redesain-navbar Portlet

Blog

Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia

Sekolah kedinasan menjadi incaran karena, salah satunya, program ikatan dinas yang ditawarkannya.

daftar sekolah kedinasan, Photo by Corina Rainer on Unsplash

Kuliah kedinasan merupakan impian sebagian pelajar. Bagaimana denganmu, Sobat Pintar? Apakah selama ini sebenarnya Sobat sudah mengincar salah satu sekolah kedinasan? Tapi apa itu sekolah kedinasan? Apa saja jenis sekolah kedinasan yang ada di Indonesia? Apakah kita serta-merta akan mendapatkan ikatan dinas setelah kuliah kedinasan? Kupas tuntas di sini, yuk.

 

Sekolah Kedinasan di Indonesia

sekolah ikatan dinas
Photo by Max Saeling on Unsplash

Apa itu sekolah kedinasan? Sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi negeri yang dikelola oleh instansi pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. Sebagian atau seluruh biaya pendidikan sekolah kedinasan di Indonesia ditanggung oleh instansi pemerintah terkait sebagai pihak penyelenggara pendidikan.

Selain faktor biaya, program ikatan dinas dari sekolah kedinasan merupakan iming-iming yang cukup menggoda – entah buat Sobat Pintar, entah buat orang tua. Status ikatan dinas memberi hak kepada alumni sebuah sekolah kedinasan untuk diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada instansi yang menaunginya. Lantaran program ikatan dinas tersebut, sekolah kedinasan dikenal sebagai sekolah ikatan dinas atau perguruan tinggi ikatan dinas.

 

Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia


Photo by David Travis on Unsplash

Sekolah atau perguruan tinggi yang dikelola oleh instansi pemerintah cukup banyak. Daftar sekolah kedinasan beserta instansi yang menaunginya yaitu:

Kementerian Keuangan

Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

Kementerian Dalam Negeri

Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Badan Pusat Statistik

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Badan Intelijen Nasional

Sekolah Tinggi Intelijen Negara

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Badan Siber dan Sandi Negara

Sekolah Tinggi Sandi Negara

Kementerian Perhubungan

Politeknik Transportasi Darat Indonesia Sekolah Tinggi Transportasi Darat Indonesia Bekasi

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal

Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun

Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan (POLTRANS SDP) Palembang

Politeknik Transportasi Darat (POLTRADA) Bali

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dan Makassar

Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya, Sumatera Barat, Malahayati Aceh, dan Banten

Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug

Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Surabaya, Makassar, Medan, Palembang, dan Jayapura

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Politeknik Imigrasi

Poliktenik Ilmu Pemasyarakatan

Dari berbagai jenis sekolah kedinasan di atas, tak seluruhnya menawarkan program ikatan dinas. Beberapa sekolah kedinasan di Indonesia yang saat ini menawarkan program ikatan dinas yaitu STIN, IPDN, PKN STAN, Poltekim, Poltekip, STIS, STTD, STSN, dan STMKG. Perlu diingat, tawaran macam-macam sekolah ikatan dinas tersebut tidak bersifat konstan. Bila Sobat Pintar memang menginginkan universitas ikatan dinas, periksa dan pastikan dulu status ikatan dinas pada universitas atau sekolah kedinasan yang dipilih.

Kalau begitu, bagaimana prospek kuliah kedinasan tanpa ikatan dinas? Alumni sekolah kedinasan akan memperoleh ijazah sama seperti alumni universitas pada umumnya. Jika ingin menjadi ASN, alumni sekolah kedinasan nonikatan dinas dapat mengikuti tes CPNS. Atau kalau tidak, mereka juga bisa bekerja dan berkarya di luar instansi pemerintah.

Banyak banget kok, prospek kerja di luar instansi pemerintah. Prospek kerja di bidang desain, misalnya, terbilang lebih sesuai buat Sobat Pintar yang kreatif dan inovatif. Pas banget nih, Aku Pintar bakal broadcast Kepoin Profesi dan Jurusan di IG Live @akupintar.id dengan menghadirkan Bapak Rachmat Arsyadi, M.Ds., dosen Sampoerna University, dan Kak Roswita Nerrisa Arviana, alumnus Sampoerna University. Bincang-bincang bersama Kak Lutvianto Pebri H., CEO Aku Pintar, kali ini akan membahas tentang Career Path Lulusan Visual Communication Design di New Normal. Jangan lewatkan live-nya esok Kamis, 16 September 2021, pukul 20.00 WIB – 20.50 WIB ya, Sobat!


© Aku Pintar

 

Mendaftar ke Sekolah Kedinasan


Photo by Charl Folscher on Unsplash

Bagaimana jika Sobat Pintar mantap memilih dan akan mengikuti pendaftaran sekolah kedinasan? Silakan, Sobat. Setiap kita pasti memiliki pertimbangannya masing-masing.

Akan tetapi, selain mengetahui kapan waktu pendaftaran sekolah kedinasan, kita juga harus tahu apa saja syarat-syarat yang ditentukan oleh sekolah kedinasan incaran. Asal Sobat tahu nih, syarat masuk sekolah kedinasan yang satu tak sama dengan syarat masuk sekolah kedinasan yang lain.

Jika merasa percaya diri dengan syarat-syaratnya, pantengin terus pengumuman pendaftaran sekolah kedinasan setiap tahunnya, Sobat. Pendaftaran calon mahasiswa sekolah kedinasan biasanya dilakukan melalui laman SSC ASN. Kemudian, persiapkan diri untuk mengikuti tes-tes masuk sekolah kedinasan.

Yang manapun sekolah kedinasan pilihanmu, bulatkan tekad dan gigihkan semangat untuk lolos seleksi, Sobat. Sulit untuk mengatakan ada sekolah ikatan dinas yang peluang masuknya besar, atau terhitung lebih besar daripada yang lain. Selain kuotanya yang sangat terbatas, mereka yang ingin kuliah kedinasan ternyata cukup banyak, loh. Nah itu, Sobat Pintar juga salah satunya.

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet