redesain-navbar Portlet

null

Blog

Ingin Siswa Cepat Paham, Praktikkan Cara Mengajar Berikut Ini!

Foto oleh mentatdgt dari Pexels

Halo Guru Pintar! Cara mengajar adalah salah satu kunci penting siswa dapat memahami pelajaran dengan baik. Tidak adil jika hanya menyalahkan siswa jika tidak memiliki kemampuan memahami pembelajaran dengan cepat sesuai dengan ekpektasi guru. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan refleksi bagaimana cara kita mengajar selama ini.

Guru pintar dapat memulai dengan menjawab pertanyaan apakah cara mengajar yang dilakukan di kelas sudah tepat? Apakah Teknik mengajar guru pintar cukup menarik? Setelah pertanyaan di atas terjawab, Guru pintar dapat mengatur ulang strategi mengajar dengan menerapkan Teknik mengajar yang lebih baik. Cara mengajar berikut ini dapat Guru pintar praktikkan supaya siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

1. Gunakan Gesture

cara mengajar yang baik

Foto oleh Katerina Holmes dari Pexels

Guru adalah kunci penting dalam keberhasilan sebuah pembelajaran. Meskipun dalam mengajar harus students centered, peran seorang guru sebagai fasilitator dan motivator sangatlah penting. Segala aspek dalam diri seorang guru selalu menjadi perhatian siswa.  Apa jadinya jika seorang guru masuk kelas dengan lesu? Tentu akan ikut mempengaruhi mood siswa dalam belajar.

Gesture Guru pintar saat mengajar di kelas sangat penting untuk membangun suasana. Dalam tata cara mengajar yang baik dan benar, tidak diperkenankan seorang guru hanya duduk saja atau berdiri diam sepanjang waktu. Guru pintar boleh berjalan mendekati siswa, berbicara dengan penuh ekspresi, dan tidak lupa selalu mengajak siswa berinteraksi. Dengan demikian dijamin siswa tidak akan bosan.

2. Gunakan Teknik Mengajar yang Bervariasi

Cara Mengajar

Foto oleh Max Fischer dari Pexels

Kegiatan belajar, tugas, atau soal yang itu-itu saja membuat kelas menjadi sangat monoton. Padahal dalam salah satu keterampilan abad 21, guru diharuskan mengajarkan sesuatu yang diluar rutin alias bervariasi. Lagi pula tidak semua materi dapat diajarkan dengan Teknik yang sama. Dengan Teknik mengajar yang menarik dan tidak membosankan, siswa akan lebih mudah menerima pelajaran.

Guru pintar dapat membuat kreasi dalam mengajar. Misalnya mengkombinasikan dengan lagu, yel-yel penyemangat, atau menggunakan educational games yang memantik semangat siswa belajar. Jika seorang guru kaya akan Teknik-teknik mengajar, maka siswa akan selalu menantikan saat-saat pembelajaran.

3. Selalu Up to date

Teknik mengajar asyik

Foto oleh cottonbro dari Pexels

Guru pintar pasti sering mendengar ungkapan, siswa milenial jangan diajar dengan cara-cara mengajar kolonial. Maksud dari ungkapan di atas adalah seorang guru harus selalu mengikuti perkembangan zaman. Siswa zaman sekarang tidak dapat disamakan dengan siswa pada zaman dulu. Guru pintar harus mengetahui  karakteristik siswa dan menyesuaikan dengan cara mengajar di kelas.

Tidak ada salahnya Guru pintar mengetahui lagu yang sedang hits atau trend yang sedang disukai siswa. Guru pintar dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk membuat Teknik mengajar yang menarik dan membuat siswa dapat belajar dengan asyik.

4. Gunakan Teknologi

Teknik mengajar asyik

Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels

Salah satu cara mengajar yang asyik adalah dengan menggunakan teknologi sebagai penunjang. Saat ini berbagai aplikasi yang mendukung pendidikan dikembangkan. Ada yang berbayar dan banyak pula yang gratis. Guru pintar tinggal memilah dan memilih teknologi atau aplikasi mana yang cocok untuk diaplikasikan di dalam kelas.

Salah satu teknologi yang dapat Guru pintar gunakan untuk membuat siswa lebih semangat belajar dan menyerap materi pembelajaran adalah menggunakan learning management system (LMS). Dengan fitur-fitur menarik yang ada di dalamnya, siswa akan menemukan pengalaman belajar yang seru dan tidak itu-itu saja.

5. Outdoor Activity

Cara Mengajar

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Belajar di dalam kelas sudah biasa. Sesekali Guru pintar dapat mengajak siswa belajar di luar ruangan kelas. Selain meredakan kejenuhan belajar di luar kelas memiliki banyak manfaat. Siswa dapat belajar dengan melihat obyek pembelajaran secara langsung dan juga guru dapat mengajarkan bahwa belajar bisa dari mana saja tidak hanya di dalam ruang kelas saja.

Guru pintar harus merencanakan dengan matang kegiatan belajar di luar kelas. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan materi pelajaran dan juga level siswa. Hal penting lainnya yang harus Guru pintar pertimbangkan saat melakukan outdoor activity adalah keamanan. Jangan sampai siswa mengalami hal-hal yang tidak diinginkan saat belajar.

Menjadi guru yang baik tidak cukup hanya dengan menguasai materi pembelajaran. Mengetahui cara mengajar yang baik juga menentukan kesuksesan seorang guru dalam mengajar siswa.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet