redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Peta Belajar Bersama

Sobat, ini nih ada Peta Belajar Bersama Bahasa Indonesia di bab pertama


Yuk, mulai belajar bersama!

Pengertian Teks Deskripsi

Pernahkah sobat pintar mendengar atau membaca teks deskripsi?
Tentu sobat pintar pernah melihat acara jalan-jalan dari sebuah televisi yang menayangkan keindahan pariwisata Indonesia dengan pemaparan yang menarik. Atau pernahkah sobat pintar membaca informasi perjalanan yang mendeskripsikan keindahan wisata Indonesia? Ya, itulah beberapa contoh teks deskripsi.
 
Teks deskripsi adalah sebuah paragraf di mana gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut.

Contoh Teks Deskripsi

Parangtritis Nan Indah

Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta. Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.


Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Seakan tersihir kita menyaksikan secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke dalam hamparan air laut.


Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai Parangtritis ini kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua dan muda menikmati hembusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah.

Latihan 1

Pilihlah jawaban di bawah ini dengan tepat!


Lembah Harau yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat merupakan jurang berdiameter mencapai 400 meter. Lembah Harau terkenal dengan keindahannya yang memukau. Tebing-tebing granit menjulang tinggi berbentuk unik mengelilingi lembah. …. Sejak memasuki Lembah Harau, pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan mengagumkan ini.


Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi titik-titik dalam paragraf tersebut adalah ...

A. Tebing-tebing granit terjal ini mempunyai ketinggian 80-300 meter

B. Tebing Harau tidak kalah indahnya dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat

C. Pengunjung sudah lama mengincar pemandangan ini

D. Tebing granit ini menjadi salah satu daya tarik wisata di Provinsin Sumatra Barat

Latihan 2

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

Teks deskripsi adalah sebuah paragraf di mana  gagasan utamanya disampaikan dengan cara ...

A. Menggambarkan subjek dan sifat-sifatnya

B. Menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca

C. Menggunakan indera penciuman dan penglihatan

D. Lengkap dan tersampaikan dengan rinci

Latihan 3

Pilihlah jawaban di bawah ini dengan tepat!


Cilok isi keju memiliki bentuk bulat dengan rasa manis dan asin.


Kalimat di atas menunjukkan pembuktian dari cerapan pancaindra ….

A. Penglihatan dan penciuman

B. Perabaan dan penciuman

C. Penglihatan dan pengecap

D. Perabaan dan pengecap

Tujuan Teks Deskripsi


Tujuan teks deskripsi adalah membuat pembaca seakan-akan berada di tempat kejadian, ikut merasakan, mengalami, melihat dan mendengar mengenai satu peristiwa atau adegan.


Tujuan teks  deskripsi berbeda dengan teks negosiasi, di mana tujuan teks deskripsi sangat jelas yaitu agar orang yang membaca teks ini seolah-olah sedang merasakan langsung apa yang sedang dijelaskan dalam teks tersebut.


Pembaca memperoleh kesan atau citraan sesuai dengan pengamatan, perasaan, dan pengalaman penulis sehingga seolah-olah pembaca yang melihat, merasakan, dan mengalami sendiri obyek tersebut. Untuk mencapai kesan yang sempurna, penulis deskripsi merinci objek dengan kesan, fakta, dan citraan.

Ciri Teks Deskripsi


Seperti teks yang lain , untuk mengenali sebuah teks deskripsi dan juga bisa membuat teks  deskripsi maka langkah yang harus diketahui adalah ciri-ciri teks tersebut.

Adapun ciri-ciri dari teks deskripsi secara umum adalah sebagai berikut : 
1. Menggambarkan atau melukiskan sesuatu
2. Penggambaran dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera
3. Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri
4. Menjelaskan ciri-ciri objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek secara terperinci 

Isi Teks Deskripsi


 

Teks deskripsi  berisi tentang gagasan, sudut pandang, ungkapan hati penulis untuk disampaikan kepada pembaca. Melalui teks deskripsi, penulis berusaha menyampaikan gagasan untuk dapat dipahami dandi imajinasikan oleh pembaca.

Latihan 1

Pilihlah jawaban di bawah ini dengan tepat!

Pernyataan berikut yang merupakan ciri teks deskripsi adalah ….

A. Menggunakan contoh, fakta, gambar peta, dan angka

B. Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indra

C. Mengandung bukti dan kebenaran

D. Bersifat menceritakan

Latihan 2

Pilihlah jawaban di bawah ini dengan tepat!

Berikut merupakan isi dari teks deskripsi, kecuali ...

A. ide cemerlang

B. gagasan

C. sudut pandang

D. ungkapan hati penulis

Pola Pengembangan Teks Deskripsi

Pola Pengembangan Teks Deskripsi

Sobat Pintar pola pengembangan teks deskripsi adalah sebagai berikut:

1. Deskripsi Spasial 
Paragraf deskripsi spasial adalah paragraf yang topiknya berupa ruang atau tempat. Paragraf ini mendeskripsikan suatu ruang atau tempat dengan sangat jelas kepada para pembacanya.

2. Paragraf Deskripsi Objektif 
Objektif bermakna apa adanya atau sesuai dengan kenyataan. Oleh karena itu, paragraf ini menggambarkan suatu objek dengan sesuai kenyataan tanpa adanya opini atau kesan pribadi seorang penulis.

3. Deskripsi subjektif 
Paragraf Deskripsi Subjektif Berbeda dengan paragraf deskripsi objektif, paragraf ini menggambarkan suatu objek berdasarkan apa yang dirasakan, dilihat oleh penulis itu sendiri. Dengan kata lain, penulis menuangkan opini-opini pribadi tentang keadaan suatu benda atau objek tersebut.

Struktur Teks Deskripsi

STRUKTUR TEKS DESKRIPSI

Adapun 3 struktur yang menyusun teks deskripsi sehingga menjadi satu keutuhan. 3 struktur tersebut yaitu:

1. Identifikasi

Penentu identitas seseorang, benda, dan sebagainya.

2. Klasifikasi

Penyusunan ber-sistem dalam kelompok menurut kaidah atau standar yang telah ditetapkan.

3. Deskripsi bagian

Bagian teks yang berisi tentang gambaran-gambaran bagian didalam teks tersebut.

Latihan 1

Pilihlah jawaban di bawah ini dengan tepat!

Paragraf deskripsi dibagi menjadi 3 jenis, yaitu…

A. spasial, objektif, subjektif

B. manusia, spasial, subjektif

C. tempat, waktu, subjektif

D. waktu, manusia, objektif

Latihan 2

Pilihlah jawaban di bawah ini dengan tepat!

Ayahku bernama Abu Salman. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih di dagunya. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.

Struktur teks deskripsi di atas adalah … 

A. Identifikasi

B. Deskripsi bagian

C. Simpulan

D. koda

Latihan 3

Pilihlah jawaban di bawah ini dengan tepat!

Penyusunan ber-sistem dalam kelompok menurut kaidah atau standar yang telah ditetapkan, merupakan pengertian dari struktur teks deskripsi bagian ...

A. Identifikasi

B. Klasifikasi

C. Deskripsi bagian

D. Koda

Jenis Teks Deskripsi

Jenis teks deksripsi

Macam-Macam Paragraf Deskripsi secara umum, dibedakan atas dua macam, yaitu :

a. Deskripsi Imajinatif/Impresionis 

Deskripsi imajinatif atau impresionis adalah paragraf yang melukiskan ruang atau tempat berlangsungnya suatu peristiwa. Pelukisannya harus dilihat dari berbagai segi agar ruang tersebut tergambar dengan jelas dalam pikiran dan perasaan pembaca.

Contoh :

"Malam gelap gulita di hulu sungai Brantas. Sebentar-sebentar hiruk pikuk yang tiada berketentuan itu menjadi satu dengan gegap gempita yang mendasyatkan dan mengecilkan hati, pertanda seorang raja rimba alam jatuh ke tanah untuk selama-lamanya. Ramai peperangan di rimba itu dan rupanya tak akan berhenti. Tak ada kasihan- mengasihani, yang rebah tinggal rebah, tak akan ada yang mengangkatnya. Sekali-kali terang cuaca hutan belantara itu, seperti diserang api. Tetapi kenyataanya dalam sekejap mata hilangnya cahaya yang berani menyerbukan dirinya ke tengah peperangan itu, dimusnakan oleh musuh lamanya “raja gulita”.


b. Deskripsi faktual/ekspositoris

Deskripsi faktual/ekspositoris adalah paragraf yang menggambarkan suatu hal atau orang dengan mengungkapkan identitasnya secara apa adanya sehingga pembaca dapat membayangkan keadaannya.

Agar suatu objek mampu membangkitkan daya khayal pada diri pembaca, penulis harus melukiskannya dari berbagai sudut pandang.

Semakin rinci penulisannya, semakin jelas tergambar dalam bayangan pembaca. Apabila objek yang dilukiskan itu adalah seseorang, perinciannya dapat dilakukan terhadap aspek fisik maupun aspek rohaninya. Aspek rohani meliputi perasaan, watak, bakat, peranannya dalam suatu bidang kerja, dan sebagainya.

Contoh :

"Di sudut dekat pintu duduk seorang laki-laki. Namanya Paijo. Dia memakai celana pendek dan baju kaos yang telah sobek-sobek, yang melukiskan kemelaratan dan kemiskinan yang sehari- hari dideritanya. Pada dadanya yang bidang dan berisi, lengannya yang kukuh penuh urat dapat dilihat betapa berat pekerjaan sehari-harinya. Air mukanya yang keruh, pipinya yang kempis, dan matanya yang cekung menyatakan bahwa jalan hidup yang telah ditempuhnya penuh rintangan dan duri."

Unsur atau Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi 



1. Rujukan Kata 

Rujukan kata yaitu satu kata merujuk pada kata lain yang memperlihatkan keterkaitan. Rujukan kata berhubungan dengan kata ganti (kata ganti orang, kepunyaan, dan penunjuk) 

2. Kata berimbuhan 

Kata berimbuhan adalah kata dasar yang mendapat awalan (prefiks), akhiran (sufiks), dan sisipan (infiks), contohnya:

penari (tari), 

berjumlah (jumlah). 

menyanyikan (nyanyi)

3. Konjungsi  (kata sambung / kata hubung)

Kata hubung (konjungsi) adalah kata yang digunakan sebagai penghubung antar kata, frasa, klausa, atau kalimat.

Fungsi kata hubung (konjungsi)

a. Konjungsi yang berfungsi sebagai penghubung satu kata dengan kata lainnya dalam satu kalimat. 

b. Konjungsi yang berfungsi sebagai penghubung satu kalimat dengan kalimat lainnya. 

Jenis Konjungsi 

Jenis Konjungsi Berdasarkan fungsinya, konjungsi dibagi menjadi dua:  

a. Konjungsi Intrakalimat:

Konjungsi intrakalimat yaitu konjungsi yang digunakan dalam satu kalimat. Contoh: dan, juga (bermakna penambahan), atau (bermakna pilihan), tetapi (bermakna), karena, sehingga (bermakna sebab-akibat), lalu, kemudian (bermakna kelanjutan).

Contoh konjungsi intra kalimat seperti:
Pada awalnya Tari Saman merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan (dakwah) dan ditarikan oleh laki- laki. 

Kalimat di atas menggunakan kata hubung (konjungsi) intra kalimat “dan” yang bermakna penamabahan.

b.Konjungsi Antar kalimat

Konjungsi antarkalimat yaitu konjungsi yang digunakan untuk menghubungkan satu kalimat dengan kalimat lainnya.  
Contoh: meskipun demikian, dengan demikian, oleh sebab itu, oleh karena itu, akhirnya, selanjutnya, lalu, kemudian.

Contoh penggunaan konjungsi akan tetapi dan oleh karena itu antar kalimat :
Ki Hajar Dewantara berasal dari keluarga keraton Yogjakarta. Akan tetapi, ia begitu dekat dengan rakyatnya.

Novita ingin mendapatkan beasiswa prestasi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Oleh karena itu, ia selalu giat belajar


4. Kelompok kata (frasa)

Kelompok kata atau frasa yaitu kumpulan kata  2 kata atau lebih yang tersusun dari kata bermakna dan membentuk arti kata baru.
Contoh kelompok kata misalnya : saputangan, takbenda

5.Kata baku dan tidak baku

Adalah kata yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Sumber utama yang telah ditentukan dalam pemakaian bahasa baku yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI). Kata baku umumnya digunakan dalam kalimat resmi (lisan dan tertulis) sedangkan non-baku atau tidak baku sebaliknya.

Contoh Kumpulan Kata Baku dan Tidak Baku Dalam Bahasa Indonesia

telur – telor 

 jadwal – jadual

rezim – rejim 

6. Penggunaan huruf kapital dan tanda baca

Teks deskripsi juga tidak lepas dari penggunaan huruf kapital dan tanda baca

Latihan 1

Pilihlah jawaban di bawah ini dengan tepat!

Gua peninggalan penjajahan Jepang itu tidak terawat. Banyak coretan di dinding gua mengganggu pemandangan mata. Di pintu masuk gua ditumbuhi banyak rumput dan ilalang. Sampah-sampah berserakan di dasar gua. Rupanya pemerintah setempat kurang memedulikan objek bersejarah tersebut.

Paragraf tersebut termasuk paragraf …

A. Deskripsi waktu

B. Deskripsi orang

C. Deskripsi tempat

D. Deskripsi objektif

Latihan 2

Pilihlah jawaban di bawah ini dengan tepat!

Apa saja ciri kebahasaan dari teks deskripsi, kecuali ...

A. Penggunaan kata baku

B. Penggunaan kata hubung

C. Penggunaan kata berimbuhan

D. Deskripsi objektif

Latihan 3

Pilihlah jawaban di bawah ini dengan tepat!

Deskripsi faktual/ekspositoris adalah paragraf yang menggambarkan suatu hal atau orang dengan mengungkapkan identitasnya secara ...

A. jelas

B. apa adanya

C. runtut

D. objektif

redesain-navbar Portlet