redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Pengertian Teks Prosedur

1. Pengertian Teks

Prosedur Kita sering kali menggunakan internet untuk mencari artikel atau membeli buku tentang cara atau tutorial apa saja seperti cara memasak, resep masakan, cara menggunakan komputer, cara memutihkan wajah dan lainnya. Pada artikel atau buku tentang itu terdapat langkah-langkah yang tujuannya memudahkan pembaca untuk mengikuti langkah yang hasil akhirnya sesuai keinginan pembacanya. Tahukah kamu, teks prosedur tidak jauh dengan artikel dan buku yang berkategori tentang cara, tips, tutorial dan semacamnya?

Teks Prosedur adalah teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu hal dengan langkah demi langkah yang tepat secara berurutan sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan. Teks prosedur biasanya terdapat pada tulisan yang mengandung cara, tips atau tutorial melakukan langkah tertentu.

Di dalam teks prosedur terdapat kata imperatif atau kata perintah untuk melakukan apa yang dibahas pada teks agar si pembaca melakukan apa yang diperintahkan pada isi teks tersebut. Misalnya sobat pintar sedang mencari tulisan cara memutihkan wajah melalui internet, nah pada teks tulisan tersebut akan ada cara atau langkah bagaimana memutihkan wajah sehingga menghasilkan putih bersih seperti yang kamu inginkan. cara yang disajikan pun langkah demi langkah secara berurutan agar sipembaca mampu mengikuti tutorial yang disajikan. Bagaimana sobat pintar dapat dipahami?

Pada teks prosedur, isi dari tulisannya selalu berhubungan dari awal sampai akhir, dan dari setiap isinya terdapat keterangan-keterangan agar mudah dipahami oleh pembaca.Halo sobat pintar! Bagaimana penjelasan tentang pengertian teks prosedur? Tentu sudah dapat sobat pintar pahami ya! Selanjutnya kita akan belajar tentang tujuan teks prosedur.

Tujuan dan Ciri Teks Prosedur

Sobat pintar ayo pelajari Tujuan dan Ciri-Ciri Teks Prosedur

Tujuan Teks Prosedur

Tujuan teks prosedur yaitu untuk membantu pembaca atau pendengar memahami bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu dengan tepat atau dengan kata lain, tujuan penulisan teks prosedur yaitu untuk memperoleh hasil akhir.

Nah, setelah belejar tentang tujuan teks prosedur, kita lanjut belajar tentang ciri-ciri teks prosedur. Kira-kira apa saja sobat pintar ciri-ciri teks prosedur? Yuk kita belajar bersama!

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Adapun ciri-ciri teks prosedur yaitu:

a. Terdapat tujuan, langkah-langkah dan penutup.

b. Menggunakan kalimat imperatif atau kalimat perintah sehingga pembaca bisa mengikuti apa yang diperintahkan pada sebuah teks.

c. Menggunakan kalimat penghubung sehingga dari awal dan akhir teks saling terkait.

d. Menggunakan kalimat langsung dan tidak langsung.

e. Menggunakan kalimat saran dan larangan.

f. Menggunakan kriteria atau batasan tertentu.

g. Menggunakan kata keterangan.

h. Berisi pemberian informasi.

i. Berisi langkah yang terperinci.

j. Menggunakan akhiran -i dan -kan, contohnya, jangan lupa selalu siram-i bunganya setiap hari, lempar-kan bola tersebut keatas.

Latihan Soal

Berikut merupakan ciri-ciri teks prosedur, kecuali . . . 

A.  Terdapat tujuan, langkah-langkah dan penutup.

B.  Menggunakan kata keterangan.

C.  Berisi langkah yang terperinci

D. Menggunakan kalimat saran dan larangan.

E. Menggunakan kalimat cerita

Struktur Teks Prosedur

Struktur Teks Prosedur

 

Halo sobat pintar! Ayo kita belajar tentang struktur dan kebahasaan teks prosedur.

Teks prosedur terdiri dari tiga bagian, yaitu:

a. Bagian tujuan, pada teks prosedur terdapat bagian tujuan yang berupa judul dan tujuan dari pembuatan teks prosedur, atau hasil yang akan dicapai setelah melakukan tahapan atau langkah dalam teks prosedur.

b. Bagian material, ada teks prosedur terdapat bagian material yang berisikan bahan, alat yang diperlukan untuk mencapai hasil atau tujuan tertentu.

c. Bagian langkah-langkah, pada teks prosedur terdapat bgaian langkah-langkah yang berisi langkah-langkah atau tahapan suatu proses yang perlu dilakukan untuk mencapai hasil dan tujuan teks prosedur. Langkah-langkah dalam teks prosedur harus dikerjakan secara berurutan.

 

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Teks prosedur memiliki kaidah kebahasaan diantaranya, konjungsi temporal, kata imperatif, verba material dan tingkah laku, partisipan manusia, bilangan pendanda, kalimat introgatif dan kalimat deklaratif.

1. Konjungsi Temporal

Konjungsi temporal adalah kata penghubung yang berhubungan secara kronologis dengan waktu dan kejadian dari kedua peristiwa yang memiliki keterkaitan. Misalnya, setelah ini, kemudian, lalu, sesudah itu, selanjutnya, sebelum itu, dan lain-lain.

2. Kata imperatif

Kata imperatif atau kata perintah adalah kata yang mengandung perintah atau larangan ketika melakukan pelaksanaan yang dibahas, misalnya, diamkan ubi itu selama 5 menit, jangan sampai tercampur dengan bahan lain, dan lainnya.

3. Verba material dan tingkah laku

Verba material adalah perbuatan yang mengacu pada tindakan, seperti potonglah ubi itu, masukan air kedalam wadah. Sedangkan Verba tingkah laku adalah perbuatan yang mengacu pada tindakan berdasarkan ungkapan, seperti, tunggu kira-kira 5 menit, tunggu sampai matang, tetap pertahankan, dan lainnya.

4. Partisipan manusia

Partisipan manusia adalah mempartisipasikan atau mengikutsertakan manusia dalam tulisan tersebut untuk membantu langkah-langkahnya.

5. Bilangan penanda

Bilangan penanda adalah bilangan yang mengurutkan langkah-langkah pada tulisannya.

6. Kalimat introgatif

Kalimat introgatif adalah kalimat yang berisi pertanyaan dan fungsinya untuk menanyakan kepada pembaca yang mengikuti langkah-langkah dalam tulisan, misalnya, sudah belum ? apakah sudah dimasukan ? apakah sudah mengerti ? sudah paham ? sudah membacanya ?

7. Kalimat deklaratif

Kalimat deklaratif adalah kalimat yang berisi pernyataan yang fungsinya untuk memberikan informasi tentang suatu hal yang harus diketahui.

Latihan Soal

Yang dimaksud kata penghubung yang berhubungan secara kronologis dengan waktu dan kejadian dari kedua peristiwa yang memiliki keterkaitan adalah . . .

A. Kata imperatif

B. Verba material

C. Kalimat introgatif

D. Konjungsi Temporal

E. Kalimat deklaratif

Macam – Macam Teks Prosedur

Halo sobat pintar! Sebelumnya kita sudah belajar tentang struktur dan kebahasaan teks prosedur. Selanjutnya, kita akan belajar macam-macam teks prosedur. Yuk sobat pintar!

1. Macam-Macam Teks Prosedur

a. Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana yaitu teks yang berisi langkah-langkah sederhana yang biasanya terdiri dari 2-4 langkah saja untuk melakukan prosedur tertentu, seperti: cara login facebook.

b. Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur komplekas yaitu teks prosedur yang berisi lebih banyak langkah-langkah dalam melakukannya, seperti: cara membuat sambal balaso, cara mengajukan pembuatan katu SIM, cara perpanjangan STNK, dan prosedur pembuatan KTP.

c. Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol yaitu teks pada setiap langkahnya bisa diubah tidak harus runtut, walaupun berubah tetapi hasil akhir tetap sama, seperti: jika memasak mie instan kita bisa merebus dengan memasukan mie dan bumbu ke dalam air rebusan dari tungku atau bisa memasukan air panas ke dalam wadah yang berisii mie lalu memasukkan bumbu.

 

 

Macam – Macam Kalimat dalam Teks Prosedur

Macam – Macam Kalimat dalam Teks Prosedur

Didalam teks prosedur terdapat kalimat yang mewakili isi dari tulisan yang mengandung teks prosedur diantaranya, kalimat imperatif, kalimat introgatif dan kalimat deklaratif.

1. Kalimat imperatif,

yaitu kata yang mengandung perintah atau larangan ketika melakukan pelaksanaan yang dibahas.

2. Kalimat introgatif,

yaitu kalimat yang berisi pertanyaan dan fungsinya untuk menanyakan kepada pembaca yang mengikuti langkah-langkah dalam tulisan.

3. Kalimat deklaratif,

yaitu kalimat yang berisi pernyataan yang fungsinya untuk memberikan informasi tentang suatu hal yang harus diketahui.

Latihan Soal

Teks yang pada setiap langkahnya bisa diubah tidak harus runut, walaupun berubah, tetapi hasil akhirnya tetap sama. Disebut dengan teks prosedur ?

A. Teks Prosedur Protokol

B. Teks Prosedur Kompleks

C. Teks Prosedur Sederhana

D. Teks Prosedur Imperatif

E. Teks Prosedur Deklaratif

Contoh Teks Prosedur

Contoh Teks Prosedur Melakukan Pekerjaan

Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar

 

Tujuan

Setiap orang harus memerhatikan dan menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Menjaga kebersihan diri tidaklah sulit. Kita bisa melakukannya dengan kegiatan sederhana seperti mencuci tangan. Apakah kamu sudah mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar? Berikut adalah cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Langkah-Langkah

1. Basahilah tangan hingga pergelangan dengan air yang mengalir, kemudian tuangkan sabun ke telapak tangan, dua sampai tiga tetes.

2. Gosoklah telapak tangan secara perlalan dengan gerakan memutar empat ruas jari tangan yang lain hingga sabun berbusa dan lakukan secara bergantian.

3. Gosoklah punggung tangan dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan, begitu juga sebaliknya secara perlahan.

4. Gosoklak telapak tangan dan sela-sela jari dengan menyelipkan jari di masing-masing ruas jari.

5. Pasangkan kedua tangan dengan posisi tangan kanan di atas hingga jari-jari tangan dalam keadaan saling mengunci, lalu gosoklah secara perlahan dan ulangi gerakan tersebut dengan posisi tangan kiri di atas.

6. Gosoklah ibu jari tangan sebelah kiri dengan gerakan memutar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan gerakan serupa pada ibu jari tangan sebelah kanan.

7. Gosoklah telapak tangan kiri dengan gerakan memutar ujung jari-jari tangan kanan begitu juga sebaliknya dengan telapak tangan kanan.

8. Bilaslah kedua tangan dengan air yang mengalir hingga busa hilang.

Penutup

Dengan sedikit peduli mencuci tangan secara benar kita akan terhindar dari penyakit. Selamat menyongsong hidup sehat!

redesain-navbar Portlet