Cara Meningkatkan Literasi Siswa, dari Minat Baca sampai Identitas Diri
APSiswaNavbarV2
Tesssss Tesssss
CssBlog
redesain-navbar Portlet
metablog-web Portlet
Blog
Photo by Clay Banks on Unsplash
Meningkatkan kemampuan literasi peserta didik bukan sekadar meningkatkan kemampuan baca tulis. Dalam makna bahasa, literasi juga merupakan kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup.
Lantas bagaimana cara meningkatkan literasi siswa agar memiliki kecakapan yang dibutuhkannya seumur hidup, Guru Pintar? Apa yang semestinya kita kerjakan untuk mengembangkan kemampuan literasi siswa di sekolah?
Â
Photo by Praveen kumar Mathivanan on Unsplash
Betul, literasi mencakup kemampuan menulis, membaca, dan juga numerasi. Namun UNESCO mengembangkan kerangka literasi menjadi lebih luas lagi. Menurut UNESCO, kemampuan literasi adalah kecakapan kita untuk mengidentifikasi, memahami, menginterpretasikan, menciptakan, dan mengomunikasikan sesuatu dalam dunia yang berubah dengan begitu cepat, jenuh akan informasi, serba digital, dan berbahasa tulis.
Literasi meliputi kemampuan intelektual, emosional, keahlian, hingga perubahan perilaku yang kita alami seumur hidup. Di luar membaca, menulis, dan numerasi, literasi juga mencakup berbagai keterampilan yang lebih lebih luas seperti literasi media, keterampilan digital, maupun keterampilan khusus yang dibutuhkan untuk pekerjaan tertentu. Mengintegrasikan makna literasi yang sedemikian luas menjadi salah satu tantangan yang dihadapi saat membantu peserta didik meningkatkan kemampuan literasinya.
Photo by cottonbro studio on Pexels
Terlepas dari tantangan yang kita hadapi, peningkatan literasi siswa merupakan keharusan yang tak dapat ditawar-tawar. Berikut beberapa ide strategi literasi di kelas untuk menunjang kompetensi literasi murid.
Literasi baca tulis adalah kecakapan untuk memahami isi teks tertulis, baik yang tersirat maupun tersurat, untuk mengembangkan pengetahuan dan potensi diri. Fasilitas sekolah yang memadai dan dukungan orang tua memang dapat meningkatkan literasi membaca siswa. Namun bahkan dengan keterbatasan fasilitas dan dukungan sekalipun, kita masih dapat mengupayakan strategi literasi yang sesuai.
Sebenarnya ada banyak cara meningkatkan minat baca siswa, Guru Pintar. Misalnya, kombinasi beberapa strategi di bawah ini dapat meningkatkan literasi baca tulis siswa di sekolah.
Literasi numerasi adalah kecakapan untuk menggunakan angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis kehidupan sehari-hari dalam berbagai konteks. Cara-cara di bawah ini dapat meningkatkan literasi numerasi siswa di kelas.
Literasi sains adalah kecakapan untuk memahami fenomena alam dan sosial serta mengambil keputusan yang tepat secara ilmiah. Pada dasarnya, cara meningkatkan literasi siswa di bidang sains memerlukan pendekatan kontekstual yang membuat siswa terus terlibat selama pembelajaran berlangsung. Misalnya, cara-cara berikut dapat meningkatkan literasi sains peserta didik.
Literasi digital adalah kecakapan menggunakan media digital dengan beretika dan bertanggung jawab untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi. Bagaimana caranya agar kita dapat meningkatkan literasi digital peserta didik? Kita dapat menerapkan beberapa strategi di bawah ini agar literasi siswa semakin meningkat, khususnya di bidang digital.
Literasi finansial adalah kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep, risiko, keterampilan, dan motivasi dalam konteks finansial. Penting untuk menerapkan strategi literasi finansial yang tepat supaya siswa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola keuangannya di masa depan. Berikut beberapa strategi yang dapat meningkatkan literasi finansial siswa.
Literasi budaya dan kewargaan adalah kecakapan dalam memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa serta memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara. Pendekatan yang holistik pada umumnya dapat memperkuat literasi para siswa di bidang budaya. Cara-cara di bawah ini, misalnya, dapat meningkatkan literasi budaya dan kewargaan peserta didik di sekolah.
Ide-ide di atas adalah sebagian saja dari cara memperbaiki strategi literasi di kelas. Adakah strategi di atas yang sudah pernah dijalankan, Guru Pintar?
Setiap cara peningkatan literasi di atas dapat diubah dan disesuaikan dengan kemampuan siswa kita masing-masing. Dengan begitu, kita dapat memperbaiki dan mengembangkan strategi literasi yang lebih baik lagi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
ArtikelTerkaitV3
Ini Dia Alasan Mengapa Tes Minat Bakat Jurusan SMK Penting B
Daftar 40+ Jurusan SMK di Indonesia Sobat Pintar, tahukah kamu bahwa di Indonesia terdapat lebih dari 40 jurusan SMK yang bisa kamu ambil? Tentu kamu harus memilih jurusan yang sesuai dengan skill yang kamu minati. Untuk memberikan kamu referensi menge...
Baca Selengkapnya
Program Pendidikan Profesi Guru (PPG): Melahirkan Guru Profe
Tentang Program Pendidikan Profesi (PPG) Sobat Pintar, Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah program studi yang dirancang untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/DIV Non Kependidikan menjadi guru profesional. Program ini bertujuan meng...
Wajib Diperhatikan! Ini Daftar 10+ Alasan dan Motivasi Saat
Tentang OSIS: Sejarah Singkat dan Kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS adalah organisasi resmi di dalam sekolah. Organisasi ini sudah ada sejak tahun 1923 dengan nama PPIB (Perhimpunan Pelajar Indonesia Baru). Lalu pada tahun 1964, PPIB ...
Hai Sobat Pintar,
Yuk Cobain Aplikasi Aku Pintar Sekarang Juga!
Jutaan siswa sudah menemukan minat, bakat dan kampus impian bersama Aku Pintar. Sekarang giliran kamu Sobat!
BannerPromoBlog