan sesuatu yang selama ini kamu cari.   1. Aktuaria Asal kamu tahu aja, negara kita saat ini masih kekurangan tenaga Aktuaris....

Tentunya kamu tahu profesi perawat yang bekerja di rumah sakit, bukan? Bagaimana dengan perawat di taman safari? Iya, ada lho perawat untuk satwa. Nah, latar belakang pendidikannya beda dari perawat yang merawat pasien di rumah sakit umum. Para perawat satwa biasanya lulusan dari Paramedik Veteriner. Mau tahu lebih jauh tentang jurusan ini?   Perguruan Tinggi Mana yang Punya...

Siapa bilang kuliah di PTS butuh biaya lebih besar dibanding PTN? Kalau kamu sudah memantapkan hati memilih PTS, jangan mundur karena alasan biaya. Sebabnya, sudah ada Online Scholarship Competition (OSC) yang dapat membantu meringankan biaya kuliahmu di PTS. Asyik gak, tuh? Mari cari tahu lebih banyak tentang beasiswa ini.   Beasiswa untuk Pendidikan Tinggi OSC ditawarkan...

Kamu sempat mengalami aturan zonasi sekolah? Masih ingat gimana rasanya saat kamu tak punya banyak pilihan? Situasimu akan jauh berbeda saat dihadapkan pada pilihan perguruan tinggi. Kamu bebas memilih mau masuk kampus mana, asalkan lolos tes masuknya saja. Tapi kekebasan pilihan ini bukan berarti tanpa pantangan, ya. Setidaknya, ada hal-hal berikut ini yang sebaiknya kamu...

Kamu sudah tahu mau kuliah dijurusan apa? Memilih jurusan memang cukup mendebarkan karena terkait dengan bidang yang akan kamu tekuni seumur hidupmu. Tapi jangan sampai kamu masuk jurusan yang tepat di kampus yang salah, tetep aja ujung-ujungnya pilihanmu salah juga. Jadi, apa aja sih yang perlu diperhatikan saat memilih kampus?   1. Akreditasi Jurusan Pilihanmu Sebelum...

Bekerja di Pertamina, PLTU PJB, Bapetan, ataupun BATAN adalah cita-citamu? Atau bahkan mungkin targetmu adalah International Atomic Energy Agency (IAEA) di Geneva, Toronto, New York, atau Vienna? Eh, menggantungkan cita-cita kan setinggi langit, jadi boleh-boleh aja punya keinginan berkarir dilevel internasional. Tapi udah tahu belum, kemana sekolahnya kalau kamu pengen jadi pakar...

Mungkin kamu cukup sering mendengar tentang skeptisme jurusan kuliah, "Ah, paling-paling juga lulusan Pertanian kerjanya di bank." Fenomena seperti ini memang sudah jamak terjadi, hingga kamupun bisa apatis dengan pilihan jurusan kuliahmu – "Pilih jurusan apapun aja deh, entar juga kerja apapun bisa." Tapi ada lho, bidang-bidang tertentu yang tertutup bagi ...

Kamu tipe orang yang nggak betah duduk berjam-jam di dalam kelas? Kamu selalu antusias dengan pelajaran Olahraga, bahkan termasuk siswa berprestasi? Dan bagaimana dengan cita-citamu? Apakah ahli fisioterapi, pelatih atau instruktur olahraga dan kebugaran, konsultan diet, pelatih pribadi, atlit profesional, hingga guru Olahraga adalah salah satu dari profesi yang ingin kamu kerjakan...

Kamu udah terlanjur jatuh hati sama sastra, baik Sastra Indonesia maupun sastra asing yang lain? Tapi masih ragu, sarjana Bahasa dan Sastra tuh entar ngapain ya, setelah lulus kuliah? Bisa kerja apa aja, sih? Yuk lihat pilihan karir lulusan Bahasa dan Sastra berikut ini.   1. Penyunting Bahasa Kenapa untuk menjadi seorang Penyunting Bahasa atau Editor, kamu harus lulus dari...

Masih dianggap sebelah mata karena kamu masuk kelas IPS? Ah, cuekin aja! Yang penting, kamu tahu mau ngapain dan kemana akan melangkah. Eh, udah tahu belum, sih? Biar nggak meraba-raba, berikut ini 8 jurusan bergengsi ditingkat pendidikan tinggi yang terbuka lebar untuk kalian, wahai penghuni kelas IPS.   1. Bisnis dan Manajemen Sejujurnya, Jurusan Bisnis dan Manajemen ini...

Kamu merasa keren karena telah menguasai beberapa bahasa asing? Trus apa yang kamu rasakan saat ada orang asing yang fasih bicara dalam salah satu bahasa daerah kita? Bayangin deh, Leiden University punya profesor Bahasa dan Budaya Indonesia dan Jawa. Monash University juga punya doktor dalam Bahasa dan Sastra Jawa. Bahkan Yale's Music Department punya seperangkat gamelan Jawa...

Jika kamu terlahir dalam keluarga besar, tiap kali ketemu saudara atau kerabat pastinya akan ditanya-tanya tentang sekolahmu – iya, termasuk kuliahmu. Dan jangan heran kalau jawabanmu hanya akan menghasilkan pertanyaan berikutnya, saking bedanya pendidikan saat ini dibanding masa-masa sekolah atau kuliah kakek nenek, oma opa, om tante, atau siapapun senior citizen dalam keluarga...

Siapa sih, yang tak ingin kehidupannya lancar dan mudah? Ya... meskipun sifatnya relatif, tapi secara umum bila kuliah lancar, dapat pekerjaan lancar, maka hidup akan terasa lebih mudah. Dan jika kamu menginginkan kehidupan semacam ini, coba 8 jurusan kuliah dibawah ini. 1. Akuntansi Hari gini, rasa-rasanya tak ada perusahaan yang tak butuh lulusan Jurusan Akuntasi. Ya namanya juga...

Banyak yang bilang menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi tuh menyenangkan, kuliahnya santai, ilmunya juga enggak ribet – kan cuma komunikasi. Eh, tapi salah banget kalau sampai sekarang kamu masih beranggapan Ilmu Komunikasi adalah jurusan yang santai. Lihat lebih dekat tentang jurusan ini, yuk! Ilmu Komunikasi tuh induknya banyak ilmu lain, masih santai kuliahnya? Banyak keilmuan bidang...

Kamu tak asing lagi dengan toko online, bukan? Coba tanya sama generasi oma-opa zaman old, pastinya mereka enggak kenal sama yang namanya toko online. Mereka bakal bilang, yang namanya jualan ya ada toko dan barang bejibun di etalase – mana mungkin jualan sambil duduk manis di depan komputer, laptop, atau bahkan ponsel? Setidaknya begitulah gambaran sederhana tentang pergeseran...

Oke, jadi udah yakin 99 persen kalau kamu salah jurusan. Terlepas dari begitu banyaknya tanda-tanda salah jurusan yang telah kamu alami, apakah pindah jurusan adalah jawaban dari keadaanmu yang super galau? Wait, coba lihat alternatif berikut ini sebelum memutuskan untuk memulai lagi segala sesuatunya dari nol.   1. Bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa yang Sesuai dengan...

Ada ujaran bijak, katanya uang bukanlah segalanya. Tapi hari gini, apa sih yang tak butuh uang? Dan jika faktor yang satu ini penting buatmu, sangat disarankan kamu tak sampai salah memilih jurusan kuliah. Apa sebabnya? Karena jurusan kuliahmu adalah pintu gerbang pada dunia yang akan mewujudkan impianmu, bisa jadi karena pergaulan ataupun karena prestasi akademikmu – dan semua itu...

Nyaris tak ada satu halpun dalam hidup kita yang terlepas dari komunikasi. Begitu pentingnya komunikasi dalam keseharian kita, hingga kesalahan kecil dalam prosesnya dapat mengakibatkan pertengkaran dan pertikaian. Pernah kejadian sama kamu? Jika komunikasinya saja sebegitu pentingnya, bagaimana dengan lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi? Penting enggak, sih? Yuk coba lihat peluang ...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru