redesain-navbar Portlet

null

Blog

5 Jurusan Teknik Paling Dibutuhkan dan Sering Direkomendasikan

Berbagai jurusan di Fakultas Teknik memiliki peluang kerja yang baik.

Jurusan Teknik, photo by ThisIsEngineering on pexels

Tak sedikit orang yang meyakini bahwa alumni jurusan teknik itu punya peluang kerja yang bagus. Mereka bilang sarjana dari jurusan teknik yang saat ini paling dibutuhkan di dunia kerja. Penghasilan yang dibawa pulang dari bidang engineering juga terbilang bagus.

Adakah Sobat Pintar yang mendapat rekomendasi untuk kuliah di jurusan teknik untuk alasan-alasan seperti ini? Harus bagaimana menanggapi rekomendasi kuliah di jurusan teknik? Diterima atau ditolak saja?

Sebelum memberi tanggapan, kita cari tahu lebih banyak tentang jurusan-jurusan di Fakultas Teknik, yuk! Benarkah ada jurusan teknik yang menawarkan peluang kerja bagus bagi alumninya? Benarkah Sarjana Teknik itu bakalan punya penghasilan yang melimpah? Nah, lima jurusan teknik di bawah ini bisa jadi referensi, Sobat.

 

1. Teknik Mesin

Alumni dari Jurusan Teknik Mesin paling dibutuhkan oleh dunia industri – dan tak satu-dua bidang industri saja, Sobat! Di bidang manufaktur, misalnya, insinyur mesin dibutuhkan untuk merawat dan memperbarui mesin. Jangan lupa, industri otomotif juga terus mengembangkan mesin dan teknologinya.

Selain kedua bidang industri di atas, masih ada industri konstruksi, pertambangan, dan komunikasi yang membutuhkan alumni Teknik Mesin. Perawatan dan pengoperasian, hingga pengembangan peralatan konstruksi, pertambangan, pertanian, elektronik, sampai transportasi seluruhnya membutuhkan kehadiran insinyur mesin.

Boleh dibilang, inilah jurusan teknik yang menjanjikan. Bukan tanpa alasan bila Sobat Pintar mendapat rekomendasi untuk kuliah di Jurusan Teknik Mesin.

 

2. Teknik Sipil

Tinggal di negara berkembang yang lagi gencar-gencarnya membangun bearti peluang kerja bagi insinyur Teknik Sipil. Mulai dari rumah tinggal, gedung bertingkat, jembatan, jalan raya, bandar udara, pelabuhan, dan berbagai infrastruktur publik lain adalah hasil rancangan para alumni Jurusan Teknik Sipil.

Tak hanya merancang desain konstruksi, insinyur atau teknisi sipil juga terlibat langsung dalam pembangunan, pemeliharaan, hingga perbaikan infrastruktur. Jika tujuanmu adalah kuliah di jurusan teknik yang sangat dibutuhkan saat ini, Jurusan Teknik Sipil patut dipertimbangkan, Sobat.

Did you know why? Iya, di jurusan ini kita bisa belajar tentang bagaimana memilih material yang sesuai dan mengelola proyek pembangunan. Definitely, Jurusan Teknik Sipil adalah salah satu jurusan teknik yang paling banyak peluang kerja saat ini.

 

3. Teknik Industri

Ini dia, sarjana jurusan teknik yang dicari perusahaan karena kemampuan dan pengetahuan interdisiplinernya. Sarjana Teknik Industri masuk dunia kerja dengan membawa sebagian ilmu Teknik Mesin, Fisiologi, Psikologi, dan Manajemen.

Guna memenuhi kebutuhan dunia kerja, ilmu Teknik Industri terbagi ke dalam tiga bidang keahlian yaitu Sistem Manufaktur, Manajemen Industri, serta Sistem Industri dan Tekno Ekonomi. Tak heran bila alumni Teknik Industri punya prospek kerja yang luas. Bukankah ini jurusan teknik yang bagus dan layak dipertimbangkan sebagai jurusan kuliahmu nanti, Sobat?

 

4. Teknik Elektro

Teknik Elektro adalah satu dari sekian jurusan favorit Saintek. Peminat Jurusan Teknik Elektro pun hampir sama banyaknya dengan peminat Teknik Informatika dan Pendidikan Dokter. Sebagai salah satu bidang ilmu teknik yang tertua, Teknik Elektro merupakan akar dari Teknik Komputer dan Teknik Telekomunikasi.

Industri Teknik Elektro mencakup sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, hingga pemanfaatan listrik pada pengguna akhir. Dengan kecakapan seperti ini, tak heran bila para sarjana Teknik Elektro adalah alumni jurusan teknik paling banyak dicari perusahaan listrik.

 

5. Teknik Perminyakan

Pertambangan dan perminyakan terkenal sebagai industri yang mampu menawarkan potensi penghasilan yang sangat bagus. Bukan tanpa alasan bila Sobat Pintar mendapatkan rekomendasi untuk kuliah di Jurusan Teknik Perminyakan. Jika mencari jurusan teknik yang gajinya besar, Teknik Perminyakan memang salah satunya.

Jurusan teknik yang menjanjikan ini meluluskan ahli geologi, ahli geofisika, insinyur pengeboran, insinyur produksi minyak, reservoir engineer, petroleum landman, well-log analyst, safety engineer, dan berbagai profesi lain di bidang pertambangan minyak bumi. Penghasilannya? Bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan, Sobat!

 

Dengerin Podcast tentang Dilema Milih Jurusan

Para sarjana dari kelima jurusan teknik di atas boleh dikatakan sebagai alumni jurusan teknik paling banyak dicari perusahaan. Bukan pilihan jurusan kuliah yang buruk, kan?

So, next time you're advised to study engineering, why don't you do your homework, Sobat? Cari tahu lebih banyak tentang jurusan teknik yang direkomendasikan untukmu. And take as much time as you need to think it over before responding. Will you?

50

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet