APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Peta Belajar Bersama

Sobat, ini nih ada Peta Belajar Bersama Fisika untuk bab kesebelas.

Yuk, mulai belajar bersama!

Jenis Sumber Energi

Sumber energi adalah yang dapat menghasilkan energi, baik secara langsung maupun melalui proses konversi. Setiap hari kamu pasti membutuhkan energi untuk menjalankan berbagai aktivitas. Contoh sederhananya yaitu ketika kamu berjalan atau menggerakan tubuh. Energi itu diperoleh melalui proses oksidasi (pembakaran) zat makanan yang masuk dalam tubuh berupa makanan.

Kegiatan manusia lainnya seperti menghangatkan atau mendinginkan rumah, menjalankan mesin pabrik atau kendaraan, menghidupakan lampu juga memerlukan energi yang diperoleh dari bahan sumber energi.

Jika dilihat dari ketersediaannya di alam, energi dibagi menjadi dua yaitu Energi Terbarukan dan Energi Tak Terbarukan.

Sumber Energi Terbarukan

Sumber energi yang bisa diperbarui sehingga dalam penggunaannya dapat dengan cepat dan mudah didapatkan. Sumber energi terbarukan ini ketersediannya tidak terbatas dan dapat dimanfaatkan secara terus-menerus. Sumber energi ini memiliki kelebihan tidak mencemari lingkungan.

Contoh energi terbarukan diantaranya :

Biofuel
Biofuel atau bahan bakar hayati adalah sumber energi terbarukan berupa bahan bakar (baik padat, cair, dan gas) yang dihasilkan dari bahan-bahan organik.

Biomassa
Biomassa adalah jenis energi terbarukan yang mengacu pada bahan biologis yang berasal dari organisme yang hidup atau belum lama mati. Sumber biomassa antara lain bahan bakar kayu, limbah dan alkohol.

Biomassa dapat pula dikonversi atau diubah menjadi bentuk lain seperti gas metana (biogas), ethanol, dan biodiesel.

Panas Bumi
Energi panas bumi atau geothermal adalah sumber energi terbarukan berupa energi thermal (panas) yang dihasilkan dan disimpan di dalam bumi. Energi panas bumi diyakini cukup ekonomis, berlimpah, berkelanjutan, dan ramah lingkungan.

Air
Energi air adalah salah satu alternatif bahan bakar fosil yang paling umum. Sumber energi ini didapatkan dengan memanfaatkan energi potensial dan energi kinetik yang dimiliki air.

Angin
Energi angin atau bayu adalah sumber energi terbarukan yang dihasilkan oleh angin. Kincir angin digunakan untuk menangkap energi angin dan diubah menjadi energi kinetik atau listrik.

Matahari
Energi matahari atau surya adalah energi terbarukan yang bersumber dari radiasi sinar dan panas yang dipancarkan matahari.

Gelombang Laut
Energi gelombang laut atau ombak adalah energi terbarukan yang bersumber dari dari tekanan naik turunnya gelombang air laut.

Pasang Surut
Energi pasang surut air laut adalah energi terbarukan yang bersumber dari proses pasang surut air laut. Terdapat dua jenis sumber energi pasang surut air laut, pertama adalah  perbedaan tinggi rendah air laut saat pasang dan surut. Yang kedua adalah arus pasang surut terutama pada selat-selat yang kecil.

Sumber Energi tak Terbarukan

Sumber energi dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaru artinya ketersediaannya di alam ini terbatas karena proses pembentukannya yang memerlukan waktu yang sangat lama.

Contoh energi tak terbarukan diantaranya :

Batu Bara
Batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuk dari endapan organik, utamanya adalah sisa-sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan.

Minyak Bumi
Minyak Bumi adalah cairan kental, berwarna coklat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. Minyak Bumi terdiri dari campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon, sebagian besar seri alkana, tetapi bervariasi dalam penampilan, komposisi, dan kemurniannya.

Gas Alam
Gas alam sering juga disebut sebagai gas bumi atau gas rawa, adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yang terutama terdiri dari metana (CH4). Gas alam berkumpul di bawah kerak bumi dan seperti minyak mentah, harus dibor dan dipompa keluar.

Latihan 1

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Berikut ini contoh sumber energi tak terbarukan, kecuali ....

A. gas alam

B. batu bara

C. minyak bumi

D. ombak laut

E. solar

Latihan 2

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Manfaat dari penggunaan sumber energi terbarukan diantaranya, kecuali ...

A. ramah lingkungan

B. tersedia jumlah banyak

C. langka diperoleh

D. bebas polusi

E. Mudah dikembangkan

Latihan 3

Perhatikan beberapa sumber energi berikut ini !

  1. Air terjun
  2. Angin
  3. Sinar matahari
  4. Batu bara
  5. Minyak bumi

Manakah yang terasuk sumber energi energi alternatif?

A. 1,2 dan 3

B. 1,2 dan 4

C. 1,3 dan 5

D. 1,2,3 dan 4

E. 1,2,3 dan 5

Latihan 4

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Apakah keuntungan daru sumber energi alternatif ?

A. prosesnya tidak berkelanjutan

B. ketersediaan nya terbatas

C. sudah dimanfaatkan secara maksimal

D. tidak mengakibatkan pencemaran lingkungan

E. tidak dapat diperbarui

Latihan 5

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Sumber energi terbarukan berupa bahan bakar yang dihasilkan dari bahan-bahan organik merupakan jenis....

A. biofuel

B. biomassa

C. biodiesel

D. pasang surut

E. tenaga surya

Latihan 6

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Diantara sumber energi berikut yang dipertimbangkan sebagai energi tak terbarukan adalah energi …

A. Bahan bakar fosil

B. Sinar matahari

C. Panas bumi

D. Pasang surut

E. Angin

Latihan 7

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Sumber energi yang memiliki kelebihan tidak mencemari lingkungan adalah …

A. Sumber energi tak terbarukan

B. Sumber energi terbarukan

C. Sumber daya alam

D. Sumber daya manusia

E. Sumber energi listrik

Pembangkit Tenaga Listrik

Pembangkit listrik adalah sebuah alat yang dapat membangkitkan dan memproduksi tenaga listrik dengan cara mengubah suatu energi menjadi energi listrik. Pembangkit listrik memiliki banyak macam nya. Apa saja macam pembangkit listrik tersebut? Simak ulasan berikut ini!

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)
Pembangkit listrik yang satu ini dapat digolongkan sebagai energi yang ramah lingkungan, hemat, dan efektif. Pasalnya, sinar matahari sebagai sumbernya akan terus ada sepanjang masa. Tidak hanya itu, kelebihan dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) ini juga cenderung memiliki sumber energi yang kuat untuk menghasilkan listrik. Pembangkit ini menggunakan perlengkapan seperti panel surya untuk menangkap cahaya matahari yang berlimpah sepanjang hari.

Pada umumnya, pembangkit listrik yang satu ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat sebagai penunjang energi yang cukup ideal dan murah.

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
Pembangkit listrik yang satu ini mengandalkan kecepatan arus air yang digunakan untuk menggerakkan turbin yang berfungsi sebagai pemicu arus air yang dibutuhkan. Macam pembangkit listrik ini mengubah energi kinetik pada air menjadi energi listrik yang murni, hemat, serta ramah lingkungan.

Selain itu, pembangkit listrik tenaga air ini bersifat dapat diperbarui atau renewable energy. Pada umumnya, jenis pembangkit listrik ini dipasang tepat di sebelah sumber air yang cukup besar seperti bendungan, waduk, atau sungai dengan aliran airnya yang cukup deras.

Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLT Angin)
Pembangkit ini memanfaatkan energi yang besar dari angin. Listrik dapat dihasilkan oleh pembangkit dengan menyimpan serta mengubah energi angin yang potensial. Biasanya, pembangkit listrik tenaga angin ini juga menggunakan turbin ataupun kincir angin untuk mengumpulkan energi angin ke dalam pembangkit listrik yang disediakan.

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)
Jenis pembangkit ini menggunakan energi uap dari hasil kinerja pompa air yang akan berkumpul dengan batu bara serta minyak. Hasil pemanasan yang bertujuan untuk mendapatkan suhu tinggi tersebut kemudian dibakar dan disemprotkan menjadi energi uap. Energi uap tersebut lantas akan menggerakkan turbin hingga berkumpul dan berpotensi untuk menjadi energi listrik yang disimpan pada generator.

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB)
Pembangkit listrik yang satu ini memanfaatkan energi panas bumi yang juga cukup melimpah. Panas bumi yang ditangkap kemudian akan menghasilkan uap yang dapat menggerakkan generator.

Generator yang mampu bergerak ini lantas mengubah energi yang dihasilkan oleh panas bumi menjadi energi listrik yang dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG)
Pembangkit listrik ini memanfaatkan bahan bakar fosil sebagai sumber energi. Beberapa bahan bakar fosil yang digunakan antara lain meliputi minyak, batu bara, hingga gas alam. Bahan bakar fosil tersebut kemudian dibakar bersama dengan gas dalam pembangkit listrik tenaga gas (PLTG). Hasil dari pembakaran tersebut kemudian disaring melalui filter udara khusus agar dapat masuk dan menggerakkan turbin atau generator.

Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO)
Salah satu energi di laut tersebut adalah energi ombak yang merupakan sumber energi yang cukup besar. PLTO ini merupakan sumber energi alternatif yang dibangkitkan melalui efek gerakan tekanan udara akibat fluktuasi pergerakan gelombang.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)
Pembangkit listrtik ini menggunakan energi panas yang dihasilkan oleh reaktor nuklir untuk memutarkan turbin uap. Dari turbin ini energi mekanis diubah menjadi energi listrik.

Latihan 1

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Pembangkit listrik yang menggunakan energi panas dari reaktor nuklir untuk memutarkan turbin uap adalah ....

A. PLTA

B. PLTU

C. PLTN

D. PLTPB

E. PLTS

Latihan 2

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Pembangkit listrik yang menggunakan tenaga ombak melalui efek gerakan tekanan udara akibat fluktuasi pergerakan gelombang adalah ....

A. PLTA

B. PLTU

C. PLTO

D. PLTPB

E. PLTS

Latihan 3

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Pembangkit listrik yang memanfaatkan bahan bakar fosil sebagai sumber energi yaitu....

A. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

B. Pembangkit Listrik Tenaga Gas

C. Pembangkit Listrik Tenaga Angin

D. Pembangkit Listrik Tenaga Uap

E. Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Latihan 4

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Berikut ini merupakan keuntungan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), kecuali ....

A. tidak dapat diperbarui

B. cukup berbahaya

C. biaya mahal

D. energi listrik yang disimpan pada generator

E. dapat menggerakkan turbin untuk mengumpulkan energi

Latihan 5

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Berikut merupakan keuntungan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), kecuali....

A. ramah lingkungan

B. membutuhkan sedikit perawatan

C. menghasilkan energi besar

D. hemat dan efektif

E. biaya pembangunan yang besar

Latihan 6

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Mengandalkan apa pembangkit listrik tenaga air (PLTA) untuk menggerakan turbin?

A. Kecepatan listrik

B. Sinar matahari

C. Kecepatan arus air

D. Angin

E. Kecepatan ombak

Latihan 7

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Pembangkit listrik yang menggunakan sinar matahari sebagai sumbernya adalah …

A. PLTS

B. PLTA

C. PLTU

D. PLTO

E. PLTN

Dampak Keterbatasan dan Pemanfaatan Energi Alternatif

Seiring dengan peningkatan kebutuhan sumber energi yang meningkat drastis, inovasi baru mengenai sumber energi berkembang dengan cepat. Di Indonesia, makin berkurangnya ketersediaan sumber energi fosil, khususnya minyak bumi yang sampai saat ini merupakan komponen utama penghasilan energi di Indonesia.

Namun tahukah kalian, kalau Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi energi terbarukan yang sangat melimpah, loh! tapi, pada kenyataannya potensi sumber energi terbarukan masih belum dimanfaatkan secara maksimal.

Sumber-sumber energi terbarukan di Indonesia yang dapat dimanfaatkan menjadi :

  • Biomassa, yaitu bahan organik yang dihasilkan proses fotosintesis, baik berupa produk maupun buangan. Contohnya tanaman, rumput, pohon, limbah pertanian, ubi, limbah hutan, tinja, dan kotoran hewan.
  • Biofuel atau bahan bakar hayati, yaitu sumber energi terbarukan yang berupa bahan bakar baik cair, padat, maupun gas yang dihasilkan dari bahan organik.
  • Panas bumi atau geothermal, yaitu sumber energi terbarukan berupa energi termal (panas) yang dihasilkan dan disimpan di dalam bumi.
  • Tenaga air, energi air merupakan salah satu alternatif bahan bakar fosil yang paling umum. Sumber energi ini diperoleh dengan cara memanfaatkan energi potensial dan energi kinetik yang dimiliki air.
  • Energi angin, angin adalah gerakan udara yang terjadi ketika naik udara hangat dan udara angin. Energi angin telah digunakan selama berabad-abad untuk kapal layar, kincir angin, dan penggiling gandung. Energi angin ditangkap oleh turbin angin, kemudian digunakan untuk menghasilkan listrik.
  • Tenaga nuklir, proses reaksi nuklir yang terkendali dapat menjadi sumber energi alternatif yang berpotensi sangat besar, tetapi pendirian pembangkit listrik tenaga nuklir ini sering diprotes oleh masyarakat.
  • Tenaga surya, matahari adalah sumber energi yang paling kuat. Energi surya dapat digunakan untuk pemanasan rumah, pencahayaan dan pendinginan , pembangkit listrik, pemanasan air, dan berbagai proses industri lainnya.
  • Gelombang laut, Energi gelombang laut adalah energi yang dihasilkan oleh pergerakan gelombang laut menuju daratan sebaliknya.
  • Pasang Surut Air Laut, Energi pasang surut adalah energi terbarukan yang dihasilkan oleh pergerakan air laut akibat perbedaan pasang surut.

Penggunaan sumber energi tentu memiliki dampak bagi kehidupan. Beberapa dampak tersebut adalah:

Dampak Positif

  1. Sebagai energi atau bahan bakar, misalnya gas, minyak bumi, dan batu bara
  2. Sebagai bahan jenis industri, seperti industri pesawat, kendaraan bermotor, persenjataan, dan lain-lain
  3. Untuk bahan konstruksi
  4. Bahan untuk membuat perhiasan, seperti emas, intan, dan lain-lain

Dampak Negatif

  1. Kerusakan lingkungan pada lahan galian memberikan dampak berupa tingginya laju erosi
  2. Lokasi pertambangan kadang berada di tengah hutan, sehingga merusak ekosistem hutan
  3. Tercemarnya sungai dan wilayah perairan lainnya oleh bahan-bahan kimia berbahaya dan beracun dari proses pengolahan hasil tambang

Latihan 1

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Energi alternatif yang bersal dari bahan organik yang dihasilkan proses fotosintesis yakni ....

A. Panas bumi

B. Biofuel

C. Geotermal

D. Biodiesel

E. Biomass

Latihan 2

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Energi alternatif yang saat ini dimanfaatkan bagi negera-negara maju sebagai pembangkit listrik utama yaitu..

A. Tenaga surya

B. Tenaga nuklir

C. Pasang surut air laut

D. Gelombang air laut

E. Biomassa

Latihan 3

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Disebut apakah sumber energi alternatif pengganti solar ?

A. bioetanol

B. briket

C. biodiesel

D. biogas

E. minyak bumi

Latihan 4

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Berikut ini merupakan pemanfaatan energi alternatif biogas dalam kehidupan sehari-hari, kecuali ....

A. sebagai bahan bakar kendaraan

B. sebagai pembangit listrik

C. sebagai pengganti Gas LPG

D. sebagai bahan bakar gas

E. sebagai penggerak turbin

Latihan 5

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Energi alternatif yang digunakan untuk menggerakkan turbin yang memutar generator sehingga menghasilkan listrik, maka energi alternatif yang dimaksud adalah ....

A. matahari

B. air

C. panas bumi

D. angin

E. gelombang air laut

Latihan 6

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Berikut merupakan dampak positif dari sumber energi, kecuali …

A. Sebagai bahan bakar

B. Sebagai penghasil erosi

C. Bahan untuk membuat perhiasan

D. Sebagai bahan jenis industri

E. Untuk bahan konstruksi

Latihan 7

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Panas bumi disebut juga sebagai …

A. Geofisika

B. Geologi

C. Geografi

D. Geothermal

E. Geometris

redesain-navbar Portlet