APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Memahami Bagian Mata Beserta Fungsinya Lewat Gambar dan Anatomi

Bagian-bagian mata memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Photo by Alexandru Zdrobău on Unsplash

Anatomi mata itu menarik buat dikepoin, apalagi matanya doi (ehem!). Eh, seriusan deh, mata adalah salah satu organ tubuh kita yang sangat penting. Dengan indera penglihatan ini, kita bisa mengeksplorasi dan memahami dunia di sekitar kita. Dengan keajaibannya, mata membuat kita bisa melihat berbagai macam bentuk, warna, gerakan, dan detail yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata.

Kali ini kita akan melihat detail mata doi. Eh, bukan! Kita akan belajar apa saja bagian mata dan fungsinya. Sobat Pintar yang sekarang duduk di kelas 11 MIPA, ulasan di bawah ini sangat pas buat menemanimu belajar Biologi pada bahasan Sistem Indra.

 

Pengertian Mata

bagian mata dan fungsinya
Photo by Dmitry Ratushny on Unsplash

Mata adalah organ indra yang terletak pada bagian kepala manusia. Organ ini berfungsi untuk menangkap cahaya dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang kemudian diinterpretasikan oleh otak menjadi gambar yang kita lihat. Karena kemampuannya untuk menangkap cahaya inilah, mata menjadi salah satu indra yang paling penting dan kompleks pada tubuh manusia.

 

Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya


Image source: akupintar.id

Di atas adalah gambar bagian-bagian mata. Di bawah ini dijelaskan apa saja fungsi bagian mata.

Kornea

Kornea adalah lapisan transparan yang melapisi bagian depan mata. Fungsi utama bagian mata ini adalah membantu memfokuskan cahaya yang masuk ke mata. Kornea bertanggung jawab untuk membiaskan cahaya ke dalam mata dan merupakan penyebab utama pemfokusan gambar pada retina.

Iris

Bagian mata yang berwarna dan mengelilingi pupil disebut iris. Inilah bagian mata yang mengatur jumlah cahaya yang masuk kedalam mata dengan mengendalikan ukuran pupil. Saat cahaya terang, pupil menyempit untuk mengurangi jumlah cahaya yang masuk. Sebaliknya, pupil membesar saat cahaya redup agar lebih banyak cahaya yang masuk.

Pupil

Pupil adalah lingkaran hitam di tengah iris yang memungkinkan cahaya masuk ke dalam mata. Saat cahaya memasuki mata, pupil berkontraksi atau melebar sesuai dengan kebutuhan untuk mengatur jumlah cahaya yang diperlukan guna pemfokusan gambar.

Lensa

Lensa adalah struktur transparan dan lentur yang terletak di belakang iris. Fungsi bagian mata ini yang paling utama adalah untuk membantu memfokuskan cahaya yang melewati mata. Dengan mengubah bentuknya, lensa dapat memfokuskan cahaya dari objek yang jaraknya berbeda-beda.

Retina

Retina adalah lapisan tipis jaringan saraf yang melapisi bagian belakang mata. Fungsi utama bagian mata ini adalah menangkap cahaya yang difokuskan oleh kornea dan lensa, kemudian mengubahnya menjadi sinyal listrik. Melalui saraf optik, sinyal-sinyal tersebut akan dikirim ke otak untuk diolah menjadi gambar yang kita lihat.

Saraf Optik

Saraf optik adalah kumpulan serat saraf yang menghubungkan retina dengan otak. Fungsi bagian mata ini adalah mengirimkan sinyal listrik yang dihasilkan oleh retina ke otak. Di otak, sinyal-sinyal tersebut diolah dan diinterpretasikan menjadi gambar.

Bola Mata (Sklera)

Bola mata adalah bagian putih yang keras dan melindungi sebagian besar struktur mata. Sklera memberikan struktur dan menjaga bentuk mata. Pada bagian depan mata, sklera berubah menjadi kornea yang transparan.

Kelenjar Air Mata

Kelenjar air mata memproduksi air mata. Fungsi air mata adalah untuk menjaga kelembaban mata, membersihkan mata dari debu dan kotoran, serta melindungi mata dari infeksi.

Aquaeous Humor

Aquaeous humor adalah cairan berlendir yang transparan seperti plasma. Cairan ini terdapat di balik kornea mata. Aquaeous humor memiliki beberapa fungsi, salah satunya membantu memberikan bentuk bola mata.

Vitreous Humor

Vitreous humor merupakan bagian mata yang berbentuk gel bening dan tidak berwarna. Gel ini mengisi sebagian besar volume bola mata. Vitreous humor berfungsi untuk mempertahankan bentuk ruang di belakang lensa mata, menyokong lensa mata, dan mempertahankan bentuk bola mata.

Titik Buta

Fungsi bintik buta atau titik buta adalah meneruskan dan membelokkan berkas saraf menuju otak. Di bagian mata ini, tidak ada sel-sel yang peka terhadap rangsangan cahaya. Itulah sebabnya ketika ada bayangan benda yang jatuh ke titik ini, kita tidak akan bisa melihatnya.

Mata adalah salah satu anugerah paling berharga yang diberikan kepada manusia. Dengan memahami semua bagian mata dan fungsinya, kita menjadi lebih bersyukur dan menghargai betapa luar biasanya organ penglihatan ini. Masih pengin tahu lebih banyak tentang anatomi mata, Sobat Pintar? Kamu bisa belajar lebih banyak tentang Bagian-Bagian Mata Manusia di sini.

 

 

 

Penulis: Vania Nur Azizah

Penyunting: Deni Purbowati

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog